36 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat & Ampuh


Usaha mengecilkan perut buncit juga dikenal dengan istilah ‘membakar lemak‘, yakni bertujuan untuk menghilangkan lapisan lemak berlebih pada perut.

Tidak jarang perut buncit ini membuat seseorang tidak percaya diri. Untuk mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang berat, hanya saja memang perlu waktu.

Hal awal yang menjadi kunci agar bisa sukses membuat perut menjadi ideal yaitu terapkan pola hidup yang sehat dan hindari kebiasaan yang buruk atau tidak sehat.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat & Ampuh

Cara Mengecilkan Perut Buncit

1. Penting, Mulai Sekarang Kurangi Ngemil di Malam Hari (Kalau Bisa Jangan Ngemil)
Makanan yang dikonsumsi pada malam hari umumnya tidak banyak yang mendapatkan proses pembakaran di dalam tubuh, jika dibandingkan saat di siang hari.

Hal itu karena pada malam hari tubuh sudah menurunk aktifitasnya. Anda akan jarang bergerak saat di malam hari.

Sehingga, hal ini membuat Anda tidak boleh menyamakan porsi makan di siang hari dengan di malam hari.

Jika Anda makan banyak di malam hari, bahkan terlalu sering ngemil di malam hari, maka dari sinilah lemak dan kalori yang berlebih akan menumpuk di dalam tubuh, yang lama-kelamaan membuat perut menjadi terlihat ‘tidak ideal’ lagi.

Mengemil di malam hari kurang baik, oleh karena itu batasi ngemil di malam hari, sesekali saja. Apabila sering ngemil di malam hari bisa membuat purut semakin buncit.

Disamping itu, makan malam juga jangan terlalu malam (seperti jam 11 malam, dll), sangat dianjurkan untuk makan paling lamanya adalah 90 menit sebelum waktu tidur malam.

Contohnya, Anda tidur jam 09.30 malam, maka jangan makan malam lebih dari jam 08.00 malam.

2. Hindari Makanan Cepat Saji
Salah satu kandungan yang paling dihindari dari fast food (makanan cepat saji) adalah kandungan lemak jenuhnya. Kandungan lemak jenuh sangat berpotensi membuat perut menjadi buncit. Sehingga sangat tidak sehat jika dikomsumsi dalam jumlah banyak.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan cepat saji ataupun junk food, maka sesekali saja, jangan terlalu sering. Termasuk yang perlu Anda batasi konsumsinya adalah mie.

3. Hindari Konsumsi Alkohol
Sudah diketahui banyak orang bahwa konsumsi alkohol bukanlah hal yang sehat, salah satu akibat dari konsumsi minuman beralkohol adalah membuat perut buncit. Selain juga berdampak buruk bagi kesehatan secara umum.

Kandungan di dalam alkohol membuat kerja organ hati menjadi berat dalam menetralisir makanan, termasuk pada kandungan lemak dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini membuat timbulnya perut buncit.

4. Memasak Makanan Sendiri
Hindari melakukan crash diet yaitu diet yang terlalu berat. Karena crash diet hanya untuk hasil jangka pendek. Melakukan crash diet justru mengakibatkan kekurangan nutrisi penting pada tubuh dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Untuk menghilangkan lemak yang menumpuk di perut maka bisa dengan mengikuti diet secara sehat dan seimbang.

Diet yang sehat yaitu diet dengan tinggi protein dan serat. Selain itu, hendaknya konsumsi makan yang rendah karbohidrat, rendah lemak dan rendah natrium.

Untuk mewujudkan diet sehat ini, maka yang sangat disarankan adalah memasak sendiri masakan yang anda konsumsi. Hal itu karena dengan memasak sendiri, Anda dapat mengetahui betul komposisi makanan yang dikonsumsi.

Dalam memasak makanan, juga hendaknya dengan sedikit minyak. Selain itu, hindari konsumsi kalori yang berlebihan.

5. Mulailah Untuk Rutin Berolahraga
Olahraga sudah pasti menjadi syarat untuk mengecilkan perut buncit. Jika ada orang yang selama sebulan tidak berolahraga dan kurang aktivitas gerak tubuhnya, maka hal ini membuat lemak beresiko tinggi menumpuk di dalam tubuh.

Tidak berolahraga dan banyak mengonsumsi makanan berlemak, maka akhirnya mengakibatkan obesitas dan perut buncit pun terjadi.

Mengenai bentuk olahraga yang daat dilakukan, jika Anda bukan seorang atlet maka tidak perlu melakukan olahrga yang rumit dan berat. Anda cukup melakukan olahraga yang ringan-ringan saja.

Seperti olahraga jalan cepat, maka ini sudah dapat membakar lemak untuk mampu mengecilkan perut buncit. Anda bisa melakukan olahraga yang bervariasi lainnya, sepeti jogging santai, bersepeda, berenang, berlari dengan kecepatan sedang, dan lainnya.

Anda juga melakukan olahraga lari ataupun jalan cepat di dalam ruangan, dengan menggunakan di alat treadmill.

Tapi yang saya kira cukup bagus, yaitu jongging bersama teman-teman karena akan lebih seru dan menyenangkan. Hal ini juga baik untuk menghilangkan stres.

6. Ubah Gaya Hidup Anda
Disarankan 1 atau 2 kali dalam seminggu Anda menggunakan layanan angkutan umum (bis, kereta, angkot) atau bahkan bersepeda untuk pergi kantor.

Hal ini sangat efektif untuk membuat badan menjadi banyak bergerak sehingga membakar lemak, yang nantinya akan menjadi energi tubuh.

Kemudian, sesekali gunakan anak tangga di kantor dari pada menggunakan elevator. Intinya, lakukan aktivitas berjalan dan bergerak sebanyak mungkin yang anda bisa.

Dalam menerapkan gaya hidup sehat, buang jauh-jauh kebiasaan makan berlebihan pada malam hari, hindari juga makan saat anda terbangun di tengah malam. Dan usahakan untuk menghindari rokok.

Perubahan gaya hidup ini memang tidak langsung mengecilkan dan menghilangkan lemak di perut. Tetapi hal ini sangat membantu untuk bisa membuat sukses program mengecilkan perut buncit.

loading...

7. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C membantu mengurangi tingkat stres dan mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Pengurangan hormon kortisol membantu untuk mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut.

Sehingga membantu untuk mengecilkan perut buncit. Makanan yang kaya akan vitamin C yaitu jeruk dan buah kiwi. Pastikan Anda mengonsumsi buah mengandung vitamin dalam sehari-hari.

8. Hindari Langsung Tidur Setelah Makan
Kondisi seperti ini juga termasuk orang yang suka ngemil di malam hari, dimana saat itu kondisi tubuh yang tidak melakukan pembakaran pada makanan yang telah dicerna.

Adapun secara umum, baik siang maupun malam maka jangan langsung tidur setelah makan, karena memicu penumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan begitu juga, usahakan untuk makan di awal malam.

9. Istirahat dan Tidur yang Cukup
Penting untuk mengimbangi aktivitas sehari-hari, dimana setelah bekerja keras seharian maka perlu beristirahat yang cukup, yang membuat stamina kembali pulih.

Hasil penelitian pada ahli sudah menunjukkan bahwa ketika seseorang tidak cukup tidur, maka tubuh mengalami peningkatan hormon ghrelin, yakni hormon yang meningkatkan nafsu makan.

Yang hal itu juga membuat penurunan hormon leptin, akibatnya membuat seseorang sulit untuk merasa kenyang. Kondisi ini menimbulkan ‘bencana’ berupa makan yang berlebihan.

Oleh karena itu, dalam rangka untuk mengecilkan perut buncit, maka jaga pola tidur Anda, sangat disarankan untuk tidur di awal malam (di bawah jam 09.00 malam).

Untuk tidur lebih nyaman dan sehat, disarankan untuk mematikan lampu sehingga tidur dalam keadaan gelap gulita.

Orang yang hanya tidur lima jam atau kurang mengalami resiko tinggi berupa lemak yang tertimbun di bagian-bagian tubuh, terutama bagian perut.

Demikian juga, tidur yang berlebihan juga berpotensi mengakibatkan timbunan lemak di perut. Oleh karena itu, tidur yang cukup, jangan sampai kekurangan tidur ataupun berlebihan.

Usahakan jam tidur teratur, jika tidur tidak teratur dapat membuat bingung jam sirkadian tubuh. yang akibatnya tubuh akan melepaskan hormon yang dampaknya menimbun lemak di dalam tubuh.

10. Minum Air Putih Membantu Mengurangi Lemak di Dalam Tubuh
Sebuah studi dari jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme, disana memaparkan sebuah penelitian. Para peneliti menemukan bahwa tingkat metabolisme meningkat sebesar 30 persen setelah minum sekitar 17 ons air.

Para ahli sudah menjelaskan bahwa meningkatnya volume cairan di dalam tubuh membantu untuk memecah lemak yang tertimbun dalam tubuh dengan lebih baik.

Untuk itu, perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan air putih yang cukup, karena selain sehat juga membantu untuk mengecilkan perut buncit.

Hal ini bukan berarti Anda berlebihan dalam menkonsumsi cairan atau air putih, karena juga tidak baik.

loading...

11. Batasi Konsumsi Gula
Gula memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa yang hanya bisa diurai oleh liver. Ketika anda mengkonsumsi gula, fruktosa akan masuk ke dalam liver (organ hati).

Dan apabila fruktosa yang masuk kedalam liver terlalu banyak, maka liver akan mengubah fruktosa menjadi lemak.

Gula, baik dalam bentuk padat ataupun cair memiliki dampak yang sama bagi tubuh. Konsumsi gula juga termasuk dari minuman kaleng atau botol.

Untuk itu jika ingin mengkonsumsi gula atau yang manis-manis maka pilih konsumsi buah asli saja. Buah mengandung gula alami (tetapi juga jangan dikonsumsi berlebihan).

Buah mengandung serat tinggi yang mampu menetralisir dampak dari rasa manis yang dikonsumsi.

12. Perbanyak Konsumsi Protein
Asupan protein memiliki peranan yang penting dalam menurunkan berat badan. Mengkonsumsi asupan protein yang mencukupi kebutuhan harian tubuh bermanfaat untuk mencegah Anda makan berlebih, dan juga meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar kalori dan lemak di dalam tubuh.

Untuk itu, penting memasukan porsi protein dalam menu konsumsi sehari-hari. Pada sebuah studi di Denmark, menemukan hasil studinya yaitu bahwa mengkonsumsi protein hewani memiliki pengaruh yang besar dalam mengurangi resiko perut buncit.

Dengan begitu, penting mengkonsumsi asupan protein, yang bisa Anda peroleh dari telur, daging, ikan, daging ayam, daging bebek, dan susu.

Hendaknya mengonsumsi asupan protein yang bukan dari hasil olahan (telur asin, keju, kornet, dll).

13. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
Makanan berserat perlu Anda konsumsi untuk mengecilkan perut buncit, karena salah satu penyebab perut buncit adalah karena sistem pencernaan yang tidak sehat, sehingga memenuhi asupan serat akan melancarkan kinerja usus dan membantu melarutkan lemak menumpuk di perut.

Sumber makanan berserat yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang berasal dari buah-buahan dan sayuan segar.

14. Hindari Makanan Berlemak Jenuh
Tentu saat berpikir ingin mengecilkan perut buncit maka yang terpikir adalah tujuan untuk menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh. Dengan begitu Anda harus menghindari makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh.

Jika ingin mengkonsumsi asupan lemak (karena tubuh tetap membutuhkan asupan lemak yang cukup) maka pilihlah asupan lemak sehat yang bisa diperoleh dari makanan seperti buah kenari, minyak zaitun, alpukat dan lainnya.

15. Terapkan Metode: Kurangi Porsi Makanan Tapi Frekuensi Lebih Sering
Dengan tidak mengonsumsi porsi makanan yang terlalu banyak dalam satu waktu, hal ini membantu untuk mengecilkan perut Anda.

Tetapi, jika Anda mengalami kelaparan maka jangan dipaksa, untuk mengakalinya bisa dengan memperbanyak frekuensi makan dengan porsi yang kecil.

Ini sebuah metode yang cukup ampuh untuk mencegah Anda makan berlebihan. Dengan porsi setengah piring, maka Anda bisa makan dalam sehari sebanyak 3, 4 atau 5 kali.

Tetapi ingat, jangan memasakan diri Anda terlalu lama dalam kondisi lapar, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan dapat menggagalkan uapaya diet Anda karena orang yang kelaparan biasanya akan cenderung makan berlebihan nantinya.

16. Hindari Stres Sebisa Mungkin
Mengapa stres perlu dihindari? Hal itu karena stres bisa mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan hormon di dalam tubuh, gangguan hormon di dalam tubuh dapat menghambat proses pemecahan gula atau glukosa di dalam tubuh.

Jika kondisi ini terjadi dalam jangka yang panjang, maka dikhawatirkan dapat mengakibatkan kandungan kalori yang didapat dari makanan yang dikonsumsi akan tertimbun di dalam tubuh.

Untuk Menghindari stres maka Anda harus:
  1. Memiliki pikiran yang positif
  2. Menghindari pikiran yang terlalu berat, atau yang tidak mampu Anda selesaikan.
  3. Jalani kehidupan dengan gaya hidup yang sederhana.
  4. Memilih teman-teman yang baik.
  5. Hindari kegiatan yang negatif atau buruk. Dan lakukan kegiatan yang bermanfaat.
  6. Usahakan untuk membuang rasa kebencian pada orang lain di dalam hati.
  7. Jangan berburuk sangka pada orang lain.

17. Hindari Makanan yang Mengandung Gas
Walaupun itu sayuran sehat, tetapi khusus untuk diet maka Anda perlu menghindari makanan yang mengandung gas berlebih. Hal itu karena mengonsumsi makanan yang mengandung gas berlebih bisa memicu perut buncit.

Beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari (saat diet) yaitu kembang kol, kubis, kacang polong, brokoli, dan paprika. Untuk sementara hindari atau batasi mengonsumi makanan yang disebutkan tersebut. 

18. Pastikan Anda Mengonsumsi Asupan Serat, dan Fokus Olahraga Untuk Melatih Kardio
Anda bisa lebih sukses mengecilkan perut dengan syarat meningkatkan asupan serat sesuai kebutuhan tubuh, dan rutin berolahraga. Penelitian telah menemukan bahwa hal ini cukup ampuh untuk mengurangi lemak di perut.

Penelitian menunjukan bahwa meningkatkan asupan serat mampu menurunkan lemak perut. Untuk memperoleh 10 gram serat bisa didapatkan dari mengonsumsi secangkir kacang polong ataupun dua buah apel yang berukuran kecil.

Dengan mengonsumsi serat dan tidak malas untuk berolahraga, maka Anda berkemungkinan besar mampu mengecilkan perut dalam waktu relatif cepat. Adapun jenis olahraga yang perlu sering dilakukan adalah latihan kardio. Anda bisa memadukannya dengan latihan ketahanan fisik.

Anda juga bisa melakukan gerakan seperti sit up, back up dan lainnya secara variasi, hal ini bagus bagi pembentukan tubuh, dan baik bagi kesehatan secara umum.

Makanan / Minuman Yang Disarankan Dikonsumsi Untuk Membantu Mengecilkan Perut

19. Teh Hijau
Teh hijau sejak dahulu diyakini mampu mambantu menurunkan berat badan, termasuk membantu untuk mengecilkan perut. Anda bisa secara rutin minum teh hijau, seperti satu kali dalam sehari.

Tapi jangan minum teh hijau setelah makan, tunggu dahulu sekitar 2 jam atau lebih. Konsumsi teh hijau juga perlu dilakukan tanpa campuran gula.

Minum teh hijau juga berguna untuk membantu mencegah Anda makan terlalu banyak. Kandungan di dalam teh hijau bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Dengan metabolisme tubuh yang lancar sangat berguna untuk menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang fungsinya sangat penting dalam mencegah kanker dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

20. Teh dan Jeruk Nipis
Jika ingin variasi selain mengonsumsi teh hijau, Anda dapat membuat teh biasa yang dicampurkan bersama jeruk nipis. Minuman ini lezat, dan manfaatnya untuk memberbaiki mood (suasana hati) serta membantu untuk mengecilkan perut buncit.

Cara membuatnya mudah, pertama-tama siapkan 3 sendok makan teh, jeruk nipis sebanyak sayu buah, serta air panas sebanyak satu gelas.

Lalu seduh teh dengan segelas air panas. Tunggu beberapa menit hingga kondisi teh tidak terlalu panas untuk diminum, lalu masukan perasan air jeruk nipis.

Ingat, jangan memasukan jeruk nipis saat kondisi teh masih sangat panas, hal itu karena kandungan vitamin di dalam jeruk nipis akan hilang atau berkurang.

Apabila dalam pembuatan tidak ada jeruk nipis, maka Anda dapat menggunakan jeruk lemon sebagai pengganti.

21. Jamu Kunyit Asam
Jamu kunyit asam rasanya pahit, tetapi bermanfaat bagi Anda. Mengonsumsi ramuan jamu kunyit asam mampu mengecilkan perut buncit secara alami.

Untuk membuatnya, pertama-tama siapkan bahan:
  • 1/2 Kg asam jawa
  • 1/2 Kg Kunyit
  • 1/4 Gula jawa
  • Air Minum
  • Sepucuk Sendok teh garam 

Cara Membuatnya:
  1. Pertama-tama bersihkan kunyit, setelah itu blender kunyit yang dicampur air.
  2. Setelah kunyit halus, maka di saring dan diambil sari atauairnya.
  3. Kemudian rebus air perasan kunyit tersebut sembari menambahkan bahan 1/2Kg asam jawa, ¼ gula jawa dan garam.
  4. Lalu aduk hingga campuran tersebut mendidih.
  5. Setelah mendidih, maka mulai matikan kompor.
  6. Lalu angkat dan biarkan hingga agak mendingin campuran tersebut.
  7. Setelah itu, ramuan jamu kunyit asem tinggal diminum.

Manfaat lainnya dari ramuan jamu kunyit asem yaitu menurunkan berat badan, melancarkan haid, mencegah kanker, mengurangi nyeri saat menstruasi, dan memperkuat sistem imun tubuh.

22. Madu dan Jahe
Kombinasi madu dan jahe juga dapat Anda andalkan untuk mengecilkan perut buncit, selain juga manfaatnya bagi kesehatan secara umum. Madu memiliki kandungan yang berfungsi untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh yaitu fruktosa.

Kandungan di dalam jahe bermanfaat untuk mencegah Anda makan secara berlebihan. Untuk membuat ramuan madu dan jahe ini. Caranya, hanya dengan mencampurkan 3 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe di dalam sebuah wadah / mangkuk.

Kemudian Anda seduh menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin, kalau bisa setiap hari.

23. Konsumsi Buah Alpukat
Kandungan asam amino penting yang dikenal sebagai lesitin di dalam buah alpukat bermanfaat untuk membantu mengontrol berat badan. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang memiliki manfaat besar dalam membakar lemak di perut.

Alpukat kaya akan kandungan serat yang juga membantu sistem pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mecegah Anda makan secara berlebihan.

Anda bisa mengonsumsi buah alpukat, tapi mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi juga makanan sehat selain alpukat, variasikan dengan yang lainnya.

24. Konsumsi Buah Nanas
Kandungan enzim bromelain terdapat di dalam buah nanas, kandungan ini memiliki sifat anti-inflamasi, serta bekerja untuk menjaga metabolisme protein di dalam tubuh agar berjalan dengan baik.

Pada penelitian dari pihak University of Maryland, para peneliti menemukan hasil bahwa kandungan buah nanas bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah diare, menjaga kesehatan usus, mengobati perut kembung dan membantu untuk mencegah kegemukan.

Anda perlu menyempatkan untuk mengonsumsi buah nanas yang membantu untuk mengecilkan perut buncit. Akan tetapi buah nanas ini termasuk buah yang dibatasi konsumsinya. Penting bagi Anda agar jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi buah nanas.

25. Konsumsi Buncis
Buncis mengandung protein yang tinggi dan antidioksidan berupa flavanoid. Dari hasil sebuah penelitian oleh para ahli, yang dilakukan selama 14 tahun lamanya, menemukan bahwa kandungan antioksidan terbukti sangat baik dalam menurunkan volume lemak pada perut.

26. Konsumsi Almond
Almond mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, yang membantu mencegah tubuh dari makan secara berlebihan. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition telah membuktikan bahwa mengkonsumsi almond dapat membuat tubuh tidak mudah merasa lapar.

Almond mengandung asupan magnesium yang tinggi, yang fungsinya sebagai komponen penting dalam membangun otot tubuh. Kondisi otot tubuh yang kuat berguna untuk membantu membakar lebih banyak lemak di perut.

Almond juga mengandung serat yang tinggi sehingga membuat Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Beberapa jenis makanan lainnya untuk mengecillkan perut buncit:
  • Buah semangka, karena kaya kandnugan air yang membantu proses detoksivikasi racun dan kotoran dalam tubuh.
  • Yogurt, merupakan minuman rendah lemak yang bekerja untuk mengurangi efek dari perut kembung. Bakteri baik bernama laktobasilus dalam yogurt bekerja untuk merangsang kerja usus dan pencernaan.
  • Kacang-kacangan, memiliki kandungan serat yang tinggi. Beberapa yang direkomendasikan adalah kacang mete, kacang merah, almond, dll.
  • Oatmeal, bermanfaat membantu mengurangi lemak berlebih pada perut, menjaga kadar gula dalam darah, dan juga tinggi akan kandungan serat.
  • Tomat, mengandung senyawa 9-oxo-ODA yang membantu mengurangi lipid darah, berguna untuk mengontrol lemak di perut. Senyawa ini mampu melawan penyakit kronis yang berkaitan dengan obesitas. 

Hal-hal lainnya yang penting diketahui untuk membantu mengecilkan perut buncit:

27. Berlapar-lapar adalah hal yang kurang baik, sebuah kesalahan membiarkan perut terus-menerus dalam keadaan lapar, hal ini akan menyiksa Anda dan bahkan berdampak buruk bagi usaha diet Anda.

28. Jika sedang lapar, maka konsumsi makanan saja, hanya saja makanan yang Anda konsumsi adalah yang tinggi kndungan protein dan serat, karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

29. Hindari kebiasaan makan permen karet manis karena mengandung tinggi kadar gula. Anda benar-benar tidak boleh sering makan permen karet.

30. Jangan duduk terlalu lama, biasanya ini adalah saat berada di depan konputer dan laptop, seseorang akan betah duduk berjam-jam, dan dalam kondisi lainnya. Anda perlu menghindari duduk terlalu lama, usahakan agar tubuh sesering mungkin bergerak.

31. Sebuah kesalahan jika tidak sarapan, karena pada pagi hari tubuh sangat membutuhkan asupan gizi. Tidak sarapan membuat Anda tidak memiliki energi beraktivitas, serta beresiko membuat Anda akan makan berlebih di siang hari.

32. Walaupun yang namanya diet atau mengecilkan perut, Anda tetap harus memenuhi asupan gizi, baik itu vitamin, karbohidrat, protein, serat, lemak dan mineral. Sebagai tips, hendaknya Anda lebih mengutamakan mengonsumsi nasi merah dari nasi putih.

33. Anda harus menghindari atau membatasi mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, alkohol, rokok, soft drink, permen, es krim, sirup, dan cemilan manis.

34. Mengonsmusi makanan yang dimasak dengan cara direbus, panggang dan dibakar lebih baik daripada digoreng. Sehingga masuk dalam hal ini, Anda harus menghindari gorengan.

35. Agar Anda bisa lebih sukses lagi dalam mengecilkan perut buncit, kalau bisa Anda menggunakan piring kecil di dapur. Hal ini ternyata mampu mencegah Anda makan terlalu banyak.

36. Berjalan dengan posisi yang tegap, demikian juga duduk dengan posisi tegap (tidak membungkuk) cukup efektif untuk mengecilkan perut buncit dengan cepat.


Artikel Terkait:

Tips Kesehatan

Tips Psikologi & Pengembangan Diri

Tekno