Cara Melindungi Akun Twitter dari Serangan Hacker


Twitter merupakan media jejaring sosial yang sudah sangat populer di dunia, seperti halnya facebook. Dan pada Twitter tersimpan data-data penting rahasia milik penggunanya, yang tentunya data-data ini jangan sampai jatuh ke pihak yang memiliki niat yang buruk.

Sehingga karena hal tersebut, maka tentunya kita sebagai pemilik akun Twitter, tidak ingin akun twitter kita dibajak oleh hacker.

Bahkan pemilik akun twitter dari kalangan elite atau orang terkenal tidak lepas dari pembajakan akun yang dilakukan oleh para hacker. Sehingga sebelum hal ini menimpa akun twitter milik kita, maka lebih baik lakukan tindakan pencegahan dengan mengetahui cara melindungi akun twitter dari serangan hacker.

Karena apabila sebuah akun sampai dibajak oleh hacker, hal yang sangat dikhawatirkan adalah akun tersebut disalah-digunakan untuk hal yang tidak baik, yang akhirnya akan merugikan pemiilik akun tersebut.

Cara Melindungi Akun Twitter dari Serangan Hacker

Hal mendasar pertama yang dapat dilakukan dalam melindungi keamanan akun twitter adalah membuat password atau kata sandi yang sulit ditebak oleh orang lain. Buatlah kata sandi yang cukup panjang dan unik, berisi dari kombinasi huruf kecil dan besar, kombinasi huruf, angka dan simbol lainnya. Intinya buat password yang tidak dapat ditebak oleh orang lain.

Jangan membuat password yang mudah ditebak oleh pihak lain,, seperti menggunakan nama, bulan dan tanggal kelahiran, nomor telepon atau ponsel, dan hal yang sangat mudah ditebak lainnya. Hindari juga memggunakan kata sandi yang sama di banyak akun lainnya untuk login.

Perhatikan keamanan aplikasi pihak ketiga yang digunakan

Perhatikan layanan atau aplikasi dari pihak ketiga yang digunakan, apakah aplikasi tersbut aman untuk digunakan atau malah berisi program yang berbahaya untuk keamanan akun twitter milik kita. Sehingga sangat dianjurkan kita cukup selektif dan hati-hati dalam memilih layanan aplikasi yang ingin digunakan. Gunakan aplikasi yang memang dikenal aman oleh banyak pengguna Twitter.

Dan hal terakhir adalah gunakan aplikasi dari pihak ketiga sesuai dengan kebutuhan saja, untuk meminimalisir adanya program berbahaya dari aplikasi pihak ketiga. Apabila kita sampai lengah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berisi program berbahaya, maka sangat berkemungkinan aplikasi berbahaya tersebut dapat mencuri data rahasia yang terdapat di dalam twitter, dan juga termasuk kata sandi akun, Anda dapat menghapus aplikasi pihak ketiga yang dicurigakan berisi program berbahaya pada opsi Revoke.

Pastikan link / tautan yang ingin Anda klik aman

Perhatikan setiap link yang ingin anda klik, jangan melakukan klik tautan atau link yang ada di twitter dengan sembarangan, karena setiap link yang dipajang pada jejaring sosial twitter tidak sepenuhnya aman, bahkan mungkin cukup banyak link atau tautan yang akan membawa kita ke website yang berisi program berbahaya, seperti mengandung malware. Yang pada akhirnya program berbahaya tersebut dapat mencuri password dan data pribadi di twitter milik kita.

Biasanya link yang berbahaya tersebut dikemas dalam bentuk penawaran tertentu, yang dapat menarik seseorang untuk melakukan. Hati-hati dalam setiap penawaran yang terlihat kurang wajar, seperti contoh: Beli Laptop dapat mobil, dan contoh penawaran semacamnya. Sangat berkemungkinan besar ketika seseorang melakukan klik pada link / tautan tersebut, maka akan dibawa kepada website yang berisi program berbahaya.

Sebagai tambahan juga, hati-hati dalam melakukan follow back, yang barasal dari rayuan pengguna lain yang cukup mencurigakan. Karena ada kemungkinan berisi link yang berbahaya. Sehingga perlu diperhatikan pengguna lain yang ingin kita follow back.

Gunakan Antivirus yang bagus

Maksud dari antivirus yang bagus disini adalah memiliki fitur yang dapat mendeteksi adanya program jahat di internet, untuk kemudian dapat melindungi data-data milik kita dari program berbahaya tersebut. Gunakan antivirus yang memiliki fitur tersebut agar dapat menghindari setiap pencurian data yang kemudian dapat disalahgunakan tersebut.

Jangan lupa Sign Out

Setelah menggunakan twitter, maka lakukan sign out, apalagi ketika kita membuka dan menggunakan akun twitter di warung internet dan tempat ramai lainnya, maka jangan sampai lupa dalam melakukan sign out, ketika sudah selesai menggunakan twitter. Hal ini dilakukan karena untuk menghindari orang lain secara sengaja atau tidak sengaja masuk ke dalam akun twitter milik kita.

Gunakan sekuriti ganda (two step)

Dengan pembobolan akun Twitter yang dilakukan oleh hacker, pihak twitter akhirnya memberikan fitur sekuriti ganda (two step) dalam log-in. Untuk menggunakan fitur ini maka kita memerlukan perangkat atau nomor ponsel milik kita, yang nantinya akan dimanfaatkan untuk setiap melakukan log in pada akun Twitter, dengan melakukan verifikasi.

Cara mengaktifkan fitur sekuriti ganda atau two step, pertama pergi ke menu “Setting”, lalu pilih bagian “Account Security”, kemudian centang pada pilihan “required a verification when sign in”.

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan nomor ponsel anda yang digunakan untuk verifikasi. Setelah itu akan muncul peringatan di box bahwa dengan mengaktifkan fitur ini Anda tidak dapat login ke Twitter tanpa kode pin, lalu pilih “Yes”. Setelah itu ikuti petunjuk yang ada, sehingga jika sudah selesai, anda akan menggunakan enam angka pin yang akan dijadikan untuk proteksi akun Twitter.

Dengan menggunakan fitur two ste ini, ketika log-in anda akan diminta untuk memasukan password, setelah itu anda akan diminta untuk memasukan nomor pin 6 digit. Nomor pin 6 digit ini akan anda masukan setiap kali ingin mengakses Twitter.

Semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait:

loading...
loading...