8 Cara Mudah Menghemat Baterai Android


Tips menghemat baterai Android - Smartphone Android memiliki banyak fitur yang istimewa, yang dapat dimanfaatkan oleh pada penggunanya.

Pada dasarnya perangkat pintar ini berfungsi sebagai ponsel, tetapi dengan banyaknya fasilitas / fitur lengkap yang terdapat di dalamnya, membuat SmartPhone Android sudah disamakan layaknya laptop maupun netbook.

Memang ini merupakan keistimewaan Android, dengan banyaknya hal yang dapat kita lakukan ketika menggunakan smartphone Android.

Disamping memiliki kelebihan, sebenarnya tersimpan kekurangan yang cukup penting untuk kita perhatikan. Dengan semakin banyaknya aplikasi yang dapat dijalankan pada Android, maka akan semakin cepat baterai Android akan habis.

Sehingga diperlukan oleh kita sebuah cara agar dapat menghemat baterai Android, sehingga baterai Android akan awet atau tidak cepat habis.

Cara menghemat Baterai Android yang akan kita bahas, diawali dari hal sederhana hingga ke cara-cara yang membutuhkan langkah-langkah tertentu.

Cara menghemat Baterai Android

Hal sederhana pertama yang perlu kita lakukan adalah mematikan aplikasi yang tidak kita perlukan, sehingga jika ada aplikasi yang aktif atau dijalankan, sedangkan aplikasi tersebut tidak kita pelukan untuk aktif, atau jarang kita gunakan, maka lebih baik dimatikan saja.

Aplikasi atau fitur-fitur tersebut diantaranya aplikasi widget, taskar, termasuk juga fitur GPS, Wi-fi, 4G dan jaringan koneksi, NFC dan Bluetooth.

Fitur-fitur yang dipaparkan diatas, apabila aktif atau connect, maka dapat menguras daya baterai, sehingga baterai akhirnya menjadi cepat habis.

Mungkin kita tidak menggunakan fitur Android tersebut, tetapi kenapa cepat habis baterainya? Mungkin ini terjadi karena perangkat-perangkat tersebut yang aktif, padahal tidak kita digunakan.

1. Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi-aplikasi yang terpasang atau di-install pada Android juga dapat menguras isi baterai walaupun aplikasi tersebut sedang tidak dijalankan.

Karena ada beberapa jenis aplikasi tetap berjalan walaupun tidak digunakan, aplikasi tersebut berjalan di sistem Android secara tersembunyi. Anda dapat mengecek aplikasi tersebut, berikut lanngkah-langkahnya:
  1. Masuk ke menu “Settings”
  2. Lalu pilih ”Device”
  3. Lalu pilih ”Apps”
  4. Lalu pilih ”Running Services” (untuk OS Android 4.0 ICS)

Untuk Smarphone Android 2.3 Gingerbread, maka langkah-langkahnya Pertama masuk ke menu “Settings”, lalu pilih ”Applications”, lalu pilih”Running Services”.

Disana kita akan melihat aplikasi-aplikasi yang running atau berjalan. Maka perhatikan aplikasi yang berjalan, padahal tidak sedang digunakan.

2. Perhatikan aplikasi mana saja yang banyak memboroskan baterai

Masih tentang aplikasi, perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan baterai. Smartphone Android menyediakan fitur yang dapat memberitahu kita data aplikasi yang sedang running atau berjalan, disertai dengan daya baterai yang digunakannya.

Sehingga kita dapat mengetahui aplikasi yang membuat boros baterai. Terhadap aplikasi yang memboroskan baterai maka kita dapat mengambil tindakan untuk mematikan aplikasi tersebut atau meminimalkan penggunaan-nya.

Untuk dapat melihat data aplikasi yang berjalan disertai dengan daya baterai yang digunakannya, maka langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke menu Settings
  2. Lalu pilih opsi Device
  3. Lalu pilih Battery (untuk pengguna OS Android 4.0 ICS)

Untuk pengguna OS Android 2.3 Gingerbread, maka langkah-langkahnya: Pertama pilih menu “Settings”, lalu pilih “About Phone”, lalu pilih “Battery use”.

Setelah masuk ke sistem atau data penggunaan baterai, anda dapat tekan pada salah satu aplikasi yang sedang running agar dapat mendapatkan informasi yang lebih rinci.

3. Hindari perangkat Android terkena cahaya panas matahari langsung

Smartphone Android ataupun perangkat keras sejenisnya, apabila diletakan pada tempat yang terkena sinar panas matahari secara langsung, dan juga dalam waktu lama akan dapat membuat baterai lebih boros.

Bahkan baterai yang terlalu lama terkena dari panas matahari dapat berakibat rusaknya komponen baterai. Sehingga penting untuk kita perhatikan dalam meletakan suatu perangkat seperti Android ini.

4. Atur cahaya pada layar Android

Cahaya yang ada pada layar Android milik anda dapat memberikan andil untuk membuat boros penggunaan daya baterai. Bahkan cahaya pada layar ini menjadi penyebab baterai Android cepat boros. Semakin terang kita setting cahaya pada layar, maka akan semakin boros daya baterai yang akan digunakan. Jadi atur cahaya pada layar agar tidak teralu terang,

Dan juga jangan setiing terlalu gelap cahaya pada layar, yang malah akan membuat tidak nyaman dalam penggunaan. Aturlah cahaya sesuai sesuai kebutuhan dan kenyamanan kita. Atur cahaya tidak terlalu terang dan tidak juga terlalu gelap. Untuk melakukan hal tersebut, maka pilih menu “Settings”, lalu pilih “Display”, lalu pilih “Brightness”. Lalu Atur tingkat cahaya sesuai kebutuhan.

5. Pilih Wallpaper dan tema yang biasa saja

Penggunaan Live wallpaper tentu akan membuat smartphone Android menjadi terlihat sangat keren, tetapi ada hal yang akan dikorbankan apabila menggunakan wallpaper yang keren tersebut, yaitu baterai akan menjadi boros. Sebaiknya pasang wallpaper yang biasa saja dengan warna tema yang agak gelap, sehingga dapat menghemat baterai Android Anda.

6. Jangan lupa matikan Wifi apabila tidak digunakan

Wifi menjadi salah satu aplikasi yang banyak memakan daya baterai, sehingga apabila layanan fitur Wifi sedang tidak kita gunakan, maka matikan saja fungsi pada fitur ini. Sehingga dengan begitu kita dapat banyak menghemat baterai Android

7. Matikan fitur notifikasi email

Fitur notifikasi email yang aktif, cukup banyak memakan daya baterai, sehingga dapat menjadikan daya baterai cepat habis. Apalagi dengan banyaknya akun email dalam keadaan aktif, maka semakin cepat daya baterai akan habis. Sehingga anda dapat mematikan fungsi notifikasi email ini. Sehingga untuk memeriksa email yang masuk, dapat diakukan dengan cara manual saja.

Dalam menerapkan cara ini, ada hal yang perlu untuk kita perhatikan. Apabila akun email yang anda gunakan tidak terlalu update, atau tidak terdapat isi pesan email yang penting, sehingga tidak harus cepat-cepat dibaca, maka anda dapat menerapkan cara ini. Tetapi apabila setiap email yang masuk pada akun anda berisi pesan / email yang penting, sehingga harus dibaca secepatnya, maka lebih baik

Untuk mematikan fitur notifikasi email, langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke menu “Settings”.
  2. Lalu pilih :Account and Sync”
  3. Lalu hilangkan tanda centang pada pilihan Background Data dan Autosync. Pada versi OS lain, pilih posisikan ke OFF.

Anda juga dapat mematikan fitur notifikasi lainnya seperti Facebook, Seesmic dan Twitter.

8. Gunakan mode Power Saving mode

Apabila anda menggunakan perangkat Smartphone Android secara terus-menerus sepanjang hari, maka anda dapat mempertimbangkan untuk memilih modus Power Saving pada Android milik Anda.

Dengan menggunakan mode Power Saving maka akan teradi penghematan secara otomatis yang dilakukan oleh sistem Android. Sehingga dengan begitu dapat membuat awet atau tahan lama daya baterai smartphone Android.

Demikian tips menghemat baterai android yang telah dipaparkan diatas dengan beberapa cara...

Mungkin tidak semua cara diatas dapat diterapkan, karena ada kebutuhan tertentu yang mengakibatkan pengguna android tidak dapat menerapkan cara-cara diatas.

Semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait:

loading...
loading...