Seringkali waktu 24 jam yang dimiliki dirasa sangat kurang, banyak aktivitas
belum terselesaikan.
Munculnya permasalahan ini sebenarnya bukan pada terbatasnya waktu, tapi cara
mengelola waktu yang kurang bijak atau kurang baik.
Memanfaatkan waktu secara maksimal sangatlah penting, sehingga waktu diisi dengan kegiatan bernilai. Perbedaan antara orang sukses dan gagal umumnya terletak
pada kemampuan mereka menyusun waktu.
Cara Manajemen Waktu Yang Efektif
1. Lakukan Aktivitas Sejak Pagi
Tips manajemen waktu agar sukses yaitu biasakan bangun pagi. Ketika melakukan
aktivitas, mulailah sejak pagi hari. Sehingga Anda akan menjadi orang yang
benar-benar memanfaatkan waktu.
Hindari hanya bengong saja di pagi hari atau bahkan masih dalam kondisi tidur.
Orang yang bangun pagi akan bisa menghirup udara segar yang menyehatkan.
Beraktivitas sejak pagi hari memberikan banyak sekali manfaat, yaitu:
- Anda akan lebih produktivitas.
- Tubuh akan lebih sehat.
- Jiwa akan lebih ceria.
- Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan banyak aktivitas seharian.
2. Jangan Suka Menunda
Salah satu kebiasaan yang harus dienyahkan yaitu menunda-nunda karena mengakibatkan seseorang tak produktif, serta kebiasaan buruk ini menyebabkan hari-hari berantakan.
Dibutuhkan usaha agar dapat memulai kegiatan persis sesuai rencana, dan fokus sampai
selesai. Menunda pekerjaan karena berbagai alasan seringkali menjadi
penghalang untuk dapat produktif.
Agar Anda tidak lagi suka menunda, maka milikilah TUJUAN JELAS dari
aktivitas yang dilakukan. Salah satu penyebab kebiasaan menunda adalah tidak
adanya tujuan jelas dan motivasi dari aktivitas yang akan dilakukan.
Tidak tahu hasil atau manfaat nyata dari suatu aktivitas yang dilakukan, seringkali menyebabkan Anda kurang termotivasi, alhasil akhirnya hanya
bersantai saja dan menunda-nunda.
Buat membereskan problem ini, sangat penting agar memiliki konsep jelas tentang
berbagai aktivitas yang dilakukan.
Perlu diketahui, kepuasan saat Anda sukses menuntaskan satu tugas, membuat Anda memiliki semangat lebih untuk
menyelesaikan tugas lainnya.
3. Bersihkan Pikiran dari Sampah
Terlalu banyak informasi tak berguna yang masuk ke dalam pikiran dapat
menyebabkan Anda kehilangan fokus, sehingga nantinya merusak rencana aktivitas
di hari itu.
Oleh karena itu, saat duduk untuk fokus mengerjakan tugas, jangan membuka
Facebook, Twitter, dll buat tujuan yang kurang jelas. Buang segala hal yang
berpotensi membuat pikiran dan fokus terganggu.
Pilah-pilah informasi yang masuk, yang kategorinya yakni:
- Informasi yang harus diperhatikan sekarang.
- Informasi yang dapat diperhatikan nanti (ketika ada waktu luang).
- Informasi tak penting.
Perhatikan informasi yang masuk, dan pastikan Anda hanya akan mengolah
informasi penting saja di pikiran. Hal ini agar fokus tidak hilang.
4. Jangan Pernah Remehkan Tugas
Agar tidak membuang-buang waktu dan menangguhkan kegiatan penting, hindari suka
menggampangkan tugas.
“Gampang ini, kok!”, pikiran seperti itu bakal bikin Anda terlena, alhasil nantinya membuang-buang waktu, sampai tiba-tiba sisa waktu (deadline) tugas hanya tinggal sedikit.
Meremehkan atau menganggap suatu tugas sangat gampang, justru akan berakibat bencana yang merusak ritme aktivitas sehari-hari.
5. Hindari Hidup Rumit
Cara membuat manajemen waktu yang baik yaitu buang segala kerumitan di hidup.
Jika diperhatikan pada mereka yang berjaya di dunia bisnisnya seperti Bill
Gates (pemilik Microsoft) dan Mark Zuckerberg (pemilik Facebook), biasanya
mereka dikenal dengan pakaian yang begitu-begitu saja.
Hal itu karena mereka memang tidak begitu berlama-lama mengurusi sesuatu yang
bukan pokok. Waktu dan tenaga mereka lebih diarahkan buat mengurusi sesuatu yang penting.
Mereka tidak mengurusi seperti: nanti mau jajanan apa, dengerin musik apa,
sikat gigi warna apa, dan hal-hal sepele lainnya. Pikiran mereka dioptimalkan
untuk hal-hal yang penting.
6. Buat Catatan Kegiatan, Agar Nantinya Dianalisa
Dengan membuat catatan, Anda nantinya bisa lebih rasional dalam mengatur
waktu. Anda tinggal mencatat kegiatan-kegiatan hari ini.
Nantinya Anda bisa melihat secara jelas, waktu digunakan buat hal apa saja.
Juga urutkan dari kegiatan yang terbanyak membuang waktu.
Lalu tinggal Anda evaluasi, maka akan diketahui bagaimana cara Anda memanfaatkan durasi keseharian. Apakah Anda terlalu lama membuang waktu seperti nonton TV di kamar,
main game, duduk berleha-leha dll.
Anda dapat merubah atau menghilangkan segala aktivitas yang tak produktif,
ganti dengan sesuatu yang lebih baik. Membuat catatan juga berguna supaya Anda dapat lebih realistis dan tepat dalam merencanakan aktivitas harian.
7. Olahraga
Sifat malas menyebabkan seseorang bakal menyia-nyiakan berjibun waktu. Hilangkan malas
agar waktu yang dimiliki enggak terbuang percuma. Cara ampuh hilangkan sifat
malas yang sudah mendarah daging yaitu berolahraga.
Olahraga membuat tubuh aktif bergerak, jantung berdetak lebih cepat, serta
meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan
suasana hati.
Dengan berolahraga, Anda menjadi lebih bersemangat, maka rasa malas-pun
menjadi hilang. Cara lain untuk menimbulkan semangat adalah dengan membasuh
wajah, maka wajah menjadi segar dan pikiran lebih fresh.
8. Buatlah Prioritas Kegiatan
Cara mengatur waktu agar benar-benar efisien yaitu buat prioritas. Jadi selain
harus aktif dan rajin, juga harus bisa mengelola aktivitas dengan baik. Dari
banyak kegiatan yang kemungkinan dikerjakan, urutan kegiatan mulai dari:
- Penting yang mendesak
- Penting yang tidak mendesak
- Tidak Penting.
Nah, lakukan kegiatan dari yang penting mendesak, baru kemudian dikerjakan
hal-hal yang bersifat penting tidak mendesak.
Jika Anda dihadapkan pada banyak opsi pilihan aktivitas, maka perlu
mengurutkan untuk mengerjakan hal yang paling urgen terlebih dahulu. Sehingga
Anda nantinya memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.
9. Manfaatkan Aplikasi atau Buku Catatan
Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone ataupun buku catatan sebagai alat
bantu dalam mengelola waktu. Manfaatkan buku notes agar bisa mengatur semua
jadwal dengan mudah, atau bisa dalam bentuk aplikasi yang dapat di-download di
gadget.
Mencatat akan mempermudah untuk terus mengetahui berbagai daftar kegiatan yang
akan dikerjakan. Sehingga mencegah Anda bengong saja karena lupa tentang apa
yang harus dikerjakan.
10. Rapihkan Barang-barang dapat Menghemat Waktu
Dengan merapikan barang-barang milik Anda (seperti buku, baju, kertas, kunci
dll) berguna supaya Anda tidak kelimpungan saat memerlukannya. Betapa sering
orang-orang menghabiskan banyak waktu hanya buat mencari kunci motor yang tak
diketahui keberadaannya.
Tentunya jangan sampai waktu terbuang buat hal semacam itu.
Merapihkan barang-barang pada tempatnya bakal ampuh menolong Anda supaya dapat memanfaatkan waktu secara maksimal.
11. Hati-hati pada Segala Distraksi
Cara manajemen waktu yang baik yaitu kuncinya disiplin dan jauhi distraksi.
Ketika sedang bekerja yang memerlukan konsentrasi tinggi, usahakan menjauhkan segala distraksi yang ada di sekitar. Jauhkan gadget, smartphone, Facebook,
Twitter serta hal-hal lainnya yang tidak urgen.
Ini agar Anda tidak terjerembab ke hal-hal yang bisa menghabiskan waktu secara
tidak sadar. Bersikaplah disiplin dan tegas pada diri sendiri, yaitu jangan
lakukan hal tidak penting dan dorong jiwa agar termotivasi pada hal penting.
Tapi disiplin disini, bukan berarti mamaksakan diri. Jika memang kondisi tubuh
sakit tentunya harus istirahat, jangan dipaksakan.
12. Miliki Akses Cepat Melihat Jam
Ini merupakan hal sederhana dan terkesan sepele, akan tetapi ternyata menghasilkan efek yang signifikan. Dengan memiliki akses cepat untuk melihat
waktu, menjadikan Anda bisa dengan mudah mengetahui saat ini jam berapa.
Dengan melihat jam, seseorang bakal menyadari sisa waktu penyelesaian tugas, agar menghindari terlena atau jangan sampai berlambat-lambat menuntaskan suatu
tugas.
Melihat jam juga membuat Anda dapat menyadari berapa durasi yang dihabiskan buat menuntaskan sebuah tugas. Hal ini sangat menolong supaya Anda dapat efisien dalam mengatur waktu.
13. Atur Kegiatan dengan Strategi
Cara manajemen waktu yang baik yaitu miliki strategi dalam menjalani kegiatan. Contohnya: Kerjakan tugas tersusah pada awal pekan, hal ini berguna agar
nantinya lebih ringan saat mendekati akhir pekan.
Tugas yang berat, yang punya tingkat kesulitan paling tinggi serta sangat menguras pikiran dan tenaga, hendaknya dipilih untuk dikerjakan pada
awal pekan.
Adapun tugas ringan dikerjakan pada pertengahan minggu
atau menjelang akhir pekan. Mengapa begitu?
Setelah Anda berlibur di akhir pekan maka pikiran dan tenaga
kembali fresh. Saat kondisi prima ini, manfaatkan untuk mengerjakan tugas
terberat.
Dengan begitu, ketika masuk akhir pekan yang kondisi tubuh dan pikiran sudah
mulai lelah, Anda hanya tinggal menyisakan tugas yang ringan-ringan.
14. Hindari Perfeksionisme
Anda perlu menghindari perfeksionisme, sebab bakal menghabiskan banyak
waktu. Berkeras hati hanya buat menggapai kesempurnaan pada sesuatu yang remeh, itu sangat memboroskan dan menyia-nyiakan waktu.
Sedangkan, waktu Anda bisa digunakan buat mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat, bermakna dan bernilai.
15. Manfaatkan Semaksimal Mungkin Saat Sedang Semangat
Ada suatu masa seseorang merasa semangat, namun ada juga masa ketika rasa
semangat tidak muncul.
Sehingga, pada saat Anda sedang semangat maka manfaatkan sebaik mungkin untuk
mengerjakan berbagai tugas yang ada.
Jangan sampai ketika tubuh fit dan semangat tinggi justru digunakan
untuk hal-hal yang tidak penting seperti bermain game, bersantai dll.
16. Berani Menolak
Anda jangan ragu untuk menolak ajakan pihak lain yang bisa membuat aktivitas
penting Anda terbengkalai.
Anda harus berani dan tidak ragu buat menolak pada sesuatu yang dapat mengacaukan manajemen waktu Anda. Apalagi jika ajakan dari mereka bukan
hal penting.
17. Pakai Teknologi Pengingat
Dengan memanfaatkan teknologi pengingat, Anda nantinya bisa mengingat tugas
atau tenggat waktu yang penting. Oleh karena itu, jika ada suatu tugas atau
aktivitas penting maka pasang pengingatnya di smartphone Anda. Sehingga Anda
tercegah dari melupakan sesuatu yang penting.
18. Istirahatkan Pikiran Sejenak
Setelah menyelesaikan satu tugas, maka berikan kesempatan bagi tubuh dan
pikiran untuk beristirahat. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja,
sehingga nantinya pikiran kembali fresh, dan peforma pun optimal.
Manfaatkan momen istirahat buat menyegarkan pikiran, bikin jiwa fresh kembali, menghirup udara segar dll.
Kesuksesan bisa diraih ketika Anda mampu mengelola waktu istirahat dan bekerja.
Hal ini agar hasil kerja maksimal dan berkualitas.
Baca Juga: