Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-ciri Akun Facebook Yang Palsu Dan Asli?


Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-ciri Akun Facebook Yang Palsu Dan Asli?
Facebook sebuah jejaring sosial yang sangat populer di dunia, yang didirikan oleh Mark Zuckeberg. Dengan kegunaannya yang memberikan kemudahan dalam berhubungan dengan orang lain dalam beberapa bentuk atau fitur seperti komentar pada update status, chatting, dan beberapa fitur lainnya. Proses mendaftar pada akun facebook sangat mudah, sehingga seseorang bisa dengan cepat untuk memiliki sebuah akun facebook.

Dengan cepat dan mudahnya untuk mendapatkan akun facebook, maka seseorang juga dapat dengan dengan mudahnya untuk membuat lebih dari satu akun facebook dengan tujuan tertentu. Biasanya akun facebook tersebut biasanya sebagai alat bisnis atau juga alat untuk mempromosikan sesuatu, atau juga mungkin hanya sekedar iseng, tetapi yang parah adalah seseorang memiliki banyak akun facebook dengan tujuan kejahatan seperti menipu orang lain.

Seperti informasi yang di dapat dari Detik.com dan PC Advisor bahwa pada maret 2013 pihak dari facebook mengumunkan tentang jumlah pengguna dari akun facebook yang telah terdaftar telah menembus angka lebih dari 1 miliar. Dan dari  1 miliar pengguna tersebut, terdapat akun palsu sebanyak 7%, atau sekita 75 juta akun.

Cara Mengetahui ciri-ciri akun facebook yang palsu dan asli

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa akun facebook yang palsu tersebut dikhawatirkan akan dibuat oleh penggunana untuk melakukan kejahatan, sehingga perlu kewaspadaan dari diri kita dalam menggunakan jejaring sosial ini. Ada beberapa hal untuk mengetahui ciri-ciri akun facebook yang palsu dan asli.

Perhatikan Aktifitas Pengguna Akun tersebut
Ciri-ciri pengguna akun facebook yang palsu, yang akan dipaparkan setelah ini memang tidak dapat dipastikan 100% bahwa akun tersebut palsu, tetapi hanya kemungkinan. Untuk memastikan akun facebook tersebut palsu maka diperlukan penelitian yang lebih. Ciri-ciri pertama dari  akun facebook yang palsu adalah hampir tidak pernah update status, walaupun mungkin ada sebagian pengguna asli akun facebook yang menggunakan facebook lebih sering untuk membaca status teman yang bagus yang menarik perhatiannya.

Tetapi apabila pemilik akun tersebut hampir tidak pernah melakukan share status teman, padahal statusnya cukup bagus dan menarik, maka dengan hal ini, ada kemungkinan akun facebook tersebut palsu. Karena untuk melakukan share dan juga like cukup mudah, tidak perlu mengeluarkan tenaga dan pikiran yang lebih, sehingga apabila sang pemilik akun untuk melakukan share saja tidak sempat, maka ada kemungkinan itu adalah akun palsu.

Kalaupun update status, maka isinya bukanlah hal yang kreatif, tetapi hanya berisi seperti promosi produk dan yang semacamnya. Apabila hampir semua update statusnya berisi promosi produk saja, bahkan jumlah update statusnya tentang promosi produk tersebut sangat banyak atau tidak wajar. Maka kemungkinan besar akun facebook tersebut dibuat dengan tujuan mempromosikan produk saja.

Lalu ciri-ciri akun facebook yang palsu juga sangat jarang memberikan komentar dan bahkan tidak pernah memberikan komentar pada status teman, padahal update status teman-temannya dinilai cukup menarik. Selanjutnya juga pengguna akun tersebut tidak memiliki foto / gambar, atau gambarnya sedikit sekali, dan juga tidak memiliki gambar yang dinilai cukup unik. Karena para pemilik facebook yang aslinya, apabila menemukan foto atau gambar unik yang menarik perhatiannya, maka mereka akan memasukan foto tersebut kedalam foto koleksinya di FB.

Sehingga akan diketahui kemungkinan akun tersebut palsu, dari facebook miliknya yang tidak terawat, dan tidak memiliki isi yang berkualitas, baik dari update status, maupun share update status.

Tidak pernah mau diajak chatting.
Pemilik akun Facebook yang palsu tidak pernah mau untuk diajak chatting, biasanya mereka menggunakan hanya untuk mempromosikan produk saja, karena dengan melakukan chatting, maka akan membuang-buang waktunya dan juga hal itu tidak menguntungkan bagi dirinya. Karena tujuannya hanya untuk melakukan promosi barang. Tetapi apabila pemilik akun tersebut cukup merespon dan aktif chatting dengan kita, maka kemungkinan besar akun tersebut asli.

Perhatikan Foto untuk memastikan akun tersebut asli
Anda dapat memastikan akun Facebook yang asli, dari foto yang dimilikinya. Anda dapat melihat koleksi foto atau album pemilik akun tersebut, perhatikan apakah ada foto yang memiliki latar belakang yang sama. Maksudnya, seperti ketika dia mempunyai foto ketika wisata di pantai bali, apabila dia memiliki cukup banyak foto ketika berada di pantai bali tersebut, maka hampir dipastikan foto tersebut adalah asli miliknya, sehingga akun tersebut hampir dipastikan juga asli pemiliknya.

Biasanya pada pemalsu akun facebook, menggunakan foto seorang wanita dengan tampilan yang menggoda. Hal yang dapat anda perhatikan lainnya adalah apabila akun tersebut menggunakan gender  wanita, maka perhatikan nama alamat email yang dia gunakan, apabila nama email yang digunakan berbau nama laki-laki, maka ada kemungkinan besar akun tersebut palsu.

Lihat Teman akun tersebut
Untuk pemilik akun asli biasanya memiliki jumlah teman yang tidak sedikit, karena facebook-nya terurus dan sering dipakai. Tetapi apabila akun tersebut hanya memiliki teman yang sangat sedikit, seperti hanya 10 orang, maka kemungkinan besar akun tersebut fake atau palsu. Selain itu jika temannya cukup banyak, anda dapat memperhatikan temannya, apakah kira-kira cocok dengan info di akun tersebut, seperti memiliki hobi yang sama dan semacamnya.

Orang yang membuat akun facebook dengan tujuan hanya promosi sesuatu, maka dia biasanya tidak memperhatikan hobi, kesukaaan dari temannya tersebut. Apabila anda perhatikan akun tersebut memiliki teman yang acak atau asal add teman saja, maka ada kemungkinan juga akun ini palsu.

Perhatikan Wall to Wall
Pemilik akun yang asli, biasanya akan memiliki teman yang dekat atau akrab di dunia nyata. Tidak halnya dengan akun palsu, karena tujuan utama pembuatan dari akun palsu tersebut bukan untuk berteman, tetapi ada tujuan tertentu. Sehingga para pemilik akun palsu biasanya tidak melakukan add friend pada teman dekatnya di dunia nyata.

Sehingga anda dapat memperhatikan pada wall pada akun tersebut, apabila pada akun tersebut terdapat wall atau dialog dua arah atau lebih seperti contoh:

Akun A: Besok jadi gak berenang bareng?
Akun B: Nggak jadi.
Akun A: Kenapa besok gak jadi berenang?

Akun asli biasanya memiliki aktifitas pembicaraan atau interaksi dengan teman dekatnya. Sehingga apabila ada interaksi seperti contoh di atas, maka kemungkinan besar akun tersebut asli. Tetapi apabila sangat sering terdapat komentar-komentar yang tidak dibalas, bahkan isinya kebanyakan spam, maka ada kemungkinan akun tersebut palsu.

Manfaatkan fitur Google Image
Google memiliki fitur Google Image yang memiliki kegunaan untuk mencocokkan gambar yang sama. Anda dapat mengetahui kebenaran foto pada suatu akun Facebook, adalah asli kepunyaan dari pemilik akun facebook tersebut. Gunakan Google Image dengan cara mengupload foto dari pemilik akun tersebut ke google image. Lalu perhatikan hasil google image, jika banyak foto yang sama keluar (dengan yang anda upload), maka kemungkinan besar akun Facebook tersebut palsu

Demikian telah kita bahas tentang cara mengetahui ciri-ciri akun facebook yang palsu dan asli. Memang apa yang telah dipaparkan diatas tidak dapat dijadikan hal mutlak untuk memastikan bahwa akun tersebut palsu atau asli, tetapi ciri-ciri yang disebutkan diatas adalah hanya kemungkinan bahwa akun tersebut palsu atau asli. Mungkin apabila memang ada banyak ciri-ciri yang disebutkan diatas terdapat pada akun tersebut, maka baru dapat dipastikan akun tersebut palsu atau asli.

Semoga artikel tentang cara mengetahui ciri-ciri akun facebook yang palsu dan asli ini dapat bermanfaat.



Baca juga artikel lainnya:

10 Cara Menghindari Kejahatan Hacker Facebook
Para hacker banyak melakukan hack facebook milik orang lain dengan mencuri password.

Tips Keamanan Menggunakan Android
Smartphone Android tentunya memiliki harga yang cukup mahal, sehingga perlu untuk diketahui cara aman menggunakan Android.

Download Free Aplikasi WhatsApp Nokia, Blackberry Dan Android Gratis
WhatsApp sebuah aplikasi internet gratis yang memiliki fungsi untuk saling berhubungan dengan teman-teman.


Antivirus & Security