Fitur Bahasa Jepang Pada Google Translate

Sebuah layanan dari perusahaan raksasa Google Inc. yang sudah cukup dikenal oleh para pengguna Internet, yaitu layanan alat penerjemah Google Translate.

Google Translate sangat berguna untuk menerjemahkan suatu kalimat yang cukup panjang, bukan saja menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau yang sebaliknya...

...layanan Google Translate ini juga dapat melakukan lebih dari itu, yaitu menerjemahkan kata atau kalimat dengan mendukung ratusan bahasa di Dunia.

Fitur Bahasa Jepang Pada Google Translate

Dengan banyaknya bahasa yang didukung, sehingga pantas Google Translate menjadi salah satu layanan online terbaik yang dapat kita manfaatkan, penggunanya berasal dari seluruh dunia. 

Layanan penerjemah Google Translate ini dapat digunakan secara gratis, sehingga siapa saja yang memiliki koneksi internet maka dapat menggunakan layanan online ini tanpa perlu mengeluarkan uang.

Yang cukup menarik dari Google Translate adalah dapat menerjemahkan kalimat yang cukup panjang, dan waktu penerjemahan juga relatif cukup cepat, penggunaan aplikasi online ini juga sangat mudah, kita hanya tinggal mengetikan kata atau kalimat, lalu tinggal klik tombol Terjemahan (tombol tersebut terlihat cukup jelas).

Tetapi disamping memiliki cukup banyak kelebihan, Google Translate juga memiliki beberapa kelemahan, seperti salah satunya adalah Google Translate belum mampu membaca dan menerjemahkan dengan maksimal Bahasa Jepang.

Bahasa jepang ditulis dengan huruf kanji. Google Translate akan kebingungan apabila Anda mengetikan bahasa Jepang tetapi dengan menggunakan huruf biasa.

Jadi agar Google Translate dapat menerjemahkan dengan benar, maka kita harus menggunakan huruf standar Bahasa Jepang yaitu dengan menggunakan huruf katakana atau hiragana. Jadi kita bisa langsung mengetikan huruf katakana atau hiragana pada keyboard.

Tetapi bagaimana jika keyboard yang Anda gunakan tidak mendukung untuk memunculkan Bahasa Jepang?

Untuk mengatasi hal ini, maka Google Translate memberikan fitur lebih pada Bahasa Jepang dengan memberikan fitur Handwriting.

Dengan fitur Handwriting ini, Anda dapat memasukan tulisan tangan (dengan menggerakakn mouse).

Anda tinggal menulis huruf katakana dan hiragana dengan menggunakan bantuan mouse, menulis pada papan yang disediakan di sebuah tempat berbentuk kotak.

Setelah Anda menulis huruf jepang tersebut (walaupun tulisan huruf Jepangnya belepotan), maka Google Translate memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mencocokan huruf yang Anda tulis. 

Tentunya ini merupakan fitur yang sangat istimewa. Sekrarang saya akan memperaktekan dengan memberikan sedikit contoh saja.

Cara penggunannya

Kunjungi halaman website Google Translate di www.translate.google.com, setelah itu pilih Anda ingin menerjemahkan Bahasa Jepang ke (misalnya) Bahasa Indonesia. Lihat gambar di bawah ini.



Apabila Anda telah memilih menerjemahkan dari Bahasa Jepang, maka akan muncul sebuah panel di kolom pengetikan kalimat, klik panel tersebut, lalu pilih menu “Jepang – Tulis tangan” (dalam versi Bahasa Indonesia).

Setelah Anda memilih menu “Jepang – Tulis tangan”, maka akan muncul kotak dialog yang baru. Lihat gambar dibawah.



Setelah muncul sebuah kotak dialog yang beru tersebut, maka Anda dapat menulis kata-kata huruf jepang, sebagai contoh lihat gambar di atas.

Anda dapat menulis dengan menggunakan mouse, tetapi apabila Anda menggunakan Android, maka Anda dapat menulis dengan sentuhan tangan (touchscreen).

Setelah menulis huruf jepang tersebut, maka Google dapat mendeteksinya sehingga dimunculkan huruf pada kolom. Lihat gambar di bawah.



Untuk mengetahui artinya klik tombol Terjemahan, setelah itu kita dapat mengetahui arti kata tersebut.

Semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait: