17 Cara Agar Cepat Menghafal dan Tidak Mudah Lupa

Menghafal bisa dikatakan aktivitas yang banyak memakan energi dan membutuhkan kekuatan pikiran ekstra untuk melakukannya.

Tapi sebenarnya hambatan terbesar dalam menghafal yaitu anggapan bahwa menghafal itu susah.

Cara Mudah Menghafal

Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa


1. Miliki Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Ini menjadi kunci utama. Para ahli mengatakan bahwa tidur menjadi syarat utama supaya pikiran dapat maksimal untuk menghafal serta mempelajari sesuatu yang baru.

Cara agar cepat menghafal dan tidak mudah lupa yaitu pastikan Anda memiliki tidur berkualitas dan nyenyak di malam hari.

Tim peneliti melakukan riset dengan mendalami bentuk proses tidur serta kondisi kesadarannya. Dari hasil riset, peneliti menjelaskan tidur bermanfaat dalam memaksimalkan proses otak dalam upaya mengembalikan kinerja sinaps di pagi hari, itu berdampak baik pada kekuatan daya ingat.

Sinaps ini tumbuh di sel-sel otak, serta ini terjadi utamanya di usia bayi hingga balita. Periode 0-5 tahun merupakan momen emas bagi perkembangan tingkat kecerdasan dan kekuatan hafalan, mereka akan belajar dan menangkap apapun secara cepat.

Tidur terbukti bermanfaat menaikkan performa belajar, termasuk membuat hafalan lebih kuat. Memiliki tidur yang berkualitas dan nyenyak menjadi cara agar mudah mengingat pelajaran bagi Anda para pelajar di sekolah dan mahasiswa di kampus.

Berikut beberapa tips agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas:
  • Tidur dalam kondisi gelap (mematikan lampu).
  • Lakukan olahraga saat pagi hari.
  • Hindari konsumsi makanan berat menjelang tidur.
  • Hindari mengoperasikan laptop, gadget dll 60 menit sebelum tidur.
  • Usahakan jadwal tidur teratur.
  • Hindari begadang atau tidur larut malam.
  • Berwudhu sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi segar.


2. Saat Menghafal, Lakukan Gerakan Kecil

Anda bisa menghafal sembari melakukan gerakan sederhana seperti jalan bolak-balik, menggerakkan kepala seperti orang India, atau gerakan kecil lainnya yang kondisinya tetap memungkinkan bisa dilakukan sambil menghafal. Sebagian orang bisa menghafal lebih baik dengan melakukan cara ini.

3. Mengulang-Ulang

Kegiatan menghafal memerlukan banyak waktu, agar menghafal tidak mudah lupa dan permanen di pikiran maka perlu mengulang-ulang apa yang sedang dihafal. Manfaatnya yaitu menjadikan hafalan dapat menghunjam kuat di pikiran.

Walaupun setiap orang punya kemampuan menghafal yang berbeda-beda, namun secara umum supaya hafalan dapat permanen (tidak gampang lupa) maka perlu diulang-ulang.

4. Fokus Maksimal

Cara agar cepat menghafal dan tidak mudah lupa yaitu fokus pada bahan hafalan, singkirkan segala hal yang mengganggu seperti gadget dan lainnya, Anda juga harus dalam kondisi tenang.

Menghafal memerlukan fokus penuh, bulang-lah semua pikiran yang mengganggu. Misalnya, Anda setelah bermain game tapi terus kepikiran tentang game tersebut. Jika masih kepikiran seperti itu akan sulit menghafal karena pikiran terpecah.

Pastikan fokus 100% pada apa yang ingin dihafal. Agar membantu fokus, jalankan aktivitas yang memperlancar aliran oksigen ke otak, disebabkan darah berfungsi dalam pengiriman oksigen ke semua bagian tubuh.

Jalankan aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah karena manfaatnya dapat meningkatkan konsentrasi. Aktivitas fisik seperti olahraga, jalan-jalan sesaat, dll dapat memperlancar alirkan oksigen ke otak.

5. Teknik MNEMONIC

Cara mudah menghafal dan dan tidak mudah lupa yaitu dengan memenfaatkan Teknik mnemonic. Banyak pihak yang memanfaatkan teknik MNEMONIC seperti pakar marketing, penasihat hukum, advokat dll.

MNEMONIC menjadi strategi untuk memudahkan mengingat sesuatu. Pakar menjelaskan bahwa ini merupakan keterampilan mengaitkan kata-kata dan konsep.

Terdapat banyak metode MNEMONIC, diantaranya yaitu metode berkait. Dimana apabila satu pikiran timbul lalu nantinya disusul dengan pikiran lainnya yang masih saling berkaitan.

Dengan mengaitkan pikiran-pikiran tersebut maka akses untuk mengingat jadi lebih mudah. Teknik mengingat seperti ini bukan hanya sekedar teori, melainkan perlu dilatih secara terus-menerus.

Contoh: Rusia, Amerika, Wanita, Putih, Awan, Banjir
Rusia berperang dengan Amerika.
Dari hasil perang ditawanlah para Wanita.
Kebanyakan tawanan wanita berkulit Putih.
Kulitnya putih bagaikan Awan.
Dari awan yang mendung maka turun hujan deras yang membuat Banjir.

Untuk penggunaan trik ini maka sediakan kata kuncinya, lalu hubungan kata-kata tersebut, hingga nantinya menjadi seperti sebuah cerita utuh di pikiran.

Ini perlu pembiasaan dan dilatih seiring berjalannya waktu. Teknik ini bisa dipakai untuk meminimalisir terjadinya lupa dari apa yang telah dihafal.

Kita bisa mengaitkan antara satu kata dengan kata lainnya melalui sebuah kejadian yang mudah dikenang oleh hati dan pikiran. Ketika lupa pada satu hal maka tinggal dikaitkan dengan hal lainnya.

Apabila mengingat satu pikiran, maka pikiran lainnya secara otomatis bakal mengikuti. Kaitan yang tersusun bagaikan sebuah cerita itu sangat bagus untuk mencegah terjadinya lupa hafalan.

Contoh diatas paling sederhana, agar Anda mahir maka harus terus melatih diri dalam menggunakan teknik tersebut.

Metode lainnya dari teknik ini, yaitu teknik menggambarkan sesuatu di pikiran. Mengingat sesuatu yang absurd dengan menggambarkannya di pikiran menjadi sesuatu yang berwujud.

Contohnya:
  • Jakarta -- digambarkan berupa Monas.
  • Paris -- digambarkan berupa Menara Eifel.

Metode lainnya yang dapat dilakukan yaitu teknik persamaan bunyi. Contohnya:
  • “Irak” bakal gampang diingat jika membayangkan benda berupa “rak”.
  • “Singapura” dibayangkan dengan hewan berupa “singa”.

Seperti dijelaskan sebelumnya, teknik ini bukanlah sekedar teori, Anda harus banyak latihan sehingga  terbiasa dalam melakukan teknik ini. 


6. Teknik Akronim dan Akrostik

Teknik akronim yaitu menjadikan setiap huruf awal dari suatu kelompok kata (kalimat) menjadi suatu kata baru. Contoh:
  • JABOTABEK (Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi)
  • ASEAN (Association of South East Asian Nations)

Nah, gunakan imajinasi Anda dalam menggunakan teknik ini. Misalnya Anda akan melakukan beberapa hal yaitu: bersih-bersih, cuci pakaian, mandi, masak, dan olahraga.

Agar Anda tidak lupa dengan semua kegiatan tersebut, maka buatlah akronim yang mudah dicerna dan diingat, yaitu “BC-M2O”.

Teknik akrostik adalah penggunaan awal setiap kata dari suatu kelompok kata, yang juga bisa disingkat dalam suku kata menjadi sebuah kalimat baru. Contohnya warna pelangi “Mejikuhibimu”, maksudnya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

7. Fokus pada Kata Kunci

Teknik ini dengan mengambil kata kunci dari setiap poin yang ingin dihafal. Teknik kata kunci ini bisa dipakai buat mengingat kata inti dari informasi yang ingin dihafal.

Sebagai contoh, Anda ingin hafal fungsi Dewan Keamanan Liga Bangsa-bangsa yaitu:
  1. Menyelesaikan perselisihan-perselisihan internasional.
  2. Menjaga negara-negara anggota terhadap serangan negara-negara lainnya.
  3. Pengurangan senjata.
  4. Membela dan melindungi Liga Bangsa-Bangsa.

Agar bisa dengan mudah menghafalnya, maka ambilah kata kunci dari masing-masing poin tersebut, yakni perselisihan, serangan, senjata, dan membela.

Kata-kata kunci ini sangat mudah dihafal, dengan menghafal kata kunci dari setiap poin, sehingga Anda bisa dengan gampang menyebutkan fungsi Dewan Keamanan Liga Bangsa-bangsa.

8. Memory Sport

Sebagaimana halnya otot tubuh bisa dilatih, otak juga bisa dilatih. Dengan semangat berolahraga fisik maka otot semakin kuat. Itu berlaku pula pada pikiran apabila sering diasah.

Apabila Anda malas olahraga otak, akibatnya otak bisa lemah. Guna melatih otak, Anda bisa mengisi TTS (teka teki silang).

Juga bisa dengan belajar bahasa asing, ini akan mengasah otak dan membuat hafalan lebih kuat. Belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak kecil.

Penelitian menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa bisa meningkatkan suplai darah ke otak, yang sangat bermanfaat untuk fungsi jaringan saraf otak.

9. Istirahat Cukup

Istirahat Yang Cukup
Istirahat Yang Cukup | Sumber gambar: Pixabay.com

Cara cepat dan mudah dalam menghafal kuncinya yaitu harus dalam keadaan segar atau fit. Agar tubuh dan pikiran fit maka harus beristirahat yang cukup sesuai kebutuhan.

Memaksakan diri hingga kelelahan kronis berdampak negatif pada tubuh dan pikiran, termasuk kekuatan hafalan. Penting beristirahat agar hafalan maksimal. Sehebat dan sepintar-pintarnya manusia, tetap saja sangat tubuh istirahat.

Jangan begadang karena berdampak buruk pada otak. Tidur malam yang cukup (dan dalam keadaan gelap) bisa meningkatkan level daya ingat dan memunculkan kreativitas yang berkualitas.


10. Lingkungan Kondusif

Langkah awal yang penting agar menghafal dengan cepat dan mudah yaitu memperhatikan lingkungan yang dipilih.

Hendaknya menghafal dilakukan di area yang betul-betul aman dari gangguan dan hiruk pikuk, sehingga Anda nantinya bisa lebih berkonsentrasi. Carilah tempat yang paling kondusif untuk memulai menghafal.

11. Menghafal dalam Kondisi Segar

Ketahuilah waktu dimana kekuatan pikiran Anda yang paling maksimal bekerja saat itu. Orang-orang memiliki waktunya masing-masing tentang kekuatan otaknya.

Ada yang mudah menghafal ketika tengah malam, pagi, sore atau sebelum tidur. Ketahui waktu mana yang paling cocok dengan Anda.

Kondisikan pikiran yang segar, misalnya sebelum menghafal Anda melakukan mandi agar tubuh dan pikiran jadi terasa segar.

12. Tulis dari Apa yang Dihafal

Kalau bisa tulis lagi semua informasi yang telah melekat di pikiran Anda, menjadikan informasi tersebut bisa lebih kuat diikat di pikiran.

Ketika menuliskannya, otak ikut bekerja untuk memperkuat informasi di pikiran dari apa yang ditulis. Lebih lanjut, mencatat apa yang sudah Anda hafal bisa sebagai evaluasi atas hafalan yang telah dilakukan.

Anda juga bisa menulis terlebih dahulu sebelum memulai menghafal, ini berguna agar Anda bisa lebih mudah menghafalnya.

Terlebih dahulu tulis semua yang bakal dihafal. Setelah Anda merasa akrab pada apa yang ditulis tersebut, itu membantu Anda guna bisa lebih baik dalam menghafal-nya.

13. Langkah Pengulangan

Kalau bisa pada setiap baris teks, Anda ulangi beberapa kali (3 kali atau lebih) sampai Anda akhirnya benar-benar menghafalnya, jangan berpindah ke teks yang lain sebelum menghafal bagian sebaris tersebut secara mendalam.

Mengulang-ulang berguna agar hafalan bisa lebih permanen sehingga tidak mudah lupa.

14. Menghafal dengan Bantuan Sticky Notes

Sticky Notes
Sticky Notes | Sumber gambar Wikimedia.org

Cara ini untuk mempermudah proses menghahal, dan hafalan bisa lebih permanen. Sticky notes umumnya bisa diperoleh dengan mudah dipasaran.

Terdapat beberapa pilihan warna, hendaknya Anda menyiapkan 3-4 warna. Jangan terlalu banyak variasi warna karena malah akan membuat pusing.

Nantinya, apa yang telah dihafalkan maka tulis kembali pada lembaran sticky note yang memilikii warna berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Dengan lembaran yang warnanya berbeda-beda ini, sedikit banyak bisa membantu Anda menghafal dengan lebih kuat dan akurat.

Informasi yang dihafal nantinya secara otomatis akan dikelompokan di pikiran dengan warna yang bebeda-beda. Selain itu, warna-warni ini juga bisa membuat pikiran lebih segar dalam menghafal.


15. Ajarkan Kepada Orang Lain

Ajarkan atau paparkan apa yang sudah Anda hafal ke orang lain, hal ini membuat isi hafalan menjadi lebih kuat lagi.

Ketika mengajarkan pada orang lain maka pikiran akan menggunakan dan memanggil kembali informasi yang ada di pikiran, dengan demikian informasi tersebut akan bisa lebih permanen tersimpan di otak.

16. Manfaatkan Rekaman

Anda disarankan merekam materi yang dihafal, setelah itu dengarkan kembali rekaman tersebut dengan sesering mungkin. Dengan melakukan hal ini, maka sangat efektif untuk memperkuat materi yang dihafal.

17. Pilih Asupan Tinggi Gizi yang Baik untuk Otak

Makanan yang bagus dikonsumsi guna memperkuat hafalan adalah kismis. Makanan ini telah diteliti oleh para ilmuwan, hasil penelitiannya menunjukan kismis bermanfaat bagi kesehatan otak dan memperkuat hafalan.

Buah kismis mengandung magnesium, zat besi, kalsium, potassium, dan vitamin BI, B3 serta B6. Makanan lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu:

Ikan segar, kandungan di dalamnya amat berkhasiat sebagai nutrisi otak. Pada ikan terkandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi otak. Kandungan omega 3 terdapat di dalam ikan salmon, tuna dan sarden.

Pisang memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk otak. Dalam buah pisang terdapat kalium dan magnesium yang berkontribusi dalam mentransmisi saraf di tubuh dan otak.

Bayam memiliki kandungan vitamin B9 yang membantu memperkuat daya ingat serta kecerdasan otak.

Beras merah memiliki kandungan tinggi protein yang memberikan nutrisi sangat baik ke otak.

Cokelat murni mengandung Flavonoid bermanfaat guna memaksimalkan proses pembentukan sel saraf baru pada otak, guna meningkatkan kemampuan menyimpan ingatan di memori.

Ada banyak lainnya, Anda bisa konsumsi telur, jagung, susu, madu, ikan, jagung, bayam, buah anggur, blueberry, jeruk, alpukat, nanas, wortel, kubis, wortel.

Selain itu, hindari junk food, gorengan dll yang berdampak buruk pada kesehatan dan fungsi otak.




Baca Juga: