Cara Mengatasi Crash Pada Browser Mozilla

Browser Mozilla Firefox merupakan salah satu browser terbaik seperti halnya Google Chrome, dengan fitur-fitur menarik dan kualitas sangat baik dalam menampilkan website di jendela browser...

Sehingga sangat wajar apabila sangat banyak pengguna Internet yang menggunakan browser Mozilla Firefox dalam melakukan browsing.

Memang browser Mozilla firefox memiliki kualitas yang sangat baik, dimana banyak pengguna yang mempercayakan kepada browser Mozilla dalam melakukan browsing.

Walaupun dengan kualitas yang sangat baik, tetap saja browser Mozilla Firefox masih memilki permasalahan, seperti halnya browser-browser lainnya.

Dalam mengunakan browser Mozilla Fiefox, kita mungkin pernah mengalami bug atau crash pada browser, yaitu ada masalah pada aplikasi browser, sehingga aplikasi browser akan melakukan restart secara otomatis, atau dengan kata lain kita dipaksa untuk restart oleh aplikasi browser.

Dan memang sulit untuk menghindari crash pada browser sepenuhnya, karena hal itu umumnya merupakan tanggung jawab dari pengembang aplikasi browser itu sendiri, dalam meminimalisir bahkan menghilagkan terjadinya crash pada browser buatannya.

Disaat-saat proses restart itu akan muncul jendela “Mozilla Crash Reporter”, yang bertujuan untuk menanyakan apakah anda ingin mengirim laporan teknis tentang crash yang dialami ke pihak Brwser Mozilla.

Seperti djelaskan sebelumnya, masalah crash pada browser sebagian besar merupakan tanggung jawab dari pembuat browser tersebut, tetapi mungkin kita dapat melakukan hal-hal kecil untuk mengatasi / meminimalisir crash pada browser Mozilla Firefox, seperti:
  1. Gunakan Browser Mozilla Firefox yang versi terbaru, sehingga perlu melakukan update terhadap Browser Mozilla milik anda, karena memang teknologi desain website juga dari masa ke masa terus berkembang, sehingga dengan begitu, untuk mengimbanginya gunakan browser Mozilla yang update untuk versi terbaru. Adapun dalam melakukan update mungkin rata-rata hanya 1-2 bulan sekali, sehingga tidak merepotkan kita.
  2. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah bersikap kritis terhadap add-on dan extension yang akan dipasang (install) pada browser Mozilla, perhatikan apakah add-on yang merupakan pihak (aplikasi) ketiga tersebut kompatible atau tidak dengan versi browser Firefox yang sedang digunakan.
  3. Lakukanlah update plugins seperti plugin Flash, Java dll ke versi yang terbaru.
  4. Apabila ketika memasuki sebuah website tertentu (yang buruk), lalu terjadi crash dalam bentuk not responding atau semacamnya yang intinya browser jadi macet atau tidak berjalan, maka hal tersebut disebabkan dari script / kode yang salah terdapat pada website tersebut, sehingga hal tersebut bukan karena kesalahan browser, untuk mengatasi hal ini maka hindari mengunjungi website yang bermasalah pada script / kode.
  5. Cara kelima ini saya temukan ketika melakukan browsing di Internet, pada cara ini yang akan dilakukan adalah mengubah kode yang terdapat pada file “application.ini”, file tersebut terletak di folder Mozilla. Jadi hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke folder Mozilla, sebelumnya masuk ke Program files dahulu, yang biasanya berada di “local disk (C:)”, lalu cari file “application.ini” tersebut dan buka (open) file tersebut, setelah file dibuka cari tulisan "Crash Reporter" yang disamping “Enable=1” (gunakan perintah "Ctrl+F" untuk memudahkan pencarian), setalah itu ganti “Enable=1” menjadi “Enable=0”. Lalu save.

Masih pada cara ke-5, apabila tidak bisa di save, mungkin browser Mozilla masih berjalan / aktif, jadi close dahulu aplikasi browser Mozilla-nya, lalu ulangi lagi (untuk melakukan save). Demikian pembahasan tentang cara mengatasi crash pada browser Mozilla.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga artikel laninya:
  1. FlashGet Software Gratis Untuk Mendownload Dengan Cepat Dan Mudah
  2. FavBackup Gratis Membackup Data Di Browser
  3. Cara mendownload video youtube Melalui Savefrom
Mohon Share:

loading...

Tips Kesehatan

Info Tekno