15 Kiat Menggapai Kesuksesan yang Penting Anda Praktekan

Tentunya semua manusia ingin hidupnya sukses, tidak ada orang yang bercita-cita ingin menjadi orang gagal. Dengan kesuksesan yang dimiliki, maka seseorang akan bisa menjalankan hidup dengan lebih nyaman dan bahagia.

Umumnya orang menganggap kesuksesan itu adalah dari banyaknya harta yang dimiliki, namun sebenanya kesuksesan itu tidak melulu soal harta. Sukses itu adalah ketika seseorang meraih apa yang diinginkannya, dan dia sangat bersyukur dengan hal itu.

Dengan puas dan bersyukur inilah, maka seseorang akan menjalani hidup dengan bahagia, dan tidak lagi iri dengan orang lain.

Dimana jiwa yang penuh dengan rasa iri dan dengki pada orang lain akan menjadi musibah, yang membuat hati sempit, serta tidak membuat seseorang bahagia.

Kiat Menggapai Kesuksesan

Kiat-kiat Agar Menjalani Hidup dengan Kesuksesan dalam Segala Hal:

1. Renungkan, Tujuan Bukan Hanya Uang
Sebuah kesalahan jika menilai sukses itu hanya masalah uang, karena umumnya uang memang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup, namun uang tidak bisa membeli semua hal, termasuk kebahagiaan.

Sebagai contoh, ketika Anda berhasil mendirikan sebuah persuahaan, entah itu perusahaan besar atau kecil, namun berbahagialah bahwa Anda telah berhasil membuka lapangan kerja. Dan ini merupakan kebahagiaan tersendiri, karena Kita bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan begitu, kesuksesan memang bisa berarti memiliki uang yang banyak, tapi selain itu kesuksesan juga berarti berhasil mencapai keinginan, berhasil menjadi orang yang bermanfaat untuk lingkungan bersama, berhasil menaklukan tantangan dalam hidup, dan banyak hal lainnya.

2. Hidup dengan Penuh Tanggung Jawab
Agar menjadi orang yang sukses, maka syarat awalnya harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi di dalam dirinya. Dia harus memiliki tanggung jawab atas hidupnya sendiri.

Seperti seorang pelajar, maka dirinya harus menjalani tanggung jawab dengan sungguh-sungguh untuk mengerjakan tugas atau PR yang telah diberikan gurunya.

Terutama untuk kepala keluarga yang dimana memiliki tanggung jawab yang besar, dirinya memiliki tanggung jawab atas kehidupan keluarganya.

Jika menjalani tugas sebagai seorang kepala keluarga saja tidak mampu, maka dirinya akan sulit untuk memenuhi tanggung jawab seperti menajadi seorang manajer di perusahaan.

Untuk menjadi orang sukses, maka Kita harus mencoba menjadi mandiri untuk mengerjakan pekerjaan yang memungkinkan bisa dikerjakannya sendirian. Meminta bantuan pada orang lain jika memang diperlukan saja.


3. Menghadapi Berbagai Permasalahan dengan Motivasi Tinggi
Pintar saja tidak cukup untuk membuat seseorang bisa menjadi sukses. Mereka yang memiliki motivasi tinggi dalam hidup-lah yang paling pantas untuk mendapatkan puncak kesuksesan.

Motivasi tinggi ini bisa dikatakan sebagai motor penggerak utama seseorang untuk bisa sukses, tanpa motivasi maka seseorang hanya akan diam tanpa usaha, karena dirinya tidak memiliki penyemangat dan penggerak untuk bisa berkarya.

Oleh karena itu miliki motivasi tinggi dalam hidup, jadilah orang yang bersemangat dalam mencapai kebaikan dan kesuksesan. Janganlah menjadi orang yang tidak produktif, yang tidak bisa menghasilkan apa-apa dalam hidup.

Untuk bisa memiliki motivasi, maka caranya yaitu dengan:
  • Memahami manfaat dari suatu aktifitas yang dilakukan.
  • Kondisikan lingkungan untuk beraktivitas yang nyaman dan kondusif, sehingga Anda bisa tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas.
  • Hindari hal-hal yang bisa melemahkan motivasi seperti kejenuhan dan pengaruh buruk dari orang lain yang pemalas.

4. Orang Sukses Bukan Orang yang Suka Menghamburkan Uang
Orang-orang sukses dalam bisnisnya, seperti beberapanya yang terkenal yaitu pemilik situs media sosial Facebook yaitu Mark Zukenberg, dan pemilik perusahaan Microsoft yaitu Bill gates.

Dengan kekayaan kedua orang tersebut yang berlimpah, namun mereka adalah orang yang sederhana dalam membeli barang-barang.

Mark Zukenberg, saat dirinya menikah, hanya membuat pesta pernikahan yang sederhana. Demikian Bill Gates bukanlah sosok yang suka membeli barang-barang mewah.

Oleh karena itu, hilangkan paradigma berpikir bahwa orang sukses suka menghamburkan uang.

Orang yang suka menghamburkan uang justru adalah orang yang sulit meraih kesuksesan. Menghamburkan uang bisa membuat seseorang miskin karena uangnya habis digunakan untuk hal yang tidak berguna.

Demikian juga sifat boros ini bisa mengundang sifat-sifat buruk lainnya seperti pemalas, gegabah dan tidak memiliki kemampuan manajemen yang baik.

Orang-orang yang memiliki prinsip menabung, mengelola uang dengan baik, dan menyalurkan uang pada tempat yang benar, maka orang-orang dengan prinsip inilah yang bisa meraih kesuksesan.

5. Pemikiran Yang Matang
Pintar atau cerdas saja tidaklah cukup untuk bisa mendapatkan kesuksesan. Kepintaran seseorang bisa menjadi tidak berguna ketika dirinya ceroboh dalam bertindak.

Jika ingin sukses, maka berusahalah untuk memiliki pemikiran yang matang dan juga mampu melakukan analisa dengan baik.

Melakukan sesuatu memang harus berani, namun juga harus dengan kehati-hatian dan perhitungan yang matang.

Jangan menjadi orang yang sradak-sruduk, melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang jelas. Orang yang bisa melakukan sesuatu dengan terencana dan teratur maka bisa membuat dirinya menjadi lebih sukses daripada orang yang memiliki kebiasaan terburu-buru.


6. Yakinkan Dalam Hati Bahwa Anda Juga Bisa Sukses
Masukan ke dalam hati Anda, bahwa Anda juga bisa sukses seperti orang-orang. Anda juga memiliki hak yang sama seperti yang orang-orang miliki, jika orang lain berkesempatan untuk sukses maka Anda pun juga berkesempatan untuk itu.

Bahkan jika Anda merupakan orang yang mau bekerja keras, maka kesempatan Anda untuk bisa sukses bisa lebih besar dibandingkan banyak orang lain.

Anda juga punya hak untuk sukses, maka bekerja keraslah untuk menggapai kesuksesan yang Anda ingini.

7. Penting Untuk Memiliki Tujuan
Dalam hidup, maka kita harus memiliki tujuan-tujuan yang bagus dan jelas, jangan sampai Anda melewati waktu tanpa adanya tujuan yang jelas dalam aktivitas sehari-hari.

Tujuan bisa dalam bentuk jangka pendek (bisa satu minggu, satu bulan), dan dalam jangka panjang (bisa 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun).

Miliki sasaran atau tujuan yang jelas dan yang bisa Anda capai. Tentunya untuk bisa memiliki sasaran, maka Anda sebelumnya harus memiliki keterampilan untuk bisa mencapai sasaran yang diinginkan tesebut.

Oleh karena itu, buatlah sasaran Anda yang sesuai dengan skill yang Anda miliki. Anda perlu kreatif dalam membuat sasaran yang diinginkan.

Sasaran bisa berupa membuat karya sebuah buku, mendirikan sebuah toko yang potensial, mengerjakan suatu proyek tertentu, dan banyak lainnya.

Kemudian, sasaran yang dibuat harus dengan perhitungan yang matang, dimana Anda juga mampu memperkirakan kapan sasaran tersebut berhasil dicapai.

Anda harus matang dalam merencanakan sesuatu. Selain itu juga harus memiliki kereatifitas tinggi dalam memunculkan banyak sasaran atau tujuan yang bagus dan berkualitas.

Tentunya setelah Anda memiliki sasaran-sasaran (satu sasaran atau tujuan juga boleh). Maka hal selanjutnya adalah Anda langsung membuat rencana tindakan.

Sasaran yang dibuat tidak hanya dipelototi saja atau dikhayalkan, namun langsung dieksekusi. Buatlah secara rinci dan sematang mungkin rencana-rencana dari tujuan Anda.

Setelah membuat rencana yang matang, maka sekarang saatnya untuk bertindak atau mempraktekannya, jangan pernah menunda-nunda dalam hal ini.

Jika rasa malas muncul dalam menjalankan rencana yang dibuat, maka Anda bisa mengakalinya dengan menjalankannya sedikit demi sedikit.

Munculnya rasa malas ini karena kejenuhan, dan kejenuhan bisa diatasi dengan melakukan sesuatu dengan lebih perlahan-lahan, sehingga nantinya rasa malas akan memudar, dan Anda akan kembali bersemangat.

Jangan biarkan kemalasan berlarut-larut, karena akan membuat Anda gagal dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

8. Hargai Waktu Anda Sendiri
Pandanglah waktu sebagai barang berharga, dimana waktu jika sudah berlajan maka tidak akan bisa kembali. Manfaatkanlah pada setiap waktu yang Anda miliki.

Gunakanlah waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang berkualitas, maka hal ini akan membuat Anda bisa meraih kesuksesan.

Jangan biarkan waktu Anda diisi dengan hal-hal yang tidak berguna bahkan merusak, lakukan hal yang terbaik pada setiap saat.

Orang-orang yang telah sukses adalah orang yang menghargai waktunya sendiri, mereka benar-benar menggunakan waktunya untuk melakukan hal yang terbaik.


9. Miliki Relasi yang Bermanfaat Bagi Anda
Apabila Anda ingin mendapatkan masukan dan ilmu dari orang sukses, maka jadikanlah teman, bukan musuh. Sebuah hal yang aneh, seseorang bertanya kepada orang lain, namun ketika dirinya tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan justru marah-marah dan memaki.

Ingatlah, orang yang Anda tanya itu, yang Anda ingin mendapatkan masukan dan ilmu darinya, orang itu bukanlah pelayan Anda.

Oleh karena itu, bersikap baiklah pada orang yang ingin Anda ambil ilmunya. Bahkan jika masukannya salah maka tetaplah berterima kasih. Hal itu karena relasi amatlah penting untuk bisa menggapai kesuksesan. Milikilah relasi yang baik.

Hal yang aneh tentunya ketika seseorang mengeluh tidak bisa, namun dirinya tidak mau belajar. Katanya mau langsung action, memang benar kita harus action untuk menggapai kesuksesan, namun bagaimana bisa action jika ilmunya tidak ada.

Perlu diketahui, Bill Gates yang menjadi orang terkaya di dunia, dirinya membaca banyak buku bisnis sejak umur 12 tahun. Ketika SMA, dirinya mulai membaca buku-buku hukum.

Para CEO di negara Amerika yang memiliki gaji 300 kali lebih besar dibandingkan pekerja biasa, mereka ternyata membaca 60 buku per tahunnya. Adapun para pekerja biasa umumnya hanya membaca 1 buku per tahunnya.

Dengan begitu, praktek memang sangat penting, namun bukan berarti mengatakan teori itu percuma. Teori yang berisi ilmu bermanfaat maka ini sangat penting untuk menunjang praktek.

10. Temukan Hal yang Menjadi Passion Anda
Seorang Mark Zuckerberg mengaku dari sisi passionnya inilah yang menjadikan dirinya mampu membuat situs media sosial facebook.

Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passion diri sendiri, maka hal ini membuat Anda akan mempunyai energi tidak terbatas untuk berusaha. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih berenergi dalam menghadapi rintangan-rintangan yang ada.

11. Milikilah yang Namanya “Skala Prioritas”
Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, maka buatlah skala prioritas tentang hal-hal yang dilakukan. Dengan membuat skala prioritas, maka Anda akan bisa lebih mudah dalam memilih untuk melakukan hal yang terpenting.

Manfaat lainnya dari membuat skala prioritas yaitu akan menjadikan Anda fokus pada aktivitas yang dilakukan, yang hal ini akan membuat hasil pekerjaan Anda menjadi lebih berkualitas, disamping juga mencegah Anda dari membuang-buang waktu dari melakukan hal yang tidak penting.

Dengan begitu, dari banyaknya aktivitas yang kemungkinan dilakukan, maka pilihlah aktivitas yang paling penting dan paling memberikan manfaat bagi Anda.

12. Sukses Ada Setelah Kegagalan
Mark Zuckenberg sebelum membuat situs Faebook, ternyata telah lebih dulu membuat dan mengembangkan situs Facemash. Akan tetapi situs Facemash ini tidak bisa berkembang, yang dapat dikatakan gagal untuk sukes.

Nah, dari pengalaman berupa kegagalan inilah, Mark terus melakukan inovasi dan belajar dari pengalaman sebelumnya, yang menyebabkan Facebook kini menjadi situs media sosial terbesar di dunia.

13. Cuekin Saja Orang Lain yang Meremehkan Anda
Ketika melakukan wawancara, Zuck mengakui bahwa dirinya lebih ingin untuk berada di lingkungan yang meremehkannya. Hal itu karena ketika dirinya diremehkan, maka dirinya secara personal akan punya ruang gerak yang lebih bebas.

Ketika diremehkan, justru dirinya termotivasi untuk berusaha untuk mencapai target yang diinginkannya. Dirinya juga menjadi tidak mudah menyerah.

14. Tidak Perlu Mencari Kesempurnaan
Selesaikan apa yang perlu Anda selesaikan, ini lebih baik daripada hanya berangan-angan mencari kesempurnaan, tapi akhirnya malah tidak melakukan aktivitas apa-apa.

Selesaikan sesuatu pekerjaan atau aktivitas Anda dengan baik, tidak perlu menunggu-nunggu sesuatu itu untuk sempurna. Ingat, tidak sempurna bukan berarti tidak baik.

Anda hanya dituntut untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan baik, dimana Anda tidak dituntut untuk sempurna.

15. Berpikir Positif dalam Setiap Waktu
Untuk mendapatkan kesuksesan, maka selain dari kemauan, recana yang matang dan kerja keras, juga memerlukan pikiran yang positif. Anda harus menghilangkan pikiran-pikiran yang menganggu smangat Anda untuk bergerak, jika muncul rasa takut berlebihan maka segera hilangkan.

Jika di dalam kepala memiliki berbagai pikiran yang negatif dan buruk, maka dapat menjadi hambatan Anda dalam mengcapai kesuksesan.

Pikiran-pikiran yang buruk akan membuat motivasi Anda hilang, dan membuat Anda menjadi tidak sabar dalam menhadapi berbagai permasalahan.

Oleh karena itu, buang segala pikiran yang buruk di kepala, buang juga semua sifat yang jelek di dalam diri.

Untuk mencapai kesuksesan juga memerlukan sifat sabar, karena itu perlu diketahui bahwa dalam meniti jalan menuju kesuksesan maka butuh proses yang panjang. Bersabarlah untuk terus mencari hal-hal yang bisa membuat Anda sukses.

Milikilah sifat sabar, hati yang lapang, dan ketenangan jiwa sebagai bekal yang sangat penting dalam membangun kesuksesan.

Sebaliknya, buanglah jauh-jauh sifat buruk seperti pemalas, tidak sabar, dendam dan mudah marah.


Tulisan Terkait: