Bahaya Mesin Diesel Diisi Bensin (Jika Solar Tercampur Bensin)

Mobil diesel yang “meminum” solar dikenal lebih irit penggunaannya, serta tenaga dan torsinya yang dihasilkan besar.

Seperti diketahui, ciri khusus mobil bermesin diesel adalah suara dan getarannya, namun sekarang dengan penemuan teknologi yang lebih canggih, suara dan getaran mobil bermesin diesel bisa dihilangkan atau diminimalisir.

Itu membuat mobil diesel maupun mobil berbahan bakar bensin terasa hampir sama saja suara dan getarannya, akibatnya seringkali pengguna nggak sadar dan keliru mengisi mobil bermesin diesel dengan bahan bakar berjenis bensin.

Mesin diesel yang diisi bensin dampaknya bakal lebih parah dibandingkan bila mobil bermesin bensin diisi bahan bakar mesin diesel.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport | Sumber gambar: Wikipedia.org

Di dalam tangki bahan bakar, posisi BBM bensin ternyata berada di bawah BBM diesel, sehingga jenis BBM yang disuplai ke ruang mesin diesel adalah BBM bensin duluan, alhasil mobil bermesin diesel cenderung susah dihidupkan.

Seandainya pun menyala dengan cepat, itu jelas memakai sisa BBM diesel yang masih ada sebelumnya, kondisinya juga tidak optimal yang kemudian mesin berpotensi untuk mudah mati sendiri.


Apa Bahaya Jika Mesin Diesel Diisi Bensin?

Hal yang vital untuk selalu diingat, bahwa mesin diesel berkarakter 'high compression'. Bahkan ternyata perbedaan tingkat kompresinya dapat mencapai perbandingan 30:1 (sungguh sangat jauh perbedaannya).

Sehingga di dalam ruang bakar mesin diesel tidaklah dibutuhkan bahan yang bersifat 'high explosive'. Kendaraan yang harusnya diisi solar namun justru diisi bensin, maka dampaknya bisa sangat serius.

Bisa dikatakan hal tersebut seperti menuangkan bahan bakar yang sifatnya gampang meledak ke dalam mesin yang bekerja dengan tingkat kompresi yang tinggi. Akibatnya dapat berpotensi terjadinya pembakaran yang sifatnya prematur (knocking).

SPBU di Daerah Bali
SPBU di Daerah Bali | Sumber gambar: Wikimedia.org

Mesin diesel dengan karakter mesin berkompresi tinggi ini membutuhkan bentuk bahan bakar yang lebih kental dan tidak cepat terbakar, dalam hal ini solar yang digunakan untuk mobil bermesin diesel.

Suara Mesin Menjadi Kasar
Hal lainnya, kekeliruan pengisian bahan bakar seperti ini bisa memberikan efek berupa suara mesin jadi kasar, munculnya suara yang tidak biasanya menandakan adanya masalah (tidak normal), jangan meremehkannya. Selalu waspada ketika muncul suara-suara aneh dari mobil.

Suara mesin bisa terdengar semakin kasar ketika kesalahan pengisian bahan bakar ternyata dilakukan saat keadaan tangki kendaraan kosong sekali.

Tampaknya memang membuat tarikan mobil menjadi lebih bagus, hanya saja ada hal yang perlu diketahui berupa timbulnya masalah, dimana di dalam mesin nantinya berlangsung eksploitasi pembakaran.

Analoginya, seperti manusia yang memakai zat-zat doping ketika berolahraga. Memang tubuh akan memperoleh power dan tenaga yang maksimal, tapi lama-kelamaan penggunaan zat doping bakal dapat merusak fungsi organ tubuh.

Itu juga berlaku pada mobil apabila memakai bahan bakar yang tidak tepat, dampaknya akan menimbulkan masalah serius pada mesin mobil .

Mesin Kepanasan
Selain itu, jika mesin diesel diisi bensin nantinya bakal menyebabkan overhating (kepanasan). Apabila tingkat overheating sudah terlalu tinggi, maka bahayanya menyebabkan mobil turun mesin.

Nah, bila kejadian “bencana” turun mesin ini pada mobil kesayangan Anda, maka biaya perbaikannya dikira-kira dapat mencapai belasan juta.


Fuel Pump Bisa Rusak
Disebabkan spesifikasi yang dibuat pada mesin diesel tidak cocok dengan jenis bahan bakar bensin, dengan begitu penggunaan bensin pada mobil bermesin diesel bisa mengakibatkan fuel pump akan cepat rusak.

Tentunya yang namanya kerusakan pada bagian mobil (apapun itu) maka akan memakan biaya besar untuk perbaikannya.

Nozzle Injector Kotor
Penggunaan bensin pada mobil bermesin diesel lama-kelamaan juga akan berakibat pada komponen nozzle injector yang menjadi kotor.

Dampaknya membuat pedal gas walaupun sudah diinjak dalam-dalam, tapi mesin hanya akan mengeluarkan suara raungan tanpa menghasilkan tenaga yang cukup agar mobil bisa melaju dengan normal.

Filter Solar Tersumbat
Selain kesalahan ini bisa menyebabkan tersumbatnya nozzle injector sehingga kotor, akibat penggunaan bensin ini juga bisa menyebabkan tersumbatnya filter solar pada mobil diesel. Dampaknya performa kekuatan tarikan mesin jadi rendah.

Bagaimana jika sudah terlanjur mengisi mesin diesel dengan bensin?

Jika dalam kondisi demikian, maka hal yang perlu dilakukan yaitu menguras bensin di dalam tangki dan fuel pump mobil. Untuk melakukannya maka perlu bantuan mekanik.

Kemudikan kendaraan secara perlahan (kecepatan rendah), ingat jangan sampai Anda ngebut, jika mobil dibawa dengan kecepatan agak tinggi maka telah dipastikan bakal kejadian overhating.

Bawa mobil pelan-pelan menuju bengkel, setelah itu kuras tangki bahan bakar yang berisi bensin tersebut secara menyeluruh. Kemungkinan biayanya paling tinggi Rp 500 ribu.

Kalau bisa bawa mekanik datang ke rumah Anda atau tempat Anda berada, tapi jika tidak bisa sehingga membawa mobil ke bengkel, selalu ingat kendarai mobil dengan kecepatan rendah dan putaran mesin maksimal 1.000 rpm.

Sebenarnya, langkah terbaik jika sudah terlanjur salah mengisi bensin adalah jangan sama sekali menyalakan mesin kendaraan, sehingga mobil perlu diderek guna dibawa ke bengkel terdekat, untuk kemudian ditangani oleh mekanik yang bekerja menguras bahan bakar yang terlanjur salah isi.

Jangan Lupa
Selalu ingat, jangan sampai keliru dalam mengisi BBM sebab fatal akibatnya pada mesin mobil. Anda perlu menyampaikan informasi ini jika mobil diesel milik Anda dipinjamkan ke teman atau orang lain.

Dikhawatirkan mereka tidak menyadari bahwa kendaraan yang digunakan ternyata bermesin diesel, kalau dia isi dengan bensin bisa gawat nantinya.

Apakah Aman Mencampur Solar dengan Sedikit Pertamax di Mobil Bermesin Diesel?

Ini menjadi kebiasaan yang tidak jarang dilakukan orang-orang, seperti sebuah info berupa foto yang diunggah di Facebook grup Motuba.

Pada info yang diunggah tersebut, tampak pengendara mobil Low MPV yang bermesin diesel melakukan pengisian BBM berupa Bio Solar sebesar Rp240 ribu, dan kemudian dicampurkan Pertamax sebesar Rp10 ribu.

Metode itu dikiranya dapat memberikan hasil bagus berupa peningkatan power mesin diesel. Walaupun mencampurkan solar dengan pertamax yang hanya sedikit, namun hal ini bisa berdampak buruk bagi kendaraan, apalagi bila mesin dieselnya sudah commonrail.

Mencampurkan BBM pada mobil bermesin diesel berupa solar dengan sedikit pertamax (maupun pertalite) adalah hal yang perlu dihindari. Teknologi commonrail diesel memerlukan adanya pelumasan.

Oleh karena itu fungsi solar selain sebagai bahan bakar, juga guna melumasi commonrail tersebut. Sedangkan jenis BBM pertamax dan pertalite tidak memiliki fungsi itu.

Itu sebenarnya juga berlaku pada yang tidak commonrail. Jikapun Anda ingin mencampurkan solar maka campurkan dengan yang semacam, misalnya Dexlite dengan Bio Solar, atau Dex.

Adapun dampak dari mencampurkan solar dengan bensin menyebabkan menurunnya kemampuan pelumasan, yang akibatnya berpotensi ada komponen yang mengalami aus.

Jika mobil bermesin diesel diisi dengan bensin sepenuhnya (tanpa adanya solar), memang mobil akan tetap bisa berjalan sementara, tapi setelah itu mobil akan mogok dan menunjukan banyak gejala aneh.




Baca Juga: