25 Manfaat Minum Air Putih Hangat Setiap Hari (dan Efek Samping)

Minum Air Putih

Apa Manfaat Minum Air Hangat? Air hangat punya segudang khasiat yang umumnya tak disadari. Secara umum, air putih adalah minuman yang penting untuk mengatasi banyak masalah tubuh. Air putih merupakan cairan yang mudah sekali diserap tubuh.

Manfaat Minum Air Putih Hangat


1. Hidung dan Tenggorokan Lega

Ketika mengalami kondisi tidak enak seperti batuk dan pilek, tubuh terasa tidak nyaman pada bagian hidung serta tenggorokannya.

Terutama lagi bagi yang mengalami batuk berdahak, tenggorokan sering terdapat dahak yang sangat tidak nyaman. Dikala pilek hidung menjadi 'macet'.

Ketika mengalami kondisi seperti itu maka hendaknya konsumsi air hangat. Air hangat nantinya bikin saluran napas jadi lebih lega.

Air hangat berperan pula layaknya antibiotik alami yang membunuh kuman atau bakteri jahat di tenggorokan serta jadikan lega tenggorokan.

Air hangat bekerja agar 'menghancurkan' dahak secara efektif serta berkontribusi dalam proses pembersihan-nya. Air hangat berperan ampuh buat membersihkan hidung tersumbat.

Air hangat punya khasiat layaknya 'obat alami' yang bekerja guna melawan pilek, batuk dan sakit tenggorokan.

2. Optimalkan Diet

Manfaat minum air putih hangat setelah bangun tidur yaitu dapat optimalkan diet. Air hangat punya fungsi buat memacu peningkatan metabolisme, sehingga amat membantu buat kesuksesan upaya diet. Agar proses diet bisa dioptimalkan, caranya: air hangat dicampur perasan lemon.

Oleh karenanya, ketika pagi disarankan mengawali kegiatan dengan minum air hangat bersama tambahan air lemon.

Anda bisa memakai saringan supaya mencegah bijinya masuk ke gelas. Setelah meminumnya, tunda untuk mengkonsumsi makanan sekitar 20 menit supaya ramuan itu tersebut bekerja dan memberikan khasiat optimal.

Nantinya air lemon bekerja untuk mengoptimalkan penghancuran dan pembersihan tumpukan lemak di tubuh.


3. Sebagai Detoks Alami

Air hangat bisa dimanfaatkan sebagai detox alami, yaitu membersihkan dan menyingkirkan racun dari tubuh. Racun sering berada di usus karena itu area yang selalu dilewati sisa makanan yang dicerna.

Dimana racun umumnya muncul dan menumpuk dari asupan yang dikonsumsi, khususnya yang berasal dari asupan junk food atau seperti yang tinggi lemak, garam, gula, minyak trans, kolesterol dll.

Asupan seperti junk food tersebut maka racunnya berisiko menumpuk di usus. Nantinya proses detoks ini buat membersihkan dan singkirkan racun dan zat berbahaya lainnya melalui proses keringat, urin dan feses.

Bahaya dari racun tersebut yang lama-kelamaan semakin banyak jumlah timbunannya, dapat mengakibatkan masalah serius yaitu kanker usus.

Dengan begitu, disarankan setelah bangun tidur lalu cuci muka dan tangan, lalu konsumsi air hangat, selain itu upayakan badan sering melakukan aktivitas fisik sehingga mengeluarkan keringat. Saat badan berkeringat, zat-zat kotor dalam tubuh bakal ikut keluar.

4. Redakan Gatal Tenggorokan

Manfaat minum air putih hangat yaitu dapat redakan gatal tenggorokan. Ketika mengalami batuk maka tenggorokan terasa gatal, sehingga membuat Anda terus batuk berkali-kali.

Terjadinya gatal karena adanya virus, dengan minum air hangat nantinya bekerja buat kurangi gatal tenggorokan. Yang nantinya bekerja untuk melawan (membunuh) virus yang bercokol dan menumpuk pada tenggorokan.

5. Melancarkan Pencernaan

Perlu membatasi konsumsi air es, dimana jika terlalu sering minum air es dapat memicu penumpukan minyak dan lemak di tubuh. Sering minum air es menyebabkan terhambatnya proses penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga walaupun seseorang mengkonsumsi makanan yang bergizi tetapi gak terserap maksimal oleh tubuh.

Adapun minum air hangat (utamanya beberapa saat setelah makan) berguna agar makanan terserap secara optimal. Air hangat bekerja untuk 'melumatkan' minyak dan lemak secara maksimal, sehingga mencegah terjadinya gumpalan lemak dan kolesterol pada tubuh.

6. Menyembuhkan Sembelit

Kondisi ini terjadi biasanya disebabkan kurangnya minum air, dimana tubuh kurang cairan mengakibatkan menurunnya kemampuan gerakan usus.

Ilustrasi Sembelit
Photo credit: Istockphoto.com / stock_colors

Minum air hangat berkhasiat agar memaksimalkan gerakan usus dalam proses pencernaan, yang hal ini berkontribusi pula buat menanggulangi permasalahan sembelit. Air panas atau hangat juga berperan penting dalam proses memecah partikel makanan untuk melewati usus.

7. Redakan Nyeri Saat Menstruasi

Dikala seorang wanita mengalami menstruasi bisa menimbulkan nyeri di perut, sehingga ketika masa ini dilarang minum air es, karena hal itu bisa membuat darah kotor (akibat menstruasi) tak dapat terbuang maksimal dari dinding rahim.

Terhambatnya proses pembersihan (pembuangan) darah kotor bisa berdampak serius. Dengan begitu disarankan minum air hangat yang akan membuat darah kotor bisa dibersihkan secara maksimal serta prosesnya lebih lancar (proses pelepasan darah kotor dari dinding rahim), ini sangat bermanfaat agar nyeri menjadi hilang.


8. Peredaran Darah

Manfaat minum air hangat yaitu supaya peredaran darah lebih lancar, dimana konsumsi air hangat bisa melebarkan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah yang cukup lebar, memberikan manfaat agar mencegah terhambatnya proses aliran darah karena dampaknya bisa memicu resiko penyakit berbahaya.

9. Atasi Bau Mulut

Minum air hangat dapat membantu atasi bau mulut. Hal semacam ini hendaknya jangan diremehkan karena dikhawatirkan bikin orang di dekat Anda menjadi tidak nyaman.

Air hangat cukup efektif buat membantu bersihkan plak (pemicu bau) yang bercokol di area gigi dan sekitarnya.

10. Singkirkan Lemak

Air hangat yang dikonsumsi ternyata juga berperan dalam proses pembuangan lemak berlebih dari tubuh, agar nantinya dikeluarkan melalui BAB, air seni dan keringat. Sehingga, lemak yang berlebih tidak tertimbun di tubuh.

11. Menjaga Kesehatan Syaraf

Konsumsi air hangat berdampak positif pada proses peredaran darah, yang kegunaannya untuk membantu fungsi syaraf yang lebih baik. Sehingga minum air hangat mampu tingkatkan konsentrasi secara signifikan.

12. Redakan Stress

Manfaat minum air putih hangat di pagi hari yaitu mampu mengurangi atau meminimalisir stres saat menjalani aktivitas harian yang padat.

Air hangat dapat bermanfaat bagi kesehatan jiwa seseorang, ketika jiwa lagi mengalami sumpek, tempramen dan hal semacamnya maka disarankan ketika pagi maupun malam hari supaya konsumsi air hangat.

Dikala pagi hari cobalah berjalan-jalan disekitar sembari menghirup udara segar. Dengan begitu bisa mendorong jiwa supaya rileks, dimana perasaan dan pikiran jadi tenang.

13. Menghilangkan Kantuk

Ketika pagi disarankan konsumsi air hangat. Mengantuk biasanya terjadi karena tidur tak nyenyak atau juga terlalu malam, serta penyebab lainnya.

Supaya menyegarkan pikiran dari masalah kantuk, yang terkadang juga dialami oleh mereka yang tidur cukup, maka minum air hangat nantinya membuat badan berkeringat.

Keluarnya keringat menandakan peningkatan suhu badan yang akan memberikan pengaruh pada suasana hati dan membuat kantuk bisa hilang.

Ini begitu berguna saat perasaan atau mood buruk dan bawaannya malas, apalagi kondisi hawa yang dingin (karena hujan dll) membuat timbulnya rasa 'mager'. Minum air putih hangat bisa memicu rasa semangat.

14. Mengatasi Cuaca Dingin

Minum yang hangat-hangat dikala cuaca dingin sangatlah nikmat karena baik untuk mood dan menambah suhu tubuh, sehingga dapat mengatasi rasa kedinginan yang dialami.


15. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi ternyata dapat diredakan jika minum air hangat. Air hangat dapat berperan layaknya antibiotik, Anda bisa segera minum air hangat ketika nyeri timbul. Selain itu dapat pula berkumur pakai air hangat.

16. Trik agar punya kulit cerah yakni utamakan konsumsi air putih. Hal itu karena air putih berperan dalam proses detoksifikasi, yang termasuk bisa bersihkan jerawat dll.

17. Dengan minum minuman hangat, tubuh akan berkeringat. Tujuan berkeringat yaitu dapat membersihkan sel kulit dengan mengambil kelebihan air dan garam, serta membuang kotoran dan zat tak berguna (melalui proses keringat).

18. Air putih sangatlah sehat dan diutamakan untuk dikonsumsi rutin. Minum air putih berkontribusi vital dalam produksi sel-sel darah merah yang optimal. Hal ini juga berguna agar tubuh lebih berenergi dan tak gampang jatuh sakit.

19. Minum air hangat dinilai cukup efektif untuk mengatasi masalah kram menstruasi, sakit perut, sakit kepala dan demam.

20. Minum air putih (khususnya air hangat dikala pagi) efektif melancarkan metabolisme, sehingga kemampuan tubuh dalam menyerap dan mencerna makanan menjadi maksimal, faktor seperti ini amat dibutuhkan untuk menurunkan resiko obesitas.

21. Minum air putih hangat berfungsi buat memperkuat imun, alhasil tubuh terlindungi dari serangan  luar (tak mudah jatuh sakit).

22. Minum air hangat berkontribusi besar guna membersihkan tubuh dari racun, serta melindungi sel kulit dari bahaya sengatan matahari siang bolong dalam waktu lama. Hal ini juga berguna untuk menjaga kekenyalan kulit, hingga membuat sel kulit yang rusak menjadi halus kembali.

23. Minum air hangat membantu Anda untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau, termasuk membantu agar ujung saraf di akar rambut aktif, agar vitalitas rambut terjaga.

24. Minum air hangat membantu pertumbuhan akar rambut, yang memaksimalkan proses pertumbuhan rambut.

25. Air hangat menjadi cara alami untuk meredakan rasa sakit. Hal itu karena punya efek menenangkan pada otot, terutama otot-otot di bagian perut, serta meningkatkan aliran darah. Sehingga mampu mengurangi gejala kram perut.

Efek Samping Minum Air Hangat


Banyaknya khasiat minum air hangat tidaklah mengharuskan kita untuk meminumnya secara terus menerus.

Ketika kondisi panas maka hindari minum air hangat karena bakal semakin bikin suhu tubuh panas, serta menguras energi.

Berikut efek samping minum air hangat:

  • Minum air hangat bisa melelahkan lambung
  • Tidak menghilangkan haus
  • Bila berlebihan minum air hangat berisiko merusak pencernaan
  • Bisa merusak organ tubuh jika air yang diminum terlalu panas




Baca Juga: