Kumpulan Tips Menggunakan WhatsApp di Android


Tips menggunakan WhatsApp di Android - merupakan sebuah layanan untuk saling berhubungan dengan para pengguna lainnya yang juga menggunakan layanan WhatsApp. Aplikasi WhatsApp ini sudah menjadi layanan yang sudah sangat populer di dunia.

 Dengan fitur yang sangat banyak, yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, seperti fitur untuk melakukan chat dengan mudah, mengirim pesan teks, membuat group tertentu. Semua fitur tersebut dapat kita manfaatkan dengan gratis.

Selain itu masih terdapat beberapa fitur lainnya yang terdapat pada layanan aplikasi ini. Aplikasi ini juga sudah support pada banyak perangkat, seperti perangkat Smartphone Android, nokia, blackberry, dan beberapa perangkat lainnya. Disini akan dijelaskan tentang menggunakan aplikasi WhatsApp di Android.

Yang Android merupakan OS smartphone yang juga sudah sangat populer di dunia.

Dengan namanya yang sudah sangat populer, dan pengguna yang sangat banyak di dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun begitu, mungkin masih cukup banyak pengguna aplikasi WhatsApp ini yang belum memanfaatkan dengan maksimal beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini.

Yang digunakan secara maksimal hanya fitur chat, walaupun memang fitur chat merupakan fitur utama dari layanan aplikasi WhatsApp ini. Ada beberapa hal dalam menggunakan WhatsApp di Android yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Suara notifikasi khusus terdapat chat dari orang dan grup tertentu

Hal pertama yang dapat kita maksimalkan adalah membuat tanda berupa suara notifikasi yang khusus, terhadap chat yang datang dari orang tertentu maupun grup tertentu.

Sehingga dengan menerapkan hal ini pada aplikasi whatsApp, maka kita dapat mengetahui secara langsung dan cepat, chat yang datang dari orang tertentu dan grup tertentu. Sehingga kita membuat tanda notifikasi khusus

Untuk dapat mengetahui secara cepat chat yang masuk datang dari siapa atau grup mana, maka kita akan membuat suara notifikasi yang khusus, Langkah-langkah membuat notifikasi khusus untuk grup tertentu:
  1. Setalah menjalankan aplikasi WhatsApp di android, lalu masuk ke bagian menu.
  2. Lalu pilih opsi “Settings”.
  3. Lalu pilih “Notifications”.
  4. Lalu pilih masuk ke “Group notifications”.
  5. Lalu pilih “Notification tone”.
  6. Plih suara notifikasi yang anda suka.

Masih pada langkah nomor 6 diatas, anda dapat menentukan bentuk notifikasi berupa suara saja atau anda dapat memilih suara disertai dengan vibrasi dan lampu yang berkedip warna tertentu. Anda dapat memilih ini semua sesuai dengan kesukaan anda.

Sekarang akan dipaparkan langkah-langkah membuat notifikasi chat khusus yang berasal dari orang tertentu? Langkah-langkah yang perlu dijalankan.
  1. Jalankan WhatsApp pada Android, maka masuk ke bagian menu.
  2. Lalu pilih “Settings”.
  3. Lalu pilih “Notifications”.
  4. Lalu masuk ke bagian Message notifications. Di tempat tersebut, aktifkan opsi Contact ringtone.

Setelah melakukan hal diatas, maka kita dapat memberikan notifikasi khusus berupa suara pada kontak tertentu. Langkah-langkah yang perlu dilakukan:
  1. Pertama buka menu / bagian Contacts.
  2. Silahkan pilih nama kontak yang ingin kita berikan noifokasi khusus.
  3. Setelah memilih nama kontak, lalu pilih menu, lalu pilih Edit.
  4. Pilih notifikasi / pemberitahuan khusus pada kontak tersebut, berupa suara Ringtone, sesuai dengan keinginan anda

Dengan melakukan pengaturan pada notifikasi ini, maka suara notifikasi pada WhatsApp untuk orang tertentu, juga akan sama dengan suara notifikasi / pemberitahuan pada kontak panggilan.

Chat Menggunakan Teks Unik

Ini juga fitur cukup menarik yang dapat kita gunakan. Secara default sebenarnya jenis / bentuk font yang digunakan di aplikasi WhatsApp merupakan jenis font yang standar. Tetapi jika anda ingin terlihat berbeda atau unik, maka dengan fitur ini anda dapat memilih teks dengan efek font yang khusus.

Fitur ini sebenarnya bukan fitur asli dari aplikasi WhatsApp, akan tetapi untuk dapat menggunakan fitur ini, maka kita akan membutuhkan aplikasi ketiga, yaitu aplikasi tambahan Fancy Text Generator. Untuk menggunakan fitur ini, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan:
  1. Kunjungi Google Play Store, klik link https://play.google.com/store
  2. Lalu cari aplikasi “Fancy Text Generator”, dan unduh aplikasi tersebut.
  3. Setelah mengunduh aplikasi Fancy Text Generator, lalu jalankan aplikasi tersebut di Android.
  4. Lalu anda dapat menulis teks pada tempat disediakan tersebut.
  5. Lalu berikan efek, akan terlihat di bagian bawahnya terlihat daftar teks yang telah diberi efek.
  6. Lalu pilih tombol yang letaknya berada di sisi kanan, pada salah satu teks yang telah diberi efek
  7. Anda dapat menyalin teks tersebut ke dalam clipboard.
  8. Lalu paste teks tesebut ke dalam kotak tulisan pesan / chat WhatsApp, (sebelumnya jalankan apllikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  9. Teks yang telah anda disalin tersebut, akan tampil dengan efek yang telah dibuat.
  10. Terakhir anda tinggal tinggal tekan tombol Send untuk mengirimkan teks yang unik dan terlihat berbeda tersebut.

Ada dapat mem-blok kontak tertentu

Seringkali ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengrim chat dalam jumlah yang sangat banyak dengan tujuan melakukan spam, bahkan iseng. Sehingga hal ini akan sangat mengganggu. Jika hal ini terjadi pada anda, maka anda bisa untuk melakukan blok pengguna yang menganggu tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu:
  1. Pertama jalankan layanan aplikasi WhatsApp.
  2. Lalu masuk ke bagian menu.
  3. Lalu pilih “Settings”
  4. Lalu pilih “Contacts”.
  5. Lalu pilih “Blocked contacts”.
  6. Tekan tombol yang berada pada bagian kanan atas, terlihat pada layar.
  7. Setelah itu Anda dapat memilih kontak yang ingin anda blok.

Jika anda ingin menghilangkan atau membatalkan status blok pada suatu kontak, maka anda tinggal pilih Unblock pada nama kontak tersebut.

Melakukan Backup dan Restore Chat

Anda dapat melakukan back-up dan restore chat pada aplikasi WhatsApp. Apabila suatu percakapan atau chat yang anda lakukan penting. Hal ini untuk berhati-hati apabila smartphone anda mengalami kerusakan, sehingga kita butuh untuk melakukan back-up pada chat atau percakapan tersebut. Langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut yaitu:
  1. Pertama Jalankan aplikasi WhatsApp di Android anda.
  2. Masuk ke bagian menu
  3. Lalu pilih Settings
  4. Lalu pilih Chat settings.
  5. Lalu pilih Backup conversations, untuk melakukan back-up.

Dengan melakukan back-up seperti langkah diatas, maka back-up tersebut akan terbentuk berupa sebuah file back-up. File backup tersebut akan tersimpan / terletak pada folder yang bernama WhatsApp di SD Card. Untuk menambah keamanan file back-up, disarankan agar menyalin folder WhatsApp yang terletak di SD Card tersebut ke media penyimpanan lain seperti Flashdisk ataupun komputer, sesuai dengan keinginan anda.

Apabila anda ingin memindahkan file backup tersebut ke ponsel yang lain, maka langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan yaitu:
  1. Apabila di ponsel baru anda sudah terpasang aplikasi WhatsaApp, maka hapus dahulu aplikasi WhatsApp tersebut, yang nantinya aplikasi tersebut akan dipasang / install kembali di Android.
  2. Pindahkan folder WhatsApp yang berisi file backup yang dibuat sebelumnya ke SD Card pada ponsel baru anda.
  3. Lalu instalasi kembali aplikasi WhatsApp.
  4. Pada proses instaalsi, ada satu langkah pada proses instalasi dimana WhatsApp akan menanyakan kepada anda untuk melakukan restore file backup. Lalu pilih “Yes”.
  5. Selesai, data file backup berisi rekaman Chat WhatsApp anda telah dipindahkan ke ponsel lain.

Demikian tips yang telah kita bahas, seperti Chat Menggunakan Teks Unik, Chat Menggunakan Teks Unik, mem-blok kontak tertentu, serta Backup dan Restore Chat. Semoga artikel tentang tips menggunakan whatsapp di Android ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait:

loading...
loading...