17 Manfaat Madu Berdasarkan Penelitian (dan Efek Sampingnya)

Madu
Photo credit: Pexels.com

Madu memiliki segudang khasiat, ini bahan alami yang baik bagi kesehatan tubuh, bahkan sudah dimanfaatkan untuk pengobatan herbal (alami) sejak zaman dahulu.

Bahan madu sering digunakan di minuman penambah stamina. Segudang keuntungan dapat diperoleh dari madu, serta madu dapat Anda jadikan layaknya pemanis alami pengganti gula.

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh, Diet, Kulit, Psikis dll


1. Kesehatan Jantung

Khasiat madu yaitu menjaga kesehatan jantung, di dalamnya ditemukan fenol dan antioksidan lainnya yang mempromosikan kesehatan jantung dan mencegah beberapa masalah serius yang terkait jantung. Hal ini berdasarkan riset yang diterbitkan di AJTCAM.

Pada jurnal ini dijelaskan madu memiliki senyawa fenolik tinggi yang berperan sebagai antioksidan alami.

Bermacam-macam unsur fenolik terdapat pada madu seperti kuersetin, acacetin, kaempferol dan lainnya memiliki fungsi untuk pengobatan penyakit kardiovaskular. Senyawa fenolik disebutkan berkontribusi dalam pencegahan penyakit jantung.

Antioksidan yang terdapat dalam madu berasal dari bermacam sumber yakni vitamin C, flavonoid, polifenol dan monophenolics. Konsumsi asupan flavonoid secara teratur dihubungkan dengan pengurangan risiko gangguan kardiovaskular.

Kandungan dalam madu bekerja guna membantu arteri di jantung melebar, melancarkan sirkulasi darah, dan menghindari pembentukan bekuan darah pemicu stroke dan masalah jantung.

Sebagai pemberitahuan, khasiat dari madu murni (raw honey) lebih besar daripada madu olahan. Madu murni mengandung imunitas alami yang kuat, kaya flavanoid dan berkhasiat secara efektif dalam menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Turunkan Berat Badan

Fungsi madu yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Pada artikel berjudul 6 Impressive Benefits Of Honey For Weight Loss (Organicfacts.net) menyebutkan bahwa manfaat madu bisa untuk membantu program penurunan berat badan.

Banyak orang bertanya: Bukankah madu itu sejenis gula, tidakkah itu memberi kontribusi pada penambahan berat badan?

Madu memang mengandung gula tapi tidak seperti gula rafinasi. Gula-gula buatan dan disuling sering digunakan buat mempermanis makanan, gula ini merupakan sumber "kalori kosong" yang tidak ada manfaat nyata dari mengkonsumsinya.

Konsumsi madu yang kaya gizi mampu mencegah Anda dari konsumsi makanan secara berlebihan. Mengganti gula dengan madu dapat mencegah penumpukan lemak ekstra dan juga menurunkan gula darah. Selain itu, jika dibandingkan dengan gula, madu berkontribusi menurunkan trigliserida serum.

Sebuah riset diterbitkan di Journal of the American College of Nutrition membuktikan konsumsi madu murni bisa mengaktifkan hormon yang menekan nafsu makan. Peneliti menyimpulkan konsumsi madu menawarkan potensi efek perlindungan terhadap obesitas.


3. Sumber Energi

Manfaat mengkonsumsi madu yaitu untuk meningkatkan energi (tenaga). Jika Anda mudah lelah dan tak bertenaga disarankan meminum madu. Madu murni terdapat gula alami, air, serta mineral, vitamin, serbuk sari dan protein. Ini menjadi bahan bakar yang sempurna.

Madu menjadi diantara pilihan terbaik buat dikonsumsi sebelum berolahraga. Juga madu sebagai bahan bakar berolahraga, madu bekerja setara glukosa menghasilkan energi yang amat diperlukan buat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Madu mempunyai komposisi karbohidrat alami yang unik dan sejumlah antioksidan, enzim, mineral, vitamin dan asam amino, menjadikannya asupan ringan sore hari yang kaya energi dan alami. Para ahli diet olahraga merekomendasikan atlet supaya memasukkan madu murni ke daftar asupan.

Baca: Manfaat Makan Strawberry Setiap Hari

4. Tidur Nyenyak

Manfaat minum madu yaitu membantu Anda untuk memperoleh tidur nyenyak. Konsumsi madu murni beberapa jam sebelum tidur akan mendorong pelepasan melatonin di otak, yang bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Melatonin juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu membangun kembali jaringan tubuh selama masa istirahat.

Konsumsi madu akan merangsang otak untuk meningkatkan kadar insulin yang mengeluarkan triptofan untuk otak. Triptofan ini nantinya diubah menjadi melatonin. Keberadaan melatonin sangatlah penting dalam proses tidur.

5. Obat Batuk Alami

Batuk dapat mempengaruhi tidur dan kualitas hidup seseorang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Madu murni disebutkan telah terbukti secara efektif dalam mengobati batuk. Riset ilmiah membuktikan khasiat madu secara efektif mengurangi sekresi lendir dan batuk.

Riset menemukan madu punya potensi guna mengobati batuk dan pilek pada anak-anak, ini juga suatu rekomendasi yang pernah dikeluarkan WHO pada 2001. Madu bisa direkomendasikan untuk dosis tunggal 2,5 ml sebelum anak tidur guna meredakan batuk.

Dosis 2,5ml tersebut untuk anak 1 tahun keatas, orang dewasa mungkin bisa mengkonsumsi dengan dosis lebih banyak.

Madu sudah dibuktikan secara ilmiah mampu meredakan batuk serta memperbaiki tidur di malam hari. Namun, karena konsumsi madu bisa mengakibatkan risiko botulisme pada bayi, maka dilarang memberikan madu buat anak 1 tahun ke bawah.


6. Atasi Alergi

Madu murni dikenal memiliki khasiat untuk menangkal infeksi, mengatasi masalah alergi secara alami, dan menjaga kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat madu dalam mengatasi dan mencegah alergi didasarkan pada konsep yang disebut imunoterapi, dimana tubuh menjadi lebih kebal terhadap reaksi dan gejala alergi.

Mengonsumsi madu membantu secara efektif dalam mengatasi gejala alergi selama delapan minggu. Pada penelitian yang diterbitkan di jurnal Annals of Saudi Medicine tahun 2013 menemukan bahwa konsumsi madu mampu memperbaiki gejala rhinitis alergi.

Rhinitis alergi merupakan respon alergi yang dapat memicu gatal, bersin, mata berair dan gejala semacamnya. Madu menawarkan keuntungan guna mengatasi alergi.

7. Kaya Antioksidan

Madu memiliki segudang antioksidan yang begitu diperlukan tubuh berupa fenol hingga flavonoid dan asam organik. Para ahli meyakini berbagai komponen dari senyawa ini yang membuat madu punya fungsi antioksidan kuat.

Manfaat antioksidan telah dihubungkan pada pengurangan risiko stroke, masalah jantung, hingga sejumlah jenis kanker. Selain itu, ada potensi bahwa antioksidan bekerja buat melindungi fungsi mata.

Madu mempunyai polifenol sebagai antioksidan kuat, yang telah terbukti bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Antioksidan bekerja untuk menangkal serangan radikal bebas.

8. Sifat Anti-bakteri

Sebuah studi tahun 2005 membuktikan madu bekerja melawan lusinan jenis bakteri seperti E. coli dan salmonella.  Apa yang membuat madu punya fungsi sebagai anti-mikrobik? Kebanyakan lebah “menyetorkan” hidrogen peroksida ke dalam madu untuk mensintesis serbuk sari bunga. Madu alami punya sifat antibakteri.

Madu bisa diandalkan sebab manfaatnya sebagai antibiotik atau anti-bakteri. Hal itu menjelaskan peran madu selama berabad-abad dalam mempercepat proses pemulihan luka dan meredakan keluhan lambung.


9. Untuk Kulit

Madu telah dimanfaatkan semenjak berabad-abad buat perawatan kulit. Madu menawarkan keuntungan berupa antioksidan alami, antibakteri, vitamin B dan C yang bermanfaat bagi kulit.

Peran madu yang tampaknya sangat penting yaitu bekerja secara efektif melindungi kulit. Madu punya sifat anti-mikroba, anti-oksidan dan anti-jamur yang dapat berkontribusi dalam menyembuhkan luka, bintik-bintik merah, hingga melawan infeksi kulit.

Madu berkhasiat mengurangi tanda-tanda penuaan, karena madu memiliki senyawa-senyawa antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

Kandungan madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam proses regenerasi kulit tubuh, serta mendorong pertumbuhan sel kulit tubuh yang sehat.

10. Daya Ingat

Manfaat madu yaitu dapat memperkuat daya ingat. Sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa asupan sesendok madu dapat membantu meningkatkan ingatan wanita pascamenopause, yang penggunaannya dapat menjadi terapi alternatif dalam mengatasi masalah penurunan intelektual terkait hormon.

Setelah empat bulan mengkonsumsi 20 gram madu setiap hari, para wanita cenderung memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik. Kemampuan madu supaya mengoptimalkan fungsi tubuh menyerap kalsium, dinilai sangat membantu dalam melindungi fungsi kerja otak.

Otak membutuhkan kalsium untuk memproses pemikiran dan membuat keputusan. Seiring usia yang terus bertambah tua, kemungkinan demensia terjadi karena asupan vitamin dan mineral yang kurang.

11. Turunkan Kolesterol

Manfaat madu untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk di tubuh. Kolesterol tinggi bisa memicu risiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan masalah kardiovaskular.

Kelebihan kolesterol terjadi akibat mengambil asupan kurang sehat seperti junk food dll. Selain itu, kurang berolahraga bisa menyebabkan seseorang rentan terkena kolesterol tinggi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumsi asupan madu dengan teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pada penelitian tahun 2009, melakukan penelitian dengan membagi peserta dua kelompok, yaitu kelompok yang menerima madu alami selama 8 minggu, dan kelompok yang tidak mengkonsumsi madu.

Hasilnya ditemukan pada kelompok yang diberikan madu mengalami penurunan berat badan, penurunan kolesterol total dan LDL, penurunan trigliserida dan peningkatan HDL secara signifikan.

12. Menjaga Tekanan Darah

Agar tekanan darah stabil maka terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, rendah lemak, rendah garam. Selain itu aktif berolahraga, serta menghindari rokok dan minuman keras (alkohol).

Riset menemukan madu mempunyai fungsi perlindungan terhadap tekanan darah tinggi. Sebuah riset membuktikan pemberian madu secara teratur melindungi ginjal terhadap kerusakan oksidatif. Suplementasi madu memunculkan fungsi anti-hipertensi melalui perbaikan tegangan oksidatif pada ginjal.

Khasiat madu hanya sebatas mempromosikan kestabilan tekanan darah, namun belum ditemukan penelitian tentang perannya yang mampu mengatasi hipertensi.

13. Melawan Kanker

Riset menemukan madu punya potensi sebagai agen anti-kanker melalui beberapa mekanisme, dimana madu punya fungsi anti-karsinogenik.

Fenolik dalam madu berfungsi sebagai anti-kanker dan membantu mencegah sejumlah jenis kanker. Madu bekerja pula sebagai anti-inflamasi yang menjadikannya diantara makanan terbaik guna mencegah kanker.

Madu memiliki manfaat dalam mempromosikan pembangunan kekebalan tubuh yang membuatnya memiliki fungsi melawan kanker, disamping terdapat sifat anti-proliferatif yang mencegah kanker menyebar lebih jauh.

Lebih menarik lagi, madu bekerja secara selektif yaitu menghancurkan sel kanker sementara membiarkan sel sehat tidak rusak.

14. Atasi Masalah Lambung

Sifat antioksidan dan antimikroba pada madu berkhasiat mengobati berbagai masalah lambung. Anda dapat mencampur madu bersama jus lemon buat efek lebih baik, disarankan dalam bentuk cairan hangat

Madu punya peran anti-bakteri, termasuk berkontribusi dalam mencegah gas perut berlebih, menghambat efek berbahaya dari mycotoxins dan meningkatkan bakteri baik di usus. Hal ini membantu dalam mengatasi masalah lambung.

Riset menunjukan madu punya efek perlindungan yang bergantung pada sifat anti-mikrobanya, termasuk meningkatkan bakteri baik yang memiliki sejumlah efek menguntungkan yaitu detoksifikasi dan antigenotoksisitas. Riset lainnya membuktikan madu punya fungsi anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan tukak lambung yang diinduksi asam.

15. Meredakan Kecemasan

Kegunaan madu yaitu dapat membantu meredakan kecemasan dan bad mood. Madu mampu memperbaiki kualitas tidur dan layaknya pengobatan alami sangat baik guna mengatasi insomnia. Juga terkait dengan hal tersebut, konsumsi madu bisa meredakan kegelisahan.

Riset menemukan minum teh hangat dengan madu sebelum tidur secara efektif meredakan kegelisahan atau kecemasan. Hal itu terkait dengan kandungan di dalam madu yang memberikan efek menenangkan.

Selain mengurangi kegelisahan, mengkonsumsi madu bisa memperbaiki memori spasial pada mereka dengan usia paruh baya.

16. Mengurangi Efek Berbahaya Merokok

Sebuah studi tahun 2011 telah membuktikan asupan madu berkontribusi untuk melawan stres oksidatif yang diakibatkan oleh rokok. Sejumlah ahli mengatakan keistimewaan madu mampu mempermudah seseorang berhenti merokok, walaupun butuh dilakukan riset lebih lanjut mengenai besarnya tingkat keefektifan ini.

17. Manfaat Madu yang Lainnya
  • Membantu proses penyembuhan sariawan disebabkan radioterapi
  • Memperkuat stamina.
  • Meredakan diare.
  • Mengatasi masalah kekurangan gizi.
  • Meredakan kulit gatal.
  • Melembutkan bibir pecah-pecah.
  • Mengatasi kulit kering.
  • Meningkatkan kesuburan.

Efek Samping Madu

  1. Merusak gigi. Hal ini disebabkan madu punya rasa sangat manis yang bisa berdampak buruk pada gigi. Apalagi madu memiliki sifat lengket yang akibatnya 'si super manis' sangat gampang melekat ke gigi. Untuk mengatasinya maka wajib untuk rutin gosok gigi.
  2. Hipotensi atau tekanan darah rendah (jika dikonsumsi terlalu banyak). Itu karena kandungan di dalam madu bekerja untuk menurunkan tekanan darah, sehingga jika madu dikonsumsi terlalu banyak justu akan menimbulkan kerugian.
  3. Masalah pada pencernaan (jika dikonsumsi terlalu banyak).

Apakah madu aman? Anak-anak diatas usia setahun diperbolehkan mengkonsumsi madu, namun tidak untuk mereka yang di bawah usia setahun, hal itu sebab berisiko mengakibatkan botulisme. Botulisme merupakan masalah keracunan yang menyerang saraf, dampaknya bisa serius.

Apabila dikonsumsi dan dioleskan ke kulit dengan dosis tepat, madu tergolong aman secara umum.

Kemungkinan madu aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Namun untuk menjaga keselamatan Si Kecil, lebih baik ibu hamil dan menyusui tidak mengkonsumsi madu.

Jika Anda mau mengkonsumsi produk madu, maka pastikan produk yang dibeli tersebut telah tercantum di BPOM RI. Lihat juga tanggal kadarluasa-nya pada label kemasan.

Bagi Anda yang alergi serbuk sari, disarankan tidak mengkonsumsi madu karena cairan manis ini terbuat dari serbuk sari.





Baca Juga: