25 Manfaat Minum Air Putih Hangat Bagi Kesehatan (dan Efek Sampingnya)


Air hangat punya segudang manfaat kesehatan yang tidak diketahui oleh banyak orang. Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa.

Secara umum, air putih adalah minuman yang penting untuk mengatasi banyak masalah kesehatan. Sebab air putih merupakan cairan yang mudah sekali untuk diserap oleh tubuh.

Minum air putih saat perut kosong memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Minum Air Putih
Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Adapun minum air putih panas / hangat punya banyak keuntungan tersendiri yang tidak didapatkan ketika anda minum air putih biasa.

Manfaat minum air putih hangat, yaitu:

#1. Melegakan hidung dan tenggorokan
Ketika mengalami kondisi tidak enak seperti batuk dan pilek, tubuh akan terasa tidak nyaman pada bagian hidung serta tenggorokannya.

Terutama lagi bagi yang mengalami batuk berdahak, tenggorokan sering terdapat dahak yang sangat tidak nyaman. Saat pilek hidung pun tersumbat.

Ketika mengalami kondisi seperti ini maka sangat perlu minum air hangat. Air hangat antinya dapat melegakan hidung dan tenggorokan.

Air hangat juga bisa berperan sebagai antibiotik alami yang membunuh kuman atau bakteri jahat di tenggorokan, yang akan membuat lega tenggorokan.

Air hangat melarutkan dahak dan membantu untuk menghilangkannya. Air hangat juga membantu dalam membersihkan hidung yang tersumbat.

Minum air hangat menjadi obat alami yang sangat baik untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan.

#2. Menurunkan berat badan
Air hangat memiliki fungsi untuk memacu peningkatan metabolisme tubuh, yang membantu untuk menurunkan berat badan menjadi ideal.

Minum air hngat untuk mnurunkan berat badan dapat dioptimalkan, caranya: air hangat dicampurkan dengan perasan lemon segar.

Sehingga saat pagi hari disarankan memulai aktivitas anda dengan minum segelas air hangat. Jangan lupa campurkan perasan lemon.

Anda bisa memakai saringan teh agar biji lemon tidak ikut masuk ke dalam air. Setelah meminumnya, jangan makan dulu selama 15 menit agar air hangat yang dimasukan perasan lemon tersebut bereaksi.

Nantinya perasan air lemon akan bereaksi untuk memecah jaringan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Terutama pada perut, lengan dan paha.


#3. Sebagai detok alami bagi tubuh
Air hangat dapat dimanfaat sebagai detox alami, yaitu untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Racun banyak berada di usus karena usus merupakan organ pencernaan yang dilalui oleh makanan yang telah dicerna. Dimana racun tubuh banyak muncul dari makanan yang dikonsumsi...

...terutama makanan yang tidak sehat seperti yang tinggi lemak, kolesterol, pengawet, pewarna, pemanis buatan, dan makanan berminyak.

Makanan yang tidak sehat tersebut tidak diserap oleh tubuh, maka racunnya beresiko menempel ke usus. Nantinya proses detok ini untuk mengeluarkan racun melalui proses keringat, urin dan feses.

Bahaya dari racun tersebut yang menumpuk di dalam tubuh, dapat mengakibatkan masalah serius yaitu kanker usus.

Dengan begitu, disarankan setelah bangun tidur lalu cuci muka dan tangan, lalu minumlah air hangat, usahakan agar tubuh menjadi berkeringat setelahnya.

Saat tubuh berkeringat menandakan jsuhu tubuh sedang meningkat. Saat suhu tubuh meningkat, racun akan dikeluarkan melalui keringat, sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan feses.

#4. Meredam rasa gatal di tenggorokan
Ketika mengalami batuk maka anda merasakan bahwa tenggorokan terasa gatal sehingga membuat Anda terus batuk berkali-kali.

Terjadinya rasa gatal pada tenggorokan karena adanya virus. Dengan minum segelas air hangat sagat bermanfaat untuk meredakan gatal pada tenggorokan. Yang nantinya bekerja untuk melawan virus batuk di dalam tenggorokan.

#5. Melancarkan pencernaan
Perlu membatasi konsumsi air es dan usahakan untuk rutin minum air hangat. Dimana air es bisa menggumpalkan minyak dan lemak di dalam tubuh.

Air es juga tidak bisa menyerap kandungan makanan yang dikonsumsi, sehingga walaupun konsumsi makanan yang bergizi tetapi tidak bisa terserap maksimal oleh tubup.

Adapun minum air hangat (utamanya setelah beberapa saat makan) berguna agar makanan terserap secara sempurna. Air hangat mampu melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah, sehingga mencegah terjadinya gumpalan lemak dan kolesterol di dalam tubuh.

#6. Menyembuhkan sembelit
Kondisi Ini terjadi biasanya karena kurangnya minum air, dimana tubuh krang cairan mengakibatkan menurunnya kemampuan gerakan usus.

Minum segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari bermanfaat untuk memaksimalkan gerakan usus dalam proses pencernaan makanan, yang manfaat juga untuk mengatasi permasalahan sembelit.

Air panas atau hangat juga berperan penting dalam proses memecah partikel makanan untuk melewati usus.

#7. Meringankan nyeri perut akibat menstruasi
Saat menstruasi, bisa menimbulkan kram atau nyeri perut. Saat menstruasi, tidak boleh minum air es karena bisa membuat darah kotor (akibat menstruasi) tidak bisa terlepas dengan sempurna dari dinding rahim.

Selain itu menyebabkan darah kotor yang tidak bisa keluar dari rahim yang semakin memperparah masalah menempelnya darah kotor di dinding rahim.

Denga begitu disarankan minum air hangat yang akan membuat darah kotor terlepas dari dinding rahim. Semakin mudah rahim untuk melepaskan darah kotor, sangat bermanfaat agar nyeri yang dirasakan menjadi hilang.


#8. Melancarkan Peredaran Darah
Konsumsi air hangat mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal itu dapat terjadi karena air panas bisa melebarkan pembuluh darah . Dengan pembuluh darah yang cukup lebar, memberikan manfaat agar darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.

#9. Menghilangkan bau mulut
Minum air hangat bisa membantu menghilangkan bau mulut yang membuat Anda dan orang yang didekat Anda menjadi tidak nyaman.

Hal itu karena air hangat cukup efektif dalam mengurangi sisa plak yang menempel di mulut. Dimana sisa plak tersebut yang memicu bau mulut.

#10. Membuang lemak
Air panas atau hangat yang Anda minum ternyata juga berperan dalam proses pembuangan lemak berlebih dari dalam tubuh, untuk nantinya dikeluarkan melalu BAB, air seni dan keringat.

Sehingga lemak yang berlebih tidak akan menumpuk di usus ataupun di dalam tubuh secara umum.

#11. Menjaga kesehatan syaraf
Konsumsi air hangat melancarkan peredaran darah, yang kegunaan untuk menunjang aktivitas syaraf menjadi lancar. Sehingga minum air hangat membantu Anda untuk bisa konsentrasi dengan lebih baik.

#12. Menenangkan & menghilangkan stress
Air hangat juga berguna bagi kesehatan jiwa seseorang, ketika jiwa sedang mengalami sumpek, galau dan hal yang semacamnya maka disarankan ketika pagi hari maupun malam hari untuk minum segelas air hangat.

Jika saat pagi hari cobalah berjalan-jalan disekitar sampir menghirup udara segar pagi hari. Dengan begitu akan membantu tubuh lebih rileks, dimana jiwa dan pikiran menjadi tenang.

#13. Menghilangkan kantuk
Ketika pagi hari Anda disarankan untuk minum air hangat. Mengantuk biasanya terjadi karena tidur yang tidak berkualitas, atau juga tidur yang terlalu larut malam, serta penyebab lainnya.

Untuk mengatasi rasa kantuk, yang terkadang juga menimpa orang-orang yang tidur cukup, maka dengan minum air hangat yang nantinya membuat badan berkeringat...

...kelaurnya keringat menandakan peningkatan suhu badan yang akan memberikan pengaruh pada suasana hati dan membuat kantuk bisa hilang.

Sehingga ketika di pagi hari, bawaannya malas untuk melakukan aktivitas, apalagi kondisi cuaca pagi hari yang dingin (karena hujan, dll) membuat timublnya rasa malas.

Dengan minum segelas air putih dapat membangkitkan semangat di pagi hari.

#14. Mengatasi cuaca dingin
Minum yang hangat-hangat saat cuaca dingin sangatlah nikmat. Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh, yang dapat mengatasi rasa kedinginan yang dialami.


#15. Meredakan sakit gigi
Sakit gigi ternyata dapat untuk dikurangi gejala rasa sakitnya dengan minum air hangat. Hal itu karena air hangat bisa berperan sebagai antibiotik…

...yang dengan begitu nyeri saat sakit gigi bisa diredakan menggunakan air hangat.

Anda bisa segera minum air hangat ketika rasa sakit timbul di gigi. Anda juga bisa berkumur dengan air hangat.

#16. Salah satu rahasia untuk memiliki kulit cerah bersinar adalah dengan minum air putih. Hal itu karena air putih berperan dalam proses detoksifikasi yang mampu membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit.

#17. Dengan minum minuman hangat, tubuh akan berkeringat. Berkeringat membantu membersihkan sel-sel kulit dengan mengambil kelebihan air dan garam dari sel dan tubuh.

#18, Minum air putih saat perut kosong merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah. Hal ini berguna agar tubuh lebih berenergi.

#19. Minum segelas air panas / hangat dinilai cukup efektif untuk mmengatasi masalah kram menstruasi, sakit perut, sakit kepala dan demam.

#20. Minum air putih terutama air hangat di pagi hari efektif untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini membuat kemampuan dalam menyerap dan mencerna makanan menjadi maksimal, sehingga tidak mengakibatkan kegemukan.

#21. Minum air putih hangat di pagi hari berfungsi untu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat lebih terhindar dari serangan penyakit.

#22. Minum air hangat membantu untuk membersihkan tubuh dari racun, memperbaiki sel-sel kulit akibat radikal bebas. Hal ini berguna untuk menjaga elastisitas kulit, serta membuat sel kulit yang rusak menjadi halus kembali.

#23. Minum air hangat membantu Anda untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau. Air hangat membantu agar ujung saraf di akar rambut aktif, yang membuat vitalitas alami rambut terjaga.

#24. Minum air hangat juga membantu pertumbuhan akar rambut, yang memaksimal proes pertumbuhan rambut.

#25. Air hangat menjadi cara alami untuk mengurangi rasa sakit. Hal itu karena memiliki efek menenangkan pada otot, terutama otot-otot di bagian perut, serta meningkatkan aliran darah. Sehingga mampu mengurangi gejala kram perut.

Efek samping minum air hangat
Banyaknya manfaat minum air hangat tidaklah mengharuskan kita untuk meminumnya secara terus menerus. Ketika kondisi panas maka hindari minum air hangat karena akan semakin membuat suhu tubuh panas, serta menguras energi. Berikut efek samping lainnya minum air hangat:
  • Minum air hangat dapat melelahkan lambung
  • Tidak menghilangkan haus
  • Jika berlebihan minum air hangat dapat merusak pencernaan
  • Dapat merusak organ jika air yang diminum terlalu panas


Artikel Terkait:

Tips Kesehatan

Tips Psikologi & Pengembangan Diri

Tekno