Cara Menggunakan Video Call di Facebook

Facebook merupakan media jejaring sosial yang diberikan untuk digunakan secara gratis, dan pengguna pengguna facebook juga sangat banyak.

Adapun kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan video call di facebook.

Seperti pada salah satu fitur facebook yang cukup sering digunakan yaitu fitur chat kepada orang lain yang telah menajdi teman facebook sebelumya.

Pada fitur chat ini kita dengan puas dan tanpa batas dapat melakukan obrolan dengan orang lain.

Dan fitur chat atau obrolan ini merupakan fitur yang sangat sering dimanfaatkan oleh para pengguna facebook.

Ternyata ada fitur yang mungkin lebih menarik lagi untuk kita perhatikan, yaitu fitur menggunakan video call di facebook.

Cara Menggunakan Video Call di Facebook
Logo Facebook (atas) dan Skype (bawah)

Dengan fitur video call ini kita dapat melakukan pembicaraan bukan sekedar melalui tulisan saja (seperti yang ada pada fitur chat), tetapi dapat melakukan pembicaraan dengan menggunakan suara secara langsung, bahkan  juga dengan bertatap muka.

Kerja sama media sosial Facebook dengan Skype.

Layanan video call ini terbentuk dari kerja sama antara Facebook dengan Skype. Skype merupakan sebuah aplikasi yang memiliki layanan video call, dan sudah cukup populer. Dan kini skype telah bergabung dengan pihak media jejaring sosial terbesar facebook. Sehingga untuk menggunakan video call skype, kita hanya butuh memanfaatkan akun facebook milik kita. Dan kita langsung bisa berhubungan dengan teman facebook yang menggunakan fitur video call juga.

Persiapan sebelum menggunakan fitur video call

Ada hal yang perlu kita perhatikan agar layanan aplikasi video call ini dapat berjalan dengan baik, hal pertama yaitu dalam menjalankan video call ini gunakan perangkat PC, laptop, atau notebook, karena aplikasi video call ini tidak dapat berjalan pada perangkat seperti smartphone dan Tablet.

Hal yang kedua  pastikan webcam yang digunakan telah terinstal dengan benar pada PC atau laptop. Lalu untuk mengaktifkan fitur suara, dengan memasang sebuah mikropon suara dengan headseat yang terpasang dengan benar. Hal selanjutnya yang perlu mendapat perhatian adalah koneksi internet yang baik dan stabil dari kedua belah pihak.

Untuk browser-nya, video call di Facebook ini dapat  berjalan pada browser Mozilla Firefox, Internet Explorer (versi 32-bit), Google Chrome, dan Opera

Cara Menggunakan Video Call di Facebook

Langkah pertama untuk menggunakan video call di facebook adalah login ke akun facebook anda terlebih dahulu. Setelah login, kunjungi halaman aplikasi video call ini, pada link dibawah ini.
Cara Menggunakan Video Call di Facebook
Gambar tampilan halaman dengan alamat http://www.facebook.com/videocalling

Gambar diatas adalah halaman aplikasi Video calling, pada halaman ini klik tombol “mulai” Setelah klik tombol mulai maka tampilan chat (yang terletak di bagian kanan bawah) akan muncul secara otomatis.

Setelah itu pilih salah satu teman yang ingin anda ajak melakukan hubungan video call. Tentunya teman tersebut dalam keadaan online, yang ditandai dengan titik berwarna hijau pada fitur chat tersebut.

Setelah memilih teman untuk melakukan video call, anda akan dibawa ke halaman web, yang di halaman tersebut anda diminta untuk mengunduh dan install Add-on, ukuran file add on tersebut sangat kecil, (500 kb).

Jika muncul pada halaman tersebut berupa tampilan untuk meminta memasang add on, maka klik install. Hal ini juga berlaku untuk teman video call anda.

Terakhir, apabila langkah-langkah di atas di atas dilakukan dengan benar, maka akan muncul sebuah tampilan jendela yang menampilkan video call, yaitu yang menampilkan video anda dan juga lawan bicara.

Apabila anda telah berhasil hingga tahap ini, berarti anda telah berhasil menggunakan fitur video call di facebook.

Untuk kelancaran dalam melakukan video call dengan teman, maka usahakan agar koneksi internet dalam keadaan yang baik dan stabil.

Apabila anda gagal dalam menghubungi lawan bicara video call anda, maka caoba kembali dan berulang-ulang hingga terhubung.

Di saat melakukan video call, anda juga dapat melakukan chat seperti yang biasa.

Demikian pembahasan tentang cara menggunakan video call di Facebook, semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait: