28 Cara Membangkitkan Semangat Kerja di Pagi Hari

Rasa jenuh muncul dalam bekerja, hal ini dialami setiap orang, sehingga motivasi kerja yang menurun dalam suatu waktu bisa dibilang hal yang masih wajar.

Hanya saja semangat kerja yang lemah pastinya akan berdampak buruk pada produktifitas dan kualitas kerja, ini tentu tidak baik. 

Oleh karena itu, membangkitkan semangat kerja sangat penting agar seseorang bisa menggapai kesuksesan.
Tips Semangat Kerja

Tips Semangat Kerja


1. Renungkan Tentang Tujuan Anda Bekerja

Manakala semangat kerja benar-benar lemah, maka cobalah merenungkan dan mengingat apa niat Anda bekerja. Jika Anda telah berkeluarga, tentunya tujuan dari lelahnya bekerja yaitu supaya memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Jadi selalu ingat, semangat kerja Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Ingatlah anak-anak yang menjadikan Anda sosok teladan.


2. Miliki Kreativitas Tinggi

Melatih diri jadi kreatif nantinya membiasakan Anda dapat dengan mudah memunculkan ide-ide bagus, ini membuat semangat kerja naik drastis.

Agar tidak jenuh dalam pekerjaan, kreatif-lah dalam memunculkan ide-ide di pekerjaan atau aktivitas sehari-hari Anda. Tips semangat kerja yaitu jadilah orang yang memiliki kreativitas tinggi.

Orang yang terbiasa berkreativitas umumnya dapat memandang pekerjaan sebagai tantangan seru dan bukan suatu beban. Jadi orang yang kreatif membantu Anda selalu bergembira dengan pekerjaan Anda.

Hal-hal sederhana yang bisa membantu Anda jadi kreatif:
  1. Meja kerja rapi (jangan sampai berantakan).
  2. Cobalah dalam menulis gunakan spidol warna-warni, salah satu manfaatnya menjadikan pikiran tidak cepat jenuh.
  3. Agar bisa menjadi orang kreatif, maka tingkatkan pengalaman Anda.
  4. Jangan terlalu takut berbuat kesalahan. Hal itu karena ide baru dan kreatifitas terkadang keluar dari sebuah kesalahan.
  5. Beristirahat sejenak ketika Anda merasa lelah dan jenuh. Hindari memaksakan diri mengerjakan tugas atau pekerjaan ketika pikiran sudah mumet. Tidur membuat pikiran menjadi segar dan akan mengoptimalkan kreativitas kembali.
  6. Tidur malam yang cukup dan hindari kebiasaan begadang yang tidak perlu. Tidur dalam keadaan gelap bermanfaat untuk fungsi otak, dan membuat seseorang bisa lebih kreatif.

3. Miliki Target dalam Hidup dan Pekerjaan

Cara meningkatkan semangat kerja yaitu miliki target yang ingin dicapai. Dengan mempunyai target yang jelas dalam hidup dan pekerjaan, ini menjadi pendorong bagi Anda agar bekerja dengan selalu semangat.

Dengan adanya target maka Anda bakal berusaha untuk mencapainya. Namun, jangan membuat target yang muluk-muluk, buatlah target yang sesuai kemampuan diri. Adanya target akan memacu semangat.

4. Ciptakan Atmosfer Kerja yang Menyejukkan

Dunia kerja itu memang tidak seindah yang dibayangkan, dimana pekerja bakal bergelut dengan berbagai macam tugas, kemudian suatu saat mulai merasakan kejenuhan dan menurunnya semangat kerja.

Cara semangat kerja yaitu ciptakan atmosfer kerja yang mendukung. Misalnya, sangat penting untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman dan damai. Kondisi tempat kerja yang positif bakal membangkitkan semangat kerja.

Perhatikan kebersihan dan kerapihan tempat Anda, lalu juga yang sangat vital yaitu hubungan sosial antar karyawan. Jangan sampai atmosfer kerja terlalu kaku, perlu lebih cair.

Bekerja memang harus serius dan sungguh-sungguh, tapi sesekali Anda perlu bergurau dengan pekerja lainnya. Sebagian karyawan terlalu menjaga bahasa dalam berkomunikasi agar kelihatan lebih profesional, yang menurutnya tujuannya untuk menampilkan kewibawaan.

Namun jika terlalu berlebihan, menjadi penyebab kekurang-nyamanan di lingkungan kerja. Satu sama lain terlalu menjaga kewibawaan justru membuat suasana kaku dan tidak berkesan.

Maka perlu berkomunikasi dengan bahasa yang ringan saja, jangan terlalu formal. Yang penting adalah memperlakukan setiap orang di lingkungan kerja dengan rasa hormat, termasuk ketika terjadi perbedaan pendapat.


5. Bergaul dengan Orang yang Suka Bekerja Keras

Cara agar semangat kerja yaitu usahakan bergaul dengan mitra kerja atau orang-orang yang suka bekerja keras. Anda perlu berhati-hati dengan orang-orang yang sering mengeluh dan pemalas, karena sifat-sifat buruknya bisa saja menular pada diri Anda.

Sehingga hati-hati dalam memilih teman dekat. Usahakan berkumpul dengan orang yang suka tepat waktu, disiplin, tekun dll. Nantinya semangat tinggi dia akan menular pada Anda, berbagai hal positif darinya bisa mempengaruhi Anda.

6. Biasakan Jiwa Berpikir Positif

Tips agar semangat kerja yaitu positif thinking terhadap kehidupan. Misalnya, tidak rendah diri ketika melihat karyawan lain sukses. Justru dijadikan itu cambuk yang membuat bersemangat.

Berpikir positif sangat penting, sehingga jangan memikirkan hal-hal yang tidak penting atau bahkan hal yang negatif.

Hindari dari berlama-lama berkeluh kesah, mengisolasi diri dan semacamnya. Apapun keadaannya dan bagaimanapun situasinya, sebenarnya ada saja jalan keluarnya.

Hanya saja banyak orang yang lemah dalam berusaha. Oleh karena itu, hindari sering larut dalam perasaan dan emosi.

Orang yang terbiasa pikirannya diisi dengan hal-hal positif akan memiliki semangat kerja yang tinggi. Bahkan jika muncul hambatan, justru semangatnya menjadi lebih tinggi.

Hal ini berbeda dengan sebagian orang yang baru menemui gangguan sedikit saja, tetapi sudah patah semangat.

7. Permudah Pekerjaan Anda

Kondisikan agar pekerjaan sesulit apapun namun dirasakan mudah untuk dikerjakan. Dimana seringkali ketika melihat suatu tugas atau pekerjaan yang berat, menyebabkan down dan semangat memudar.

Anda perlu mengkondisikan agar pekerjaan bisa menjadi lebih simple dikerjakan. Misalnya membagi tugas besar ke dalam bagian tugas-tugas kecil, sehingga tampak lebih enteng. Dan contoh-contoh semacamnya.

Anda perlu berpikir untuk mengkondisikan pekerjaan Anda menjadi lebih nyaman sehingga bisa membuat semangat kerja selalu tinggi.


8. Tanamkan Beberapa Prinsip Diri

Misalnya, masukan ke dalam pikiran bahwa bekerja bukanlah beban, jadikan bekerja layaknya hobi, cintai pekerjaan yang ditekuni. Juga miliki motivasi, misalnya Anda ingin beli laptop, maka mulai menyisihkan gaji untuk membelinya. Dengan adanya motivasi tertentu, akan 'mencambuk' Anda untuk semangat kerja.

9. Sisihkan Waktu untuk Hiburan

Cara membangkitkan semangat kerja yaitu perlu adanya relaksasi. Kejenuhan bisa dihilangkan dengan beristirahat dan melakukan aktivitas yang menghibur.

Di kantor biasanya terdapat jatah cuti dalam setiap tahunnya, maka manfaatkan jatah cuti tersebut untuk merefesh pikiran, sehingga nantinya semangat akan kembali muncul.

10. Hindari Mengeluh Berlebihan

Perlu diwaspadai karena sifat suka mengeluh ini berdampak buruk pada psikologis, dan menyebabkan suasana hati jadi buruk. Cobalah membiasakan diri untuk memasang wajah cerah, ini berefek positif terhadap psikologis.

11. Lakukan Hal Apapun yang Bisa Kembalikan Mood

Ketika Anda mulai merasakan lelah dan pikiran jenuh di kantor, Anda bisa melakukan sesuatu yang nantinya bisa membuat perasaan senang. Hal seperti ini tampaknya harus dilakukan saat rasa jenuh muncul untuk mengembalikan mood.


12. Kunjungi Tempat yang Buat Anda Tenang

Begitu banyak tempat yang dapat Anda kunjungi ketika jiwa sudah merasa jenuh, sehingga nantinya pikiran fresh dan semangat kembali.

Disarankan agar menyempatkan waktu pergi ke tempat yang hijau seperti desa, pegunungan, taman kota dan berbagai tempat hijau lainnya. Atau bisa berolahraga di tempat terbuka yang memiliki suasana sejuk, tenang dan membuat nyaman.

13. Jauhi Orang Toxic

Tips semangat kerja yaitu berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan atau membuat Anda bahagia, lalu jauhi orang yang toxic.

Terutama ketika Anda dalam kondisi mumet dan tidak bersemangat, cobalah untuk bergabung dengan orang-orang yang ramah dan bisa menghibur Anda.

Carilah teman-teman yang bijak dan kata-katanya terjaga. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang dan bahagia saat bersama mereka, menjadikan suasana hati Anda lebih baik.

14. Harmonis dengan Rekan Kerja

Tips agar semangat kerja yaitu jaga komunikasi yang baik dan bersahabat di lingkungan kerja. Sangat penting menjaga lingkungan kerja agar kondisinya harmonis dan kondusif, karena menjadikan Anda nyaman dalam bekerja.

Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja, hindari terlalu memaksakan kehendak diri sendiri, jangan berkata kasar, dan penting untuk menghargai rekan kerja di dekat Anda.

15. Pikirkan Hal Menyenangkan

Cara meningkatkan semangat kerja yaitu pikirkan sesuatu yang positif atau menyejukkan hati. Misalnya, renungkan apa saja yang telah diperoleh selama menjalani pekerjaan, coba bayangkan kalau Anda tidak bekerja. Berpikir seperti ini bisa menumbuhkan semangat.


16. Miliki Teladan

Contoh rekan kerja Anda yang berdedikasi, dekati orang-orang yang terlihat sangat mencintai pekerjaannya. Memperhatikan mereka dan berusaha mencontoh bisa memberikan efek semangat bagi diri Anda.

Anda perlu memperhatikan cara mereka dalam menanggulangi beban pekerjaan yang begitu berat. Manfaatkan keberadaan orang-orang rajin di sekitar Anda sebagai inspirasi dan penambah motivasi bagi diri Anda.

17. Rancang Masa Depan Anda

Ketika mengalami saat-saat yang menjenuhkan, daripada bengong cobalah menata agenda masa depan Anda. Dengan memiliki planning masa depan seperti ini, bisa menjadi penambah motivasi bagi jiwa Anda.

18. Beri Waktu Diri untuk Rileks

Ketika kondisi pikiran sangat mumet, lelah dan jenuh maka jangan memaksakan diri. Cobalah beristirahat agar membuat Anda jadi rileks. Sehingga pikiran jadi fresh dan jiwa kembali semangat.

19. Olahraga

Cara membangkitkan semangat kerja yaitu sediakan waktu untuk olahraga. Manfaat olahraga selain sehat bagi tubuh, juga untuk menstabilkan emosi jiwa, meningkatkan mood, menghilangkan stres dan penat. Berolahraga membuat jiwa penuh dengan semangat dan energi.

20. Hindari Jadi Orang yang Terlalu Takut Salah

Perasaan takut salah atau takut gagal sehingga tidak berani untuk mencoba merupakan hal buruk. Rasa takut seperti ini akan membunuh fighting spirit Anda, semangat pun menjadi lemah karenanya. Hendaknya Anda memupuk jiwa yang berani sehingga membuat Anda lebih bersemangat dalam kehidupan.

21. Bangun Pagi

Cara semangat kerja yaitu biasakan bangun pagi. Tidur lebih awal berguna agar bisa bangun pagi. Bangun pagi bermanfaat untuk membuat tubuh sehat, bergairah, penuh semangat, pikiran fresh dan mendapatkan udara segar.

Selain itu juga untuk mencegah Anda berangkat kerja terburu-buru. Berangkat terburu-buru bisa menyebabkan bad mood, yang bisa menghancurkan semangat kerja Anda.

22. Miliki Hobi

Dengan memiliki hobi, nantinya bisa Anda salurkan ketika muncul rasa jenuh karena pekerjaan yang menumpuk. Lakukan hobi yang disukai seperti travelling, memasak, membaca dan banyak lainnya. Setelah melakukan hobi yang disukai, biasanya menumbuhkan kembali rasa semangat.

23. Kualitas Tidur Malam

Tips agar semangat kerja yaitu pastikan kecukupan dan kualitas tidur malam terpenuhi dengan baik. Pastikan tidur yang cukup dan berkualitas, hendaknya tidur tidak kurang dari enam jam.

Ini penting agar Anda terhindar dari kelelahan yang mengakibatkan semangat kerja hilang. Kurang tidur pada malam hari mengakibatkan kesehatan mental menurun, serta Anda di keesokan harinya akan lemas, tidak semangat dan gampang lelah.

Selain itu, untuk memperoleh tidur yang berkualitas maka disarankan tidur dalam kondisi gelap gulita, matikan lampu saat tidur.

24. Biasakan Sarapan Pagi

Usahakan agar sebelum berangkat bekerja untuk melakukan sarapan, disinilah pentingnya bangun lebih pagi agar Anda bisa sarapan dengan tenang, dan juga berangkat dengan tenang.

Manfaat sarapan ini agar Anda bisa memiliki energi melimpah dan semangat tinggi dalam menjalani aktivitas atau pekerjaan.

25. Cintai Pekerjaan Anda

Dengan mencintai pekerjaan, Anda baru bisa menikmati saat-saat bekerja, janganlah Anda membenci pekerjaan Anda sendiri. Jadikan diri melakukan pekerjaan dengan senang hati. Menikmati pekerjaan yang dijalani membuat timbulnya semangat.

26. Ketahui Hal yang Membuat Anda Bosan

Anda bisa membuat daftar tentang apa saja yang menyebabkan Anda menjadi bosan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab dibalik timbulnya rasa bosan dan tidak semangat.

Catat berbagai hal yang menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman dan bosan saat bekerja, sehingga nantinya Anda tinggal mencari cara untuk mengatasinya.

27. Bertanyalah pada Senior Anda

Di tempat kerja tentunya Anda mempunyai seorang senior yang telah lebih dulu bekerja dan memiliki pengalaman bekerja yang lebih banyak. Cobalah bertanya, bagaimana dia bisa mengatasi masalah yang sama dengan yang Anda alami.

28. Renungkan! Kalau Tak Bekerja, Mau Ngapain?

Tentunya bekerja sangat penting, selain untuk memperoleh penghasilan juga agar Anda bisa mengisi waktu Anda. Tentunya Anda akan bingung sendiri jika tidak bekerja, apakah hanya bengong saja di depan TV terus-terusan?




Baca Juga: