17 Tips Tetap Sehat Walaupun Sering Begadang


Walaupun memang sudah diketahui umum bahwa begadang itu bukanlah hal yang baik, akan tetapi pada beberapa ‘pertaksa’ dan dituntut agar terus begaang di dalam hari, dalam rangka melaksanakan pekerjaan di malam hari, sehingga ‘mau tidak mau’ mereka harus begadang di dalam hari guna menjalankan tugasnya tersbut.

Beberapa profesi yang membuat sering begadang seperti polisi, perawat, mekanis, operator pabrik, satpam dan lainnya.

Dimana, dengan melakukan begadang mengakibatkan tubuh menjadi lemas, rasa letih hingga kadang kepala terasa sakit, karena memang waktu tidur yang paling berkualitas adalah ketika di dalam hari, sehingga untuk yang sering begadang maka perlu mengingat hal tersebut baik-baik, karena manusia sangat memerlukan tidur yang berkualitas.

Begadang Malam
Begadang Malam | Sumber gambar: Pixabay.com

Selain itu, begadag juga bisa membuat seseorang terserang masalah gangguan tidur yang cukup parah.

Masalah gangguan tidur ini tidak main-main, karena bisa mempengaruhi perasaan hingga kondisi jantung.

Para ahli kesehatan dokter menjelaskan bahwa kebiasaan tidak tidur pada malam hari bisa membuat seseorang beresiko lebih tinggi terkena serangan jantung, darah tinggi, dan masalah pada irama denyut jantung.

Masalah lainya yaitu timbulnya depresi, pada sebuah studi yang dilakukan para ahli, yang kemudian dipublikasikan di Psychiatry and Clinical Neurosciences, disana dijelaskan bahwasanya orang-orang nokturnal (tidak tidur di dalam hari) dapat tiga kali lipat lebih rentan mengalami depresi dibandingkan dengan orang yang rajin bangun pagi (tidur di dalam hari).

Hal ini dapat terjadi, dikatakan oleh para ahli karena kurangnya sinar matahari dan vitamin D3. Penyebab lainnya karena dirinya akan berbeda banyak dari banyak orang yang umumnya tidur di malam hari, dan beraktifitas di siang hari.

Tips tetap sehat walaupun sering begadang

#1. Jangan lupa tidur di Siang Hari, dimana dngan tidur di siang hari berguna untuk melancarkan peredaran darah, karena saat itu sedang panas-panasnya maka menjadi saat yang tepat untuk istirahat ataupun tidur. Degnan tidur siang juga berguna agar kebutuhan tidur sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik, dimana manusia dalam sehari butuh selama 7-8 jam untuk tidur.

#2. Hindari angin malam secara langsung, hal yang penting ketika beraktivitas di malam hari untuk begadang, yaitu menghindari tubuh terkena angin malam. Usahakan beraktivitas di dalam ruangan. Jika di luar runangan, maka pakai jaket atau sweater sehingga badan Kamu dapat terhindari dari angin malam, yang angin malam ini dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan tubuh.

#3. Selalu jaga pola makan, dimana begadang mengakbiatkan pola makan menjadi berantakan, dimaan seringkali kita terlambat makan, atau sebaliknya mudah sekali lapar ketika begadang, yang akhirnya ini malah membuat pola makan menjadi tidak sehat, serta bisa menimbulkan tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan dalam satu waktu, yang tetunya ini tidak sehat. Untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu Kamu cukup makan malam terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas di waktu begadang, makanan yang kamu konsumsi utamakan sayuran dan buah yang sehat dan kaya akan kandungan vitamin.

#4. Selain itu, selalu ingat untuk mengkonsumsi makanan dengan berisi kandungan gizi yang mencukupi unutk tubuh dan juga dijaga kebersihannya, hal ini amat penting untuk kamu perhatikan karena dengan mengkonsumi makanan sehat maka kesehatan dapat terjaga dengan lebih baik.

#5. Siapkan air putih dan madu. Ketika begadang sangat membutuhkan stamina yang prima, karena saat begadang menyebabkan energi terkuras banyak. Untuk mendapatkan stamina yang baik dan prima, maka salah satunya bisa dengan bantuan air putih dan madu, yang keduanya amat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh ketika dikonsumsi.

#6. Lakukan relaksasi tubuh, dengan sering olahraga ringan saja, seperti melakukan sit up, atau juga dengan hanya melakukan lari-lari kecil, maka ini sudah memberikan manfaat manfaat agar otot tubuh menjadi bekerja dan bersiklus untuk mengeluarkan keringat yang bersamaan dengan zat-zat racun yang da di dalam tubuh.

#7. Pastikan agar tubuh memperoleh sinar matahari yang mencukupi, tujuannya agar sistem metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar, dan juga mencegah tubuh kekurangan vitamin D3 dari bahan alami. Sehingga setelah begadang usahkan bagun di pagi menjelang siang, seperti jam 10, kemudian kamu bisa duduk-duduk saja didekat di jendela untuk menperoleh sinar matahari yang masuk ke dalam, atau memungkinkan bisa jalan-jalan di sekitar kompleks rumah.

#8. Hindari terlalu banyak minum kopi, walaupun memang kopi sangat berguna untuk memberikan kekuatan ekstra agar Kamu dapat begadang di malam hari. Akan tetapi, bukan berarti Kamu boleh dengan semaunya mengkonsumsi minuman kopi dengan semaunya dan sebanyak-banyaknya. Kamu perlu membatasi konsumsi kopi yang berlebihan karena dapat mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan tubuh, seperti dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

#9. Pakai penghangat tubuh, seperti minyak kayu putih maupun minyak telon. Selain berguna untuk menghangatkan badan yang dapat menghindari tubuh dari berbagai penyakit yang rentan menyerang di malam hari, selain itu juga memberikan aroma harus yang dapat membuat pikiran lebih fresh.

#10. Kemudian untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak inginkan, maka Kamu bisa menyediakan obat Anti masuk angin, dimana orang yang beraktiitas di malam hari atau begadang, amat rentan mengalami masuk angin. Dengan begitu, ketika Kamu mengalami sakit perut karena masuk angin, sudah dapat langsung mengatasinya secara cepat dengan menggunakan obat masuk angin.

#11. Jangan langsung mandi setelah Kamu begadang di pagi harinya, apalagi bila Kamu ditambah dengan keramas, yang akan menyiram berkali-kali kepala, maka hal ini bisa memicu masalah yang buruk seperti sakit kepala dan juga masalah flu yang parah.

#12. Buatlah jadwal tidur yang konsisten dan stabil, yang menjadi prinsip bahwa jika tidak tidur di malam hari, maka bukan berarti kamu tidak pernah tidur dalam seharian. Kamu bisa mengatur jam tidur dengan baik, minimal di pagi hari Kamu tidur 3-4 jam, kemudian dilanjutkan tidur lagi di siang hari beberapa jam, sehingga total Kamu dapat tidur 6-8 jam dalam sehari, yang menjadi kebutuhan tubuh sehari-hari. Waktu tidur yang berantakan maka dapat mengakibatkan terganggunya ritme biologismu, serta menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon, yang akhirnya tubuh rentan terserang berbagai masalah kesehatan.

#13. Ketika kamu tidur di pagi hari, maka disarankan menggunakan penutup mata, sehingga tidur kamu dapat lebih berkualitas, karena dengan kegelapan total pada mata ketika tidur, maka produksi melatonin dapat berjalan dengan baik, dan tidur menjadi berkualitas dan nyaman.

#14. Konsumsi makan-makanan yang sehat, dan juga pola makannya yang baik. Komsumsilah makan-makanan yang padat nutrisi sehingga tubuh terjaga dari berbagai ancaman penyakit. Hindari makanan model junk food, karena junk food ini akan berakibat buruk pada kesehatan tubuhnmu. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti sayuran-sayuran dan buah-buahan, makanan lainnya yaitu kacang-kacangan, daging, telur, dan juga ikan.

#15. Jangan lupa berolahraga, sehingga tubuh Kamu dapat terus fit walaupun dalam kondisi begadang, olahraga berguna agar tubuh tidak gampang lemas, selain itu juga berguna untuk menjaga kesehatan organ jantung, dan juga mencegah masalah obesitas. Beberapa jenis olahraga yang dapat Kamu lakukan yaitu joging, renang, push-up, sit-up atau berbagai macam jenis olahraga lainnya.

#16. Hindari minuman penambah energi, akan lebih sehat untuk minum air putih aja, disamping juga mengehemat uang Kamu. Minuman berenergi ini memang cukup lezat dan memberikan efek agar kamu tetap bisa terjaga di malam hari. Akan tetapi minuman berenergi sangat buruk jika diknosumsi sering karena tidak sehat.

#17. Kalau bisa konsumsi suplemen vitamin D3, dimana masalah yang sering dihadapi oleh orang yang sering begadang adalah kekurangan vitamin D3, karena dirinya sangat jarang mendapatkan sinar matahari di pagi hari, setelah malamnya begadang dan paginya tidur.


Tulisan Terkait:

loading...
loading...