18 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran (Agar Hidup Bahagia)

Nikmat yang sangat besar dalam hidup ini adalah memiliki kondisi hati dan pikiran yang selalu tenang. 

Terlalu berlebihan dalam bekerja justru bisa memicu stres. Meskipun Anda sibuk sekali, akan tetapi jangan sampai kesibukan Anda tersebut 'merampas' hak Anda dalam menikmati kehidupan ini.

Menenangkan Hati dan Pikiran

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran


1. Lingkungan Rapi

Cara menenangkan pikiran yaitu pastikan bersih dan rapi tempat kerja dan kamar Anda. Anda harus rajin membersihkan dan merapikan tempat kerja, ruangan tidur, dan tempat (ruangan) dimana Anda sering berada.

Kondisi pikiran yang kalut, dikhawatirkan semakin memburuk akibat memandang meja kerja yang super berantakan.

Melihat ruangan berantakan bikin suasana hati jadi ikut berantakan. Sehingga jangan malas buat merapikan ruangan yang Anda sering berada di situ, karena dengan keadaan yang rapi dan bersih menjadikan suasana hati (mood) meningkat.

Anda pun akhirnya bisa lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Tidak jarang kondisi ruangan tempat kita berada ternyata mencerminkan kondisi pikiran kita sendiri.

Sehingga jangan hancurkan mood Anda hanya karena malas untuk memperbaiki kondisi ruangan. Nikmati saat-saat Anda membersihkan ruangan, buat seolah-olah Anda sedang membersihkan pikiran yang sedang kalut.


2. Nikmati Keindahan Alam

Anda dapat sesekali meluangkan waktu untuk bepergian ke tempat yang memiliki pemandangan alam. Atau minimal kerjakan hal bagus seperti menanam bunga, berkebun atau semacamnya.

Dengan menyadari akan adanya keindahan alam di bumi ini, percaya atau tidak hal ini memberikan energi kuat yang menjadikan hati terasa nyaman dibandingkan sebelumnya.

Bagi banyak orang, berjalan-jalan di tempat dengan pemandangan alam yang indah ataupun taman kota, adalah aktivitas yang ampuh untuk membantu menekan rasa stress.

Riset menemukan bahwa berada di tempat yang hijau maupun area banyak tanaman, dapat membuat hati lebih nyaman dan menimbulkan perasaan bahagia.

Sering berinteraksi dengan alam bermanfaat agar seseorang bisa berpikir jernih, dan juga menyehatkan mental.

3. Me Time

Sempatkan momen buat sendiri, yaitu jangan terlalu sering di luar rumah. Untuk bisa menenangkan hati dan pikiran, maka sangat penting agar Anda dalam setiap harinya menyediakan 'me time' dimana tak ada yang mengganggu.

Terus-terusan menyendiri memang enggak bagus, tetapi setiap orang sebenarnya sangat memerlukan saat-saat tertentu untuk menyendiri.

Sempatkan diri buat mengerjakan sesuatu yang Anda sukai sendirian, menjadikan perasaan yang awalnya kusut, sedikit demi sedikit dapat lebih tenang.

Menyendiri juga diperlukan supaya Anda dapat merenung, tentunya bakal sulit melakukan perenungan jika di tengah-tengah keramaian, perlu suasana yang tenang untuk dapat merenung.

Ada yang mengatakan bahwa kegiatan menyendiri bisa memunculkan sesuatu hal yang cemerlang dan luar biasa, dimana enggak sembarang orang mampu melakukan. Itu karena menyendiri bisa menyejukkan dan menenteramkan pikiran.

Terlebih banyak orang-orang besar yang sering menyendiri dibandingkan berada di tempat keramaian. Salah satunya adalah Albert Einstein, yang pernah mengatakan bahwa dirinya lebih cermelang saat sendiri.

Albert Einstein merasa lebih tenteram saat sendirian karena dirinya akan melakukan banyak hal yang disukainya.

Saat sendiri, Anda bisa lebih mudah untuk menenangkan pikiran, walaupun hanya meluangkan waktu selama 2-3 jam saja untuk melakukan kegiatan sendiri, tapi ini cukup baik. Seimbangkan aktivitas di rumah dan luar rumah.


4. Kumpul Bersama Keluarga

Ada banyak manfaat yang didapat dari berkumpul bersama keluarga. Salah satunya adalah bisa membantu menenangkan hati dan pikiran. Berkumpul bersama keluarga akan memperkuat komunikasi sesama anggota keluarga, sehingga tercipta suasana yang nyaman.

Berkumpul bersama keluarga juga akan membantu mengurangi tingkat stres setelah seharian lelah bekerja. Usahakan untuk menyediakan waktu agar bisa bercengkrama dan berkomunikasi sesama anggota keluarga.

Penelitian menemukan bahwa berkumpul bersama keluarga merupakan cara sangat ampuh dalam mengatasi rasa gelisah, resah, ragu serta kurang kepercayaan diri.

Sebab sesama anggota keluarga akan saling berbagi dan men-support. Ini sangat fundamental, terutama buat anak-anak yang amat memerlukan motivasi dan bimbingan.

Berkumpul bersama keluarga akan memunculkan rasa bahagia serta menenangkan. Sehingga jangan pernah ragu untuk menyisihkan waktu berkumpul bersama keluarga.

Mereka yang menyediakan waktu buat bercengkrama bersama di rumah, umumnya akan lebih bahagia dan tenang jiwanya.

5. Hindari Para Pengeluh

Cara menenangkan hati dan pikiran yaitu jauhi para pengeluh. Lingkungan memberikan efek sangat signifikan terhadap cara pandang dan karakter Anda.

Bergaul bersama mereka yang hobi mengeluh, mengakibatkan Anda bakal sering mendengarkan hal-hal negatif dan tak berfaedah darinya, hal ini tanpa sadar bakal berefek buruk bagi jiwa Anda.

Menceburkan diri ke dalam kebiasaan suka mengeluh serta berkata-kata yang tidak berguna, dapat mengakibatkan Anda tidak bahagia, serta hati-pun tidak tenang disebabkan banyaknya racun yang memasuki pikiran.

Bergaul dengan manusia yang sering mengeluh dan pemalas akan berdampak buruk bagi jiwa Anda, dimana dapat mengakibatkan hati dan pikiran enggak tenang jika berada di tengah-tengah orang seperti itu. 

Disinilah pentingnya mengutamakan teman yang berkualitas. Pilih teman yang berkualitas, seperti orangnya rajin, memiliki motivasi tinggi, penyabar, pemaaf dan berakhlak. Ini bakal menjadikan hidup nyaman.

Teman yang buruk hanya akan membuat hati galau, bahkan bikin hidup Anda hancur. Adapun teman yang positif akan bersikap bijak dan mensupport Anda disaat masa-masa sulit, sehingga hati bahagia berteman dengannya.


6. Mulailah Berolahraga

Olahraga sangat penting, maka tumbuhkan semangat olahraga. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup yang sederhana seperti jogging santai 20-30 menit, yang penting rutin. Kalau bisa olahraga pagi (minimal 4 kali dalam seminggu).

Kondisi tubuh yang bugar membuat pikiran bisa lebih tenang. Seseorang yang rutin berolahraga, kemudian berhenti melakukan olahraga, maka akan dirasakan sepertinya ada yang kurang dalam kehidupan.

Olahraga ringan seperti jogging atau hanya berjalan kaki, sudah bisa memberikan manfaat untuk bikin jiwa bahagia dan rileks.

Saat olahraga (seperti jogging, jalan kaki dll) tubuh akan menghasilkan endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan ke dalam aliran darah. Hal ini berefek pada jiwa yang lebih tenang, hati terasa lega dan sejahtera, serta pikiran lebih jernih.

7. Stop Berita Negatif

Cara menenangkan pikiran yaitu hindari membaca atau menonton berita negatif. Sekalipun tidak ada hubungannya dengan kehidupan Anda, namun memasukan pikiran dengan berita negatif ternyata memunculkan banyak kecemasan di dalam hati.

Terlalu banyak menonton berita justru berdampak buruk bagi pikiran Anda. Sehingga batasi kebiasaan membaca koran atau nonton berita agar pikiran tidak terkontaminasi berita-berita negatif.

Dari laman Prevention.com menyebutkan bahwa menonton atau mambaca berita negatif berdampak buruk bagi pikiran dan bisa memicu stres, terutama bagi kaum wanita.

Para ahli menjelaskan bahwa berita negatif sangat mempengaruhi kejiwaan seseorang, terutama untuk wanita. Dimana wanita lebih mudah stres dalam menanggapinya.

Oleh karena itu, apabila Anda menonton berita mengenai pembunuhan dan tindakan kriminal lainnya, kemudian hal tersebut memicu rasa stres, maka tukar bentuk informasi yang akan Anda tonton, lebih baik cari konten tayangan yang lebih ringan.

8. Gerakan Relaksasi 

Anda bisa menenangkan pikiran dengan cara sangat sederhana, dimana hanya perlu mengambil napas dalam-dalam secara perlahan, lalu menghembuskan-nya kembali.

Selain itu, Anda dapat mengerjakan hal-hal yang merenggangkan otot-otot tubuh. Ini bisa membantu pikiran jadi lebih tenang.

Relaksasi nantinya membebaskan jiwa dari segala macam bentuk ketegangan pikiran maupun otot, itu berbentuk gerakan-gerakan tersusun untuk merilekskan tubuh, sehingga tercipta suasana perasaan yang nyaman.

9. Curhat

Jika problem yang dihadapi sangat besar, dimana tak memungkinkan buat menyelesaikannya sendirian, maka curhat dapat meringankan beban pikiran dan masalah Anda. Curhat dapat menjadikan Anda jauh lebih tenang.

Namun, tidak boleh sembarangan menunjuk teman curhat, terutama buat menyelesaikan masalah. Pilihlah orang yang bijak serta dapat dipercaya. Alhasil rahasia Anda tetap terjaga dan masalah berhasil terselesaikan.

Pikiran yang tidak tenang muncul karena adanya suatu problem. Agar pikiran tenang, lakukan komunikasi kepada individu yang Anda anggap mampu untuk mengatasi problem yang dihadapi.


10. Lindungi Pikiran

Berpandangan positif di kehidupan sangatlah penting, serta merubah diri Anda membentuk pribadi cemerlang. Sedangkan pikiran negatif mengakibatkan jiwa akan selalu menderita dan tidak tenang.

Memang, bukan hal gampang supaya terbiasa berpikir positif. Tapi yang penting, jangan memasukan hal-hal jelek ke dalam pikiran. Disinilah pentingnya berlatih.

Berpikir secara berlebihan juga harus dihindari, sebab pikiran juga butuh rehat, jangan digunakan terus-terusan tanpa istirahat.

Berpikir positif dan efektif, berarti Anda harus membuang segala macam pikiran yang tak produktif atau tak berguna. Buang segala isi pikiran yang bikin Anda mumet, stres, bimbang dan sebagainya.

Agar mampu berpikir positif, perlu berusaha untuk terbiasa melihat sisi positif. Orang yang terbiasa memandang dengan sisi positif, akan sering memperoleh faedah-faedah di sepanjang kehidupannya.

Mereka yang terbiasa berpikiran positif, bisa senantiasa bangkit dari setiap kali terjatuh. Sehingga kalau diperhatikan, umumnya orang-orang sukses yaitu mereka yang terbiasa berpikir positif.

11. Cintai Diri Sendiri

Cintailah diri sendiri, jangan merasa bahwa diri Anda tidak pantas disayangi, sebab ini akan memunculkan rasa gelisah dan hati menjadi tidak tenang.

Karena secara tidak langsung menilai bahwa diri ini tidak berguna. Selain bisa mencintai orang lain, maka Anda juga harus bisa mencintai diri sendiri.

12. Jangan Malu untuk Menangis

Jika memang ingin menangis maka jangan ditahan, keluarkan saja. Tetapi dilakukan di tempat yang tersembunyi dari orang lain.

Umumnya orang akan merasa lega setelah menangis, bahkan penelitian menyebutkan bahwa menangis bisa lebih memenangkan hati, serta bisa menyehatkan tubuh.

13. Jaga Hubungan

Khususnya jaga hubungan yang baik dengan keluarga. Seorang manusia sangat membutuhkan interaksi dengan orang di sekitarnya, terutama ketika problem datang melanda.

Interaksi yang dilakukan akan membuat jiwa jadi lebih tenang, terutama yang amat fundamental adalah interakasi bersama keluarga, saudara atau orang-orang dekat.

Berada bersama orang-orang tercinta bakal menjadikan Anda termotivasi dengan keberadaan mereka. Walaupun Anda tidak menceritakan masalah yang dirasakan, namun cukup dengan berada di dekat orang-orang tercinta bakal menenangkan kalbu.


14. Berbagi dengan Orang Lain

Cara menenangkan hati yaitu berbagi dengan orang lain. Berbagilah dari sesuatu yang dipunyai kepada orang lain, khususnya buat mereka yang membutuhkan. Maka hal ini dapat menjadikan hati tenang.

Karena dengan berbagi, Anda nantinya tahu bahwa di luar sana masih banyak sekali masyarakat yang berada dalam keadaan terjepit. Melihat kenyataan ini, bakal menjadikan Anda bisa bersyukur dan dada jadi terasa lapang.

15. Aroma Terapi

Cara menenangkan pikiran yaitu manfaatkan aromaterapi yang memberikan efek menenangkan. Aromaterapi dapat menjadikan mood lebih baik, serta menjadikan Anda lebih nyaman dan tenang.

Aromaterapi yang populer diketahui mampu membuat mood lebih baik adalah jenis lavender. Tetapi Anda sebenarnya dapat memilih jenis lainnya, karena semua jenis aroma terapi memberikan efek menenangkan.

Untuk menggunakan aroma terapi, Anda bisa menaruhnya di berbagai sudut ruangan. Atau aroma terapi dapat Anda jadikan parfum yang bisa dibawa kemana saja.

16.  Usahakan Hindari Kebisingan

Ketika pikiran sedang kalut dan perasaan terasa campur aduk, hendaknya untuk tidak berada di keramaian atau tempat yang secara umum menimbulkan kebisingan. Berada di tempat bising (saat itu) menyebabkan perasaan gundah dan pikiran semakin mumet.

17. Peregangan Otot

Ketika perasaan gundah maka tubuh juga akan terkena dampak buruknya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan olahraga ringan berupa meregangkan otot, sehingga otot tidak tegang.

Manfaat lainnya dari peregangan otot ini yaitu oksigen dapat mengalir lebih lancar, hal ini berdampak pada peningkatan mood, serta hati dan pikiran bisa lebih tenang.

18. Rasa Bersyukur

Apabila Anda sedih, manusia lain pun juga merasakannya. Terlebih lagi, barangkali kesedihan yang dialami orang lain jauh lebih dahsyat. Maka sesuatu yang fundamental yaitu Anda harus fokus terhadap apa yang sudah dimiliki.

Fokus-lah terhadap apa yang sudah dicapai, supaya Anda dapat menyadari bahwa ada banyak orang yang kondisinya tidak seberuntung Anda.

Apabila mau trik yang lebih ampuh, Anda dapat mengunjungi dan melihat kondisi orang-orang fakir, ataupun melihat mereka yang lagi sakit. Disitu-lah Anda nantinya akan merasa sangat beruntung. Bersyukur bakal menjadikan hati terasa luas, sehingga jiwa pun jadi lebih damai.




Baca Juga: