17 Cara Mudah Menghafal (Tidak Mudah Lupa)

Tentunya umumnya orang ingin sekali agar bisa cepat menghafal sesuatu yang ingin diingatnya, sangat menyenangkan jika mampu menghafal segala sesuatu dengan cepat.

Menghafal bsa dikatakan aktivitas yang cukup sulit karena membutuhkan kekuatan pikiran ekstra untuk melakukannya, namun sebenarnya hambatan terbesar dalam menghafal yaitu anggapan menghafal adalah hal yag super sulit.

Untuk menghafal memang membutuhkan usaha yang cukup keras, namun bukan berarti hal itu tidak mungkin dilakukan. Terdapat kiat-kiat tertentu agar Anda bisa menghafal dengan lebih efektif.

Cara Mudah Menghafal

Berikut di bawah ini cara melatih diri agar bisa menghafal dengan mudah, cepat & efektif:

1. Pastikan Tidur Anda Nyenyak dan Berkualitas
Hal ini yang menjadi kunci utama. Dilansir dari laman Kompas.id, Giulio Tononi, peneliti dari Center for Sleep and Consciousness Fakultas Kedokteran Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, membuat sebuah permisalan bahwa tidur bagaikan ongkos yang harus dibayar supaya otak bisa optimal untuk menghafal dan bejalar hal-hal baru.

Giulio Tononi bersama koleganya yaitu Chiara Cirelli, membuat penelitian untuk mengetahui berbagai manfaat tidur untuk memaksimalkan fungsi otak.

Mereka melakukan penelitian dengan mempelajari pola kebiasaan tidur dan juga kondisi kesadarannya. Obyek penelitiannya adalah hewan seperti lalat buah, hingga manusia.

Dari penelitian yang dilakukan oleh tim mereka, Giulio Tononi menjelaskan bahwa tidur membantu otak untuk bisa menormalisasi kekuatan sinaps untuk keesokan harinya. Itu artinya daya ingat bisa lebih kuat nantinya.

Sinaps ini berkembang pada sel-sel otak, dan ini terjadinya utamanya pada masa kanak-kanak. Pada masa balita ini merupakan masa emas bagi bagusnya tingkat kecerdasan manusia. Sehingga tidak mengherankan bahwa pada masa balita, manusia akan belajar berbagai hal dengan sangat cepat.

Adapun pada penelitian lainnya yang dilakukan oleh Masako Tamaki, peneliti dari Universitas Brown ini menemukan bahwa tidur terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kualitas belajar (termasuk membuat hafalan lebih kuat).

Bersama koleganya yaitu Yuka Sasaki, Tamaki membuat sebuah penelitian mengenai daya ingat yang melibatkan sebanyak 15 orang.

Pada 15 relawan yang dilakukan penelitian padanya tersebut, sebanyak sembilan orang diperbolehkan tidur atau istirahat yang cukup selama tiga hari pertama, seusai memperoleh tugas baru.

Adapun enam orang lainnya diminta untuk tidak tidur setelah menerima tugas baru.

Dari hasil penelitiannya, maka para peneliti menemukan mereka yang beristirahat cukup ternyata bisa menjalankan tugas dengan lebih baik dan akurat daripada mereka yang tidak memperoleh waktu istirahat.

Mengetahui hasil penelitiannya ini, Yuka Sasaki langsung memberikan komentar bahwa tidur bukanlah hal yang membuang-buang waktu. Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Neuroscience edisi 21 Agustus 2013.

Mengenai fakta manfaat tidur ini, maka bukanlah hal yang mengherankan jika di Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya, para pelajar dan mahasiswa diminta untuk tidur yang cukup menjelang hari ujian.

Raphaelle Winsky-Sommerer, peneliti dari Universitas Surrey mengatakan bahwa tidur memberikan manfaat untuk membantu merestorasi fungsi sel-sel otak, serta kemungkinan juga melindungi otak dari racun. Hal berarti juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan kemampuan menghafal.

Beberapa tips agar Anda bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas:
  • Tidur dalam kondisi gelap (mematikan lampu).
  • Lakukan olahraga tubuh saat pagi hari.
  • Hindari mengonsumsi makanan berat 2 jam menjelang tidur.
  • Hindari mengoperasikan laptop, komputer, gadget dan semacamnya 1 jam sebelum tidur.
  • Usahakan agar jadwal tidur Anda teratur.
  • Minimalisir dari melakukan begadang, hindari tidur larut malam.
  • Berwudhu sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi segar.

Memiliki tidur yang berkualitas dan nyenyak sangat penting agar kemampuan menghafal Anda bisa lebih baik.

2. Saat Menghafal, Lakukan Beberapa Gerakan Kecil
Anda bisa menghafal sembari melakukan gerakan sederhana seperti berjalan bolak-balik, menggerakan kepala seperti orang India, atau gerakan-gerakan kecil lainnya yang kondisinya tetap memungkinkan bisa dilakukan sambil menghafal.

Sebagian orang bisa menghafal lebih baik dengan melakukan cara ini. Namun perlu diketahui, hindari menghafal sambil melakukan pekerjaan (memasak, mengemudi, mengoperasikan mesin, dll) yang memerlukan fokus tinggi, karena bisa sangat membahayakan jiwa.


3. Mengulang-ulang Hal Yang Dihafal
Kegiatan menghafal ini memerlukan banyak waktu, dimana agar hafalan mantab dan bisa permanen di pikiran maka ulang-ulangi mengucapkan apa yang telah Anda hafal.

Sehingga manfaatnya adalah menjadikan hafalan bisa terekam sempurna di pikiran. Walaupun setiap orang memiliki kemampuan menghafal yang berbeda-beda, namun secara umum agar hafalan bisa permanen (tidak gampang lupa) maka perlu diulang-ulang.

Dengan begitu, jika ingin menghafal maka siapkan waktu yang cukup banyak.

4. Penting Untuk Bisa Berkonsentrasi Penuh
Agar bisa lebih cepat dalam menghafal, serta hafalan lebih kuat, maka sangat penting agar Anda memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi.

Menghafal sangat memelurkan konsentrasi, kalau tidak mampu berkonsentrasi maka Anda tidak akan bisa hafal-hafal pada apa yang ingin Anda hafal.

Agar bisa konsentrasi, maka sebelum menghafal bulanglah semua pikiran yang menganggu. Misalnya, Anda setelah bermain game maka terus kepikiran tentang game tersebut.

Jika masih kepikiran seperti itu maka Anda akan sulit untuk menghafal karena pikiran Anda akan terpececah, sedangkan agar bisa menghafal dengan baik maka Anda harus fokus 100% pada apa yang ingin dihafal.

Agar bisa berkonsentrasi, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Yang pertama, kondisikan jiwa agar dalam keadaan yang sangat tenang, kondisi tenang seperti ini akan membuat Anda bisa lebih berkonsentrasi.

Yang kedua, lakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak, dimana darah berfungsi dalam pengiriman oksigen ke semua bagian tubuh.

Dengan begitu, lakukan aktivitas-aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah, yang manfaatnya untuk meningkatkan konsentrasi.

Lakukan aktivitas fisik seperti olahraga, jalan-jalan sesaat, dll dalam rangka memperlancar alirkan oksigen ke otak.

Yang ketiga agar Anda bisa tetap berkonsentrasi, maka singkirkan dahulu yang namanya gadget, berbagai suara notifikasi yang masuk akan dapat merusak konsentrasi. Anda bisa silent sementara smartphone milik Anda.

Hal-hal tersebut sangat penting agar Anda bisa menghafal dengan baik.

5. Teknik MNEMONIC Untuk Memudahkan Menghafal
Teknik mnemonic ini telah dikenal sejak zaman Yunani dan Romawi kuno, yang teknik ini masih dipakai sampai saat ini. Banyak kalangan yang memanfaatkan teknik mnemonic  ini seperti ahli pemasaran, pengacara hingga pelajar.

Apakah mnemonic itu? Pada intinya, mnemonic merupakan sebuah teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu. Menurut Stine, mnemonic merupakan kemampuan pikiran untuk menghubungkan kata-kata, ide, dan khayalan.

Terdapat banyak teknik mnemonic, salah satunya yaitu metode berkait. Dimana jika satu pikiran muncul maka akan disusul dengan pikiran lainnya yang masih saling berkaitan. Dengan mengaitkan pikiran-pikiran tersebut maka akses untuk mengingat menjadi lebih mudah.

Tentunya teknik mengingat seperti in bukan hanya teori saja, akan tetapi teknik seperti ini perlu dipratekan dan dilatih secara terus-menerus, sehingga akhirnya mahir menggunakan teknik ini.

Untuk penggunaan teknik ini, (1) siapkan kata kunci yang harus diingat, (2) kaitkan kata-kata tersebut antara satu dengan yang lain, (3) buat visualisasi (khayalan) di dalam pikiran Anda, (4) panggil ulang kata-kata tersebut.

Misalnya jika Anda diminta untuk terus mengingat secara permanen berupa 6 kata yaitu: Rusia, Amerika, Wanita, Putih, Awan, Banjir.

Agar jangan sampai lupa dalam menghafalnya, maka bisa dibantu dengan mengaitkan antara satu sama lainnya menggunakan teknik mnemonic.

Contoh: Rusia, Amerika, Wanita, Putih, Awan, Banjir
“Rusia” berperang dengan “Amerika”
Dari hasil perang ditawanlah para “Wanita”
Umumnya tawanan wanita berkulit “Putih”.
Kulitnya putih bagaikan “Awan”.
Dari awan yang mendung maka turun hujan deras yang membuat “Banjir”.

Teknik mnemonic ini bisa dipakai untuk meminimalisir terjadinya lupa dari apa yang telah dihafal, kita bisa mengaitkan antara satu kata dengan kata lainnya melalui sebuah kejadian yang mudah dikenang oleh hati dan pikiran.

Sehingga ketika Anda lupa pada satu hal maka tinggal dikaitkan dengan hal lainnya, maka Anda bisa mengingatnya kembali.

Jika mengingat satu pikiran, maka pikiran lainnya secara otomatis akan mengikuti. Kaitan yang tersusun bagaikan sebuah cerita itu sangat bagus untuk mencegah terjadinya lupa hafalan. Kata-kata yang semula seperti tidak saling berhubungan, maka sekarang terlihat tampak logis semuanya dan saling terkait.

Contoh diatas adalah contoh paling sederhana, agar Anda mahir maka harus terus melatih diri dalam menggunakan teknik tersebut.

Metode lainnya dari teknik ini, yaitu teknik menggambarkan sesuatu di pikiran. Menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkannya di pikiran menjadi sesuatu yang bersifat nyata.

Contohnya:
  • Yogyakarta -- digambarkan dengan Borobudur.
  • Jakarta -- digambarkan dengan monas.

Metode lainnya yang dapat dilakukan yaitu teknik persamaan bunyi. Contohnya:
  • “Irak” bisa lebih mudah diingat dengan membayangkan benda berupa “rak”.
  • “Singapura” dibayangkan dengan hewan berupa “singa”.

Seperti dijelaskan sebelumnya, teknik ini bukanlah sekedar teori, yang setelah diketahui tetapi tidak melatih diri untuk mempratekannya. Anda harus banyak latihan sehingga Anda nantinya terbiasa dalam melakukan teknik ini. 


6. Teknik Akronim (Mnemonic Acronym System) dan Akrostik (Mnemonic Acrostic System)
Ini masih seperti teknik-teknik diatas, teknik akronim yaitu dengan menjadikan setiap huruf awal dari suatu kelompok kata (kalimat) menjadi suatu kata baru. Beberpa contohnya yang sudah populer yaitu:
JABOTABEK (Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi)
ASEAN (Association of South East Asian Nations)

Nah, gunakan imajinasi Anda dalam menggunakan teknik ini. Misalnya Anda akan melakukan beberapa hal yaitu: bersih-bersih, cuci pakaian, mandi, masak, dan olahraga.

Agar anda jangan lupa dengan semua kegiatan tersebut, maka buatlah akronimnya yang mudah dicerna dan diingat, yaitu “BC-M2O”.

Teknik akrostik adalah penggunaan awal setiap kata dari suatu kelompok kata, yang juga bisa disingkat dalam suku kata menjadi sebuah kalimat baru.

Contohnya warna pelangi “Mejikuhibimu”, maksudnya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

7. Fokus pada Kata Kunci
Teknik ini dengan mengambil kata kunci dari setiap poin yang ingin dihafal. Matroji (2004) mengatakan bahwa teknik kata kunci ini bisa dipakai untuk mengingat kata inti dari informasi yang ingin diingat.

Sebagai contoh Anda ingin mengingat informasi tentang tugas Dewan Keamanan Liga Bangsa-bangsa yang terdiri, yaitu“(1) Menyelesaikan perselisihan-perselisihan internasional, (2) Menjaga negara-negara anggota terhadap serangan negara-negara lainnya, (3) Pengurangan senjata, (4) Membela dan melindungi Liga Bangsa-Bangsa,”.

Agar bisa dengan mudah menghafalnya, maka ambilah kata kunci dari masing-masing poin tersebut, yakni perselisihan, serangan, senjata, dan pembelaan.

Kata-kata kunci ini sangat mudah dihafal, dengan menghafal kata kunci dari setiap poin, sehingga nantinya Anda bisa lebih mudah untuk membayangkan tugas lengkap Dewan Keamanan Liga Bangsa-bangsa.

8. Memory Sport
Sebagaimana halnya otot tubuh bisa dilatih, demikian juga otak juga bisa dilatih. Ketika rajin berolahraga maka otot tubuh akan bertambah kuat, dan tubuh secara umum lebih sehat.

Demikian juga dengan otak jika rajin diasah, jika rajin mengolah dan mengasah informasi yang masuk ke otak, maka hal ini membaut otak menjadi ikut terbiasa.

Ingatlah pepatah "Bisa Karena Biasa", apabila Anda malas dan tidak pernah mau mengolahragakan otot maupun otak, maka otot maupun otak bisa menjadi lemah.

Dengan begitu, selain mengolahragakan otot tubuh, hendaknya Anda selalu mengolahragakan otak.

Untuk mengolahragakan otak, Anda bisa melakukan seperti mengisi TTS (teka teki silang). Anda bisa sering-sering mengisi TTS, yang bermanfaat untuk membantu mengasah otak.

Mengisi TTS cara yang paling simple dan mudah untuk mengolahragakan otak, saat mengisi TTS maka otak secara tidak langsung ikut terlatih untuk dapat mengolah kata-kata sembari juga memperkuat daya ingat.

Mengolahragakan otak bisa dilakukan dengan cara belajar bahasa asing, yang akan mengasah otak dan membuat hafalan bisa lebih kuat. Ketika belajar bahasa asing maka akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara dari kecil. 

Pada sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa bisa meningkatkan suplai darah ke otak, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan saraf.

9. Istirahat Yang Cukup

Istirahat Yang Cukup
Istirahat Yang Cukup | Sumber gambar: Pixabay.com

Sudah umum diketahui bahwa memaksakan diri bukanlah hal yang baik, karena akan menyebabkan dampak negatif. Tubuh yang memperoleh istirahat yang cukup sangat penting agar bisa menghafal dengan lebih baik.

Sejenius apapun seseorang, tetap saja sangat memerlukan yang namanya istirahat. Istirahat yang cukup membuat daya ingat meningkat.

Selain itu istirahat yang cukup ternyata juga bermanfaat untuk menghasilkan ide-ide.

Menghafal sebenarnya akan menguras banyak energi, sehingga penting untuk beristirahat agar hafalan bisa maksimal.


10. Mempersiapkan Segala Sesuatunya
Langkah awal yang penting untuk mengoptimalkan menghafal yaitu memperhatikan lingkungan yang dipilih. Hendaknya menghafal dilakukan di tempat yang benar-benar aman dari gangguan dan hiruk pikuk, sehingga Anda nantinya bisa lebih berkonsentrasi dalam menghafal. Carilah tempat yang paling kondusif untuk mulai menghafal.

11. Menghafal dalam Kondisi Segar
Ketahuilah waktu dimana kekuatan otak yang paling maksimal bekerja saat itu. Orang-orang memiliki waktu masing-masing mengenai kekuatan otaknya. Ada yang mudah menghafal saat tengah malam, pagi hari, sore hari, atau sebelum tidur.

Nah, ketahui mana waktu yang mana yang paling cocok dengan diri Anda. Kondisikan pikiran agar selalu segar, mudah berkonsentrasi, dan lebih bersemangat. Hal ini akan membuat hafalan bisa lebih kuat. Anda bisa sebelum menghafal melakukan mandi agar tubuh dan pikiran menjadi terasa segar.

12. Catat Kembali Apa yang Dihafal
Kalau bisa catatlah kembali semua informasi yang sudah melekat di pikiran Anda, hal ini akan membuat informasi tersebut bisa lebih kuat diikat di pikiran.

Saat mencatat maka otak akan ikut bekerja untuk menghafal apa yang dicatat. Selain itu, mencatat apa yang telah Anda hafal bisa sebagai evaluasi atas hafalan yang Anda lakukan.

Anda juga bisa menulis terlebih dahulu sebelum memulai menghafal, hal ini berguna agar Anda bisa lebih mudah menghafalnya.

Terlebih dahulu tulis semua yang akan dihafal. Setelah Anda merasa akrab dengan apa yang ditulis tersebut, maka hal ini bisa membantu Anda untuk bisa lebih baik dalam menghafal.

13. Lakukan Langkah Pengulangan
Kalau bisa pada setiap baris teks, Anda ulangi beberapa kali (3 kali atau lebih) sampai Anda akhirnya benar-benar menghafalnya, jangan berpindah ke teks yang lain sebelum menghafal bagian sebaris tersebut secara mendalam.

Mengulang-ulang berguna agar hafalan bisa lebih permanen, sehingga tidak mudah lupa. Perlu diakui bahwa pekerjaan menghafal ini membutuhkan banyak waktu.

Waktu yang banyak diperlukan untuk mengulang-ulang hafalan sehingga mencegah hafalan memudar.

14. Menghafal dengan Bantuan Sticky Notes

Sticky Notes
Sticky Notes | Sumber gambar Wikimedia.org

Cara ini untuk mempermudah proses menghahal, dan hafalan bisa lebih permanen. Sticky notes umumnya bisa diperoleh dengan mudah dipasaran.

Terdapat beberapa pilihan warna, hendaknya Anda menyiapkan 3-4 warna. Tidak perlu terlalu banyak variasi warna, karena malah akan membuat pusing nantinya.

Nantinya, apa yang telah dihafalkan maka tulis kembali pada lembaran sticky note yang memilikii warna berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Dengan lembaran yang warnanya berbeda-beda ini, sedikit banyak bisa membantu Anda dalam menghafal dengan lebih kuat akurat.

Informasi yang dihafal nantinya secara otomatis akan dikelompokan di pikiran dengan warna yang bebeda-beda. Selain itu, warna-warni ini juga bisa membuat pikiran lebih segar dalam menghafal.

15. Ajarkan Kepada Orang Lain
Ajarkan atau paparkan apa yang telah Anda hafal pada orang lain, maka hal ini membuat hafalan Anda menjadi lebih kuat lagi.

Saat mengajarkan pada orang lain maka pikiran akan menggunakan dan memanggil kembali informasi yang ada di pikiran, yang dengan begitu informasi tersebut akan bisa lebih permanen tersimpan di otak.

16. Manfaatkan Rekaman
Anda disarankan merekam hal-hal yang dihafal, setelah itu dengarkan kembali rekaman tersebut dengan sesering mungkin. Dengan melakukan hal ini, maka sangat efektif untuk memperkuat apa yang telah dihafal.

17. Konsumsi Makanan Bergizi yang Baik untuk Otak
Salah satu makanan yang sangat bagus dikonsumsi untuk memperkuat hafalan adalah kismis. Makanan ini telah diteliti oleh para ilmuwan, hasil penelitiannya menunjukan kismis bermanfaat bagi kesehatan otak, dan memperkuat hafalan.

Buah kismis memiliki kandungan beberapa antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari keusakan. Buah kismis mengandung magnesium, zat besi, kalsium, potassium, dan vitamin BI, B3 serta B6. Diantara khasiat kismis yaitu sangat baik untuk kesehatan dan fungsi otak.

Makanan lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu:

Ikan segar, kandungan di dalamnya sangat baik untuk nutrisi otak. Di dalam ikan terkandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi otak. Kandungan asam lemak omega 3 terdapat di dalam ikan salmon, tuna dan sarden.

Pisang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk otak. Di dalam buah pisang tedapat kandungan  kalium dan magnesium yang berfungsi untuk mentransmisi saraf di tubuh dan otak.

Bayam memiliki kandungan vitamin B9 yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat serta kecerdasan otak.

Beras merah memiliki banyak kandungan protein yang memberikan nutrisi sangat baik ke otak.

Cokelat mengandung Flavonoid yang bermanfaat untuk memaksimalkan proses pembentukan sel saraf baru pada otak, sehingga manfaatnya mampu menambah kemampuan dalam menyimpan ingatan di dalam memori otak.

Ada banyak pilihan makanan untuk asupan otak, Anda juga bisa mengonsumsi telur, jagung, susu, madu, ikan, kacang, millet, jagung, bayam, daun mint, buah anggur, blueberry, jeruk, alpukat, nanas, wortel, kubis, aprikot, wortel dan air zam-zam.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan jenis junk foods, instan dan gorengan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan dan fungsi otak. Hendaknya Anda mengutamakan mengonsumsi makanan bergizi.

Trik Manjur Menghafal Materi Kuliah Agar Ujian Lancar

#1. Tulis ulang pelajaran yang telah diterima di kelas. Namun ingat, gunanakn metode tulis tangan, jangan diketik.

Berdasarkan penjelasan dari seorang psikolog pendidikan dari University of Nebraska yaitu Kenneth Kiewra, menjelaskan bahwa dengan menulis maka hal ini menjadikan fungsi otak dalam mengingat dan memahami menjadi lebih tajam kerjanya.

Mencatat dengan metode tulis tangan bisa membuat Anda bisa mengingat dan memahami pelajaran dengan lebih baik.

#2. Buatlah di secarik kertas kata kunci dan poin-poin penting, lalu masukkan ke dalam saku Anda. Bawa terus catatan tersebut kemana pun Anda pergi.

Pada catatan tersebut tulis berbagai poin-poin penting dari pelajaran yang Anda pelajari di kelas. Nah, kemudian saat ada waktu luang (walaupun hanya beberapa menit) bacalah poin-poin tersebut. Cara ini sangat efektif untuk memanfaatkan waktu Anda untuk menghafal pelajaran.

#3. Pakai teknik jembatan keledai, cara ini bisa mengasah kreativitas, dan biasanya digunakan untuk menghapal istilah-istilah asing. Contoh penggunaannya, ketika Anda ingin menghafal klasifikasi hewan vertebrata yang tergolong dari lima kelas, yaitu pisces, amphibi, reptilia, aves dan mamalia.

Maka untuk menghafalnya dibuat sebuah kalimat sederhana yaitu "pisang, ambon, rasanya, agak, manis".

Anda ambil satu huruf di depan sebuah istilah, kemudian ditukar dengan kata-kata sederhana. Dengan cara ini membantu untuk menghindari lupa pada istilah yang telah Anda hafal.

#4. Baca ulang apa yang dihafal di tempat yang nyaman, seperti di kamar, pinggir kolam rumah pribadi Anda dan tempat-temat yang cenderung sepi.

Barasa di suasana yang nyaman sangat penting agar menjadikan otak tenang dan rileks, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mencerna hal-hal yang dibaca.

#5. Belajarlah berkelompok, manfaatnya akan membuat Anda bisa lebih memahami isi pelajaran, serta bisa mengingat pelajaran dengan lebih baik.

#6. Setelah istirahat cukup, maka bacalah pelajaran yang telah dicatat. Dijamin Anda bisa lebih mudah dan cepat dalam menghapal, karena pikiran Anda saat itu sedang segar-segarnya.

#7. Mintalah orang-orang disekitar agar membuat pertanyaan dari buku catatan Anda, semacam tanya-jawab begitu. Dengan cara ini, berguna agar Anda dapat mengingat jawaban atas pertanyaan yang disebutkan. Nah, siapa tahu pertanyaannya sama dengan yang keluar di lembar ujian.


Tulisan Terkait: