19 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda

Lelaki Sukses

Agar bisa sukses maka perlu adanya proses, sehingga sejak muda seharusnya Anda menyadari tentang pentingnya memikirkan masa depan, agar tidak menjalani kehidupan dengan berleha-leha dan terlena.

Perlu adanya rencana matang untuk bisa sukses, tidak ada kesuksesan yang bisa dipetik hanya dalam semalam.

Tips Menjadi Orang Sukses


1. Bangun Pagi

Sekalipun banyak orang (terutama yang berprofesi freelancer) mengatakan bahwa kerja bisa kapan saja dan tidak harus sejak pagi. Bahkan, sebagian orang berpendapat dirinya lebih produktif saat malam dibandingkan pagi.

Akan tetapi, umumnya orang sukses memiliki kebiasaan bangun pagi. Berbagai riset telah menyarankan agar orang-orang terbiasa bangun pagi dan memulai aktivitasnya sejak pagi.

Dimana orang-orang yang rutin bangun pagi punya ritme kehidupan yang lebih baik dan teratur daripada orang-orang yang sering begadang.

Ritme kehidupan yang teratur merupakan kunci kesuksesan. Disamping juga, saat pagi hari kondisi tubuh benar-benar fresh 100%, sehingga harus dieksploitasi semaksimal mungkin agar semakin produktif.

2. Tinggi Tanggung Jawab

Cara sukses di usia muda yaitu latih diri agar hidup dengan penuh rasa tanggung jawab. Agar sukses, syarat awalnya harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi di dalam diri.

Ini seharusnya dimulai sejak muda. Misalnya seorang pelajar, maka harus menjalani tanggung jawab dengan sungguh-sungguh untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Contoh lainnya yaitu kepala keluarga yang memiliki tanggung jawab besar terhadap kehidupan keluarganya. Jika menjalani tugas sebagai seorang kepala keluarga saja tidak mampu, maka sulit rasanya bisa sukses memenuhi tanggung jawab sebagai manajer di perusahaan.

Dengan rasa tanggung jawab yang tinggi, ini akan mencambuk Anda agar menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.


3. Jiwa Mandiri

Untuk menjadi orang sukses, biasakan untuk punya jiwa mandiri. Cobalah menjadi mandiri untuk mengerjakan pekerjaan yang memungkinkan bisa dikerjakannya sendirian.

Berusaha untuk jangan tergantung pada orang lain, kuasailah banyak kemampuan sehingga tak lagi bergantung ke orang lain. Meminta bantuan pada orang lain jika memang diperlukan saja.

4. Jangan Takut

Kunci orang sukses yaitu terbiasa menghadapi berbagai permasalahan dengan motivasi tinggi, sehingga tidak lagi menjadi orang yang penakut.

Pintar saja tidak cukup untuk membuat seseorang bisa menjadi sukses, Anda harus bisa 'membanting diri' agar berani dan terus maju.

Orang-orang yang memiliki motivasi tinggi dalam hidup yang paling pantas untuk mendapatkan puncak kesuksesan. Motivasi tinggi sebagai motor penggerak untuk bisa sukses.

Tanpa motivasi tinggi, seseorang hanya akan diam tanpa usaha karena tidak memiliki penggerak untuk berkarya. Jadilah orang yang berani dan penuh semangat, jangan sampai Anda tidak produktif dan tidak menghasilkan apa-apa dalam kehidupan.

Untuk bisa memiliki motivasi tinggi, maka caranya yaitu:
  • Pahami manfaat dari suatu aktivitas yang dilakukan.
  • Kondisikan lingkungan untuk beraktivitas yang nyaman dan kondusif, sehingga bisa tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas.
  • Hindari hal-hal yang bisa melemahkan motivasi (seperti pengaruh buruk dari orang lain yang pemalas dll).

5. Hargai Waktu

Cara menjadi orang sukses yaitu hargai waktu Anda sendiri, pandanglah waktu sebagai barang berharga. Dimana jika waktu sudah lewat maka tidak bisa kembali, manfaatkan setiap waktu yang dimiliki.

Gunakan waktu untuk melakukan hal-hal berkualitas. Jangan biarkan waktu diisi dengan hal-hal yang tidak berguna bahkan merusak. Lakukan hal terbaik pada detik-detik Anda.

Mereka yang sukses adalah orang-orang yang menghargai waktunya sendiri, mereka benar-benar menggunakan waktunya untuk melakukan hal terbaik dan bernilai.


6. Jangan Boros

Kiat sukses yaitu jangan boros, orang sukses bukan orang yang suka menghamburkan uang. Contoh orang sukses yaitu pemilik Facebook yaitu Mark Zukenberg dan pemilik perusahaan Microsoft yaitu Bill Gates.

Kekayaan kedua orang tersebut berlimpah, namun mereka adalah orang yang sederhana dalam membeli barang-barang.

Mark Zukenberg saat menikah, hanya membuat pesta pernikahan yang sederhana. Demikian Bill Gates bukanlah sosok yang suka membeli barang-barang mewah.

Oleh karena itu, hilangkan paradigma berpikir bahwa orang sukses suka menghamburkan uang. Orang yang suka menghamburkan uang justru adalah orang yang sulit meraih kesuksesan.

Menghamburkan uang bisa membuat seseorang miskin karena uangnya habis digunakan untuk hal tidak berguna. Demikian juga sifat boros ini bisa mengundang sifat-sifat buruk lainnya seperti pemalas, gegabah dan tidak memiliki kemampuan manajemen yang baik.

Orang-orang yang memiliki prinsip menabung, mengelola uang dengan baik, dan menyalurkan uang pada tempat yang benar. Orang-orang dengan prinsip inilah yang bisa meraih kesuksesan.

7. Pemikiran yang Matang

Cara menjadi sukses yaitu berlatih untuk berpikir matang. Pintar (IQ tinggi) saja tidaklah cukup untuk bisa mendapatkan kesuksesan. Kepintaran seseorang bisa menjadi tidak berguna ketika dirinya ceroboh dalam bertindak.

Jika ingin sukses, maka berusahalah untuk memiliki pemikiran yang matang, berhati-hati (tak gegabah) dan juga mampu melakukan analisa.

Melakukan sesuatu memang harus berani, namun juga harus dengan kehati-hatian dan perhitungan matang. Jangan menjadi orang yang seradak-seruduk, melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang jelas.

Orang yang melakukan sesuatu dengan terencana dan teratur maka bisa lebih berpeluang sukses, daripada orang yang memiliki kebiasaan terburu-buru.

8. Yakinkan Hati

Yakinkan dalam hati bahwa Anda bisa sukses. Masukan ke dalam hati Anda, bahwa Anda juga bisa sukses seperti orang-orang.

Anda juga memiliki hak yang sama seperti yang orang-orang miliki, jika orang lain berkesempatan untuk sukses maka Anda pun juga berkesempatan untuk itu.

Bahkan jika Anda merupakan orang yang mau bekerja keras, maka kesempatan Anda untuk bisa sukses bisa lebih besar dibandingkan banyak orang lain.

Selalu ingat... Anda punya hak untuk sukses, maka bekerja keraslah untuk menggapai kesuksesan yang Anda ingini.


9. Miliki Tujuan

Tips menjadi orang sukses yaitu harus memiliki tujuan. Dalam hidup, Anda harus memiliki tujuan kegiatan yang jelas. Jangan sampai melewati waktu tanpa adanya tujuan jelas dalam aktivitas harian.

Tujuan bisa dalam bentuk jangka pendek (seperti: satu minggu, satu bulan) atau jangka panjang (seperti: 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun).

Miliki sasaran atau tujuan yang jelas, yang bisa Anda capai. Sasaran dibuat tidak hanya untuk dipelototi saja (atau dikhayalkan), namun perlu dieksekusi. Jika rasa malas muncul, bisa diatasi dengan melakukan sesuatu secara perlahan-lahan, hingga nantinya rasa malas memudar sendiri.

10. Miliki Relasi

Cara menjadi sukses yaitu Anda perlu mempunyai relasi yang bermanfaat bagi Anda karena sulit rasanya untuk sukses jika tidak punya relasi.

Relasi tidak melulu tentang 'orang dalam', tapi yang lebih penting memiliki relasi untuk menambah pengalaman, nilai dan pengetahuan Anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan masukan dan ilmu dari orang sukses maka jadikanlah teman, bukan malah dijadikan musuh. Bersikap baiklah pada orang yang ingin Anda ambil ilmunya.

11. Jiwa Suka Belajar

Hal yang aneh tentunya ketika seseorang mengeluh tidak bisa, namun dirinya tidak mau belajar. Katanya mau langsung action, memang benar kita harus action untuk menggapai kesuksesan, namun bagaimana bisa action jika ilmunya tidak ada.

Perlu diketahui, Bill Gates yang menjadi orang terkaya di dunia, dirinya membaca banyak buku bisnis sejak umur 12 tahun. Ketika SMA, dirinya mulai membaca buku-buku hukum.

Para CEO di negara Amerika Serikat yang memiliki gaji 300 kali lebih besar dibandingkan pekerja biasa, mereka ternyata membaca 60 buku per tahunnya.

Adapun para pekerja biasa umumnya hanya membaca 1 buku per tahunnya. Praktek memang penting, tapi ilmu sangat diperlukan untuk menunjang praktek.


12. Berlatih Utamakan Prioritas

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, ketahui skala prioritas tentang hal-hal yang dilakukan. Dengan membuat skala prioritas, Anda bisa lebih mudah memilih untuk melakukan hal terpenting.

Anda fokus pada aktivitas penting yang dilakukan sehingga hasil pekerjaan lebih berkualitas, ini mencegah Anda dari membuang-buang waktu dari melakukan hal tidak penting.

Dari banyaknya aktivitas yang berpotensi dilakukan, pilihlah aktivitas yang paling penting dan paling memberikan manfaat.

13. Passion

Cara sukses yaitu temukan hal yang menjadi passion Anda. Seorang Mark Zuckerberg mengaku dari sisi passionnya inilah yang menjadikan dirinya mampu membuat medsos Facebook.

Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passion diri sendiri, ini membuat Anda akan mempunyai energi tidak terbatas untuk berusaha. Juga membuat Anda menjadi lebih berenergi dalam menghadapi rintangan-rintangan.

14. Cuekin yang Meremehkan Anda

Tips sukses yaitu cuekin saja orang yang meremehkan Anda. Ketika melakukan wawancara, Zuck mengakui bahwa dirinya lebih ingin untuk berada di lingkungan yang meremehkan-nya.

Hal itu karena ketika dirinya diremehkan, maka dirinya secara personal akan punya ruang gerak yang lebih bebas, dan lebih termotivasi untuk berusaha mencapai target yang diinginkannya. 

15. Stop Perfeksionis

Tidak perlu mencari kesempurnaan, selesaikan apa yang perlu Anda selesaikan, ini lebih baik daripada hanya berangan-angan mencari kesempurnaan, tapi akhirnya malah tidak melakukan apa-apa.

Selesaikan sesuatu pekerjaan atau aktivitas Anda dengan baik, tidak perlu menunggu-nunggu sesuatu itu untuk sempurna. Ingat, tidak sempurna bukan berarti tidak baik.

Anda hanya dituntut untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan baik, dimana Anda tidak dituntut untuk sempurna.


16. Jangan Takut Gagal

Kesuksesan ada setelah kegagalan beberapa kali. Mark Zuckenberg sebelum membuat Facebook, ternyata telah lebih dulu membuat dan mengembangkan Facemash. Akan tetapi Facemash tidak berkembang dan gagal.

Nah, dari pengalaman berupa kegagalan inilah, Mark terus melakukan inovasi dan belajar dari pengalaman sebelumnya, yang menyebabkan Facebook kini menjadi medsos terbesar di dunia.

17. Perbaiki Pikiran

Cobalah berpikir lebih positif. Anda harus menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu Anda untuk bergerak, jika muncul rasa takut berlebihan maka segera hilangkan.

Jika di dalam kepala memiliki berbagai pikiran yang negatif maka dapat menjadi hambatan. Pikiran-pikiran yang buruk membuat motivasi hilang dan tidak sabar dalam menghadapi berbagai permasalahan. Oleh karena itu, buang segala pikiran buruk dan sifat jelek di dalam diri.

Untuk mencapai kesuksesan juga memerlukan sifat sabar, meniti jalan menuju kesuksesan butuh proses. Bersabarlah untuk terus mencari hal-hal yang bisa membuat Anda sukses.

Milikilah sifat sabar, hati yang lapang dan ketenangan jiwa sebagai bekal penting dalam membangun kesuksesan. Sebaliknya, buanglah jauh-jauh sifat buruk (seperti pemalas, tidak sabar, dendam dan mudah marah).

18. Gaya Hidup Sehat

Ada keterkaitan antara gaya hidup sehat dan kesuksesan di dalam kehidupan. Orang-orang sukses umumnya memiliki gaya hidup sehat dan pola hidup teratur.

Maka dari itu, perbaiki gaya hidup Anda menjadi lebih baik. Misalnya mulai perlahan berolahraga, mengurangi makan gorengan dan junk food.

19. Renungkan, Tujuan Bukan Hanya Uang

Umumnya orang menganggap kesuksesan itu adalah dari banyaknya harta, namun sebenarnya kesuksesan itu tidak melulu soal harta. Sukses itu adalah ketika seseorang meraih apa yang diinginkannya, dan dia sangat bersyukur dengan hal itu.

Dengan rasa puas dan bersyukur inilah, seseorang menjalani hidup dengan bahagia dan tidak lagi dengki pada orang lain. Jiwa yang penuh dengan rasa iri hati dan dengki akan menjadi musibah, yang membuat hati sempit dan tidak bahagia.

Uang memang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup, namun uang tidak bisa membeli semua hal. Ketika Anda berhasil mendirikan sebuah perusahaan dengan banyak karyawan, muncul rasa bahagia karena telah berhasil membuka lapangan kerja. Sebuah kebahagiaan karena bisa bermanfaat bagi banyak orang .

Kesuksesan memang bisa berarti memiliki uang yang banyak, tapi jangan lupa bahwa kehidupan itu lebih luas dari sekedar lembaran uang.

Keberhasilan hakiki yaitu saat menjadi orang yang bermanfaat untuk lingkungan, berhasil menaklukan tantangan dalam hidup, hingga menjalani detik-detik kehidupan dengan penuh makna.





Baca Juga: