Apa Bahaya Menginstall Aplikasi Android Diluar Google Play Store?

Sebuah peringatan bagi para pengguna Android yang sangat suka untuk menginstall banyak aplikasi Android diluar Play Store.

Play Store merupakan tempat resmi instal aplikasi yang dipilih oleh pihak pengembang OS Android.

Untuk mendownload dan menginstall berbagai aplikasi untuk Android. layanan Google Play Store terbentuk dari kerja sama antara pihak dari Google dengan pihak Android.

Apa itu Google Play Store?

Apa Bahaya Menginstall Aplikasi Android Diluar Google Play Store?Layanan aplikasi Google Play Store ini pada awalnya bernama Android Market yang kemudian diubah menjadi nama seperti sekarang ini.

Layanan Google Play Store dapat diakses melaui website seperti biasa, dan juga bisa langsung dari Android.

Sebuah kemudahan dapat mengakses dan menginstall aplikasi langsung dari Android, tanpa melalui pihak ketika seperti PC atau Laptop.

Aplikasi yang terdapat pada layanan ini adalah ratusan ribu aplikasi, tentunya jumlah yang sudah sangat banyak, dan diantaranya banyak aplikasi yang gratis untuk kita manfaatkan.

Bahaya install aplikasi Android di luar Google Play Store

Aplikasi merupakan bagian yang sangat penting bagi perangkat Android. Sehingga hal "wajib" adalah memasang aplikasi pada perangkat.

Tetapi tidak bisa sembarangan dalam mengambil suatu aplikasi untuk diinstall di Android, selain memperhatikan kegunaan dan fiturnya, kita juga sangat perlu untuk mengetahui asal pembuat aplikasi tersebut, Karena di khawatirkan mengandung program yang berbahaya pada sistem Android.

Karena sebuah lubang keamanan sistem (yang bocor) yang terjadi telah ditemukan dan dilaporkan banyak pihak, yang dikhawatirkan menimbulkan hal buruk untuk sebagian besar pengguna perangkat OS Android.

Berdasarkan penelitian dari pihak keamanan bluebox Labs, terdapat bug yang sudah ada muncul sejak Android versi 1.6.

Dengan keadaan yang sepeti ini, dapat memungkinkan pihak ketiga, bisa memodifikasi aplikasi dengan sangat bebas dan tanpa batasan, sehingga keadaan ini dimanfaatkan oleh pihak jahat atau hacker untuk menyusupkan berbagai program perusak seperti malware ke dalam perangkat, untuk menyerang sistem Android.

Sehingga hal ini tentunya sangat membahayakan bagi para pengguna Android. Anda dapat mencegah Android anda dimasuki oleh aplikasi yang di dalamnya terdapat program jahat, yaitu dengan menginstall aplikasi hanya di Google Play Store.

Karena tempat diwnload tersebut yang resmi ditunjuk oleh pihak pengembang OS Android untuk mendapatkan berbagai aplikasi, baik yang gratis maupun berbayar. Aplikasi yang ada disana dilakukan seleksi ketat tentang keamanannya.

Adapun jika menginstall aplikasi Android selain melalui Google Play Store, sangat terbuka lebar ada hacker yang memasukkan program jahat seperti malware, trojan, dll yang menyamar sebagai sebuah aplikasi.

Anda harus memperhatikan dengan teliti tentang aplikasi yang ingin diinstall, kalau perlu minta rekomendasi teman Anda.

[UPDATE]
Ciri-ciri aplikasi Android yang berbahaya:

1. Izin Pemasangan Aplikasi Mencurigakan

Ketika mengambil apps dari luar Play Store, biasanya terdapat tanda mencurigakan saat melakukan izin pemasangan. Aplikasi tersebut meminta izin untuk membaca kontak, akses lokasi atau pun membuat koneksi internet.

Kondisi seperti ini, ada kemungkinan besar aplikasi tersebut berbahaya untuk anda pasang di Android.

Hal itu karena bentuk izin pemasangan tadi bisa saja digunakan untuk mencuri data-data penting, untuk dikirim (upload) di internet ke dalam servernya.

Selain itu, aplikasi yang meminta izin untuk mengirinkan SMS yang berbayar pun patut dicurigai.

2. Jumlah Penginstallan, Ulasan aplikasi serta Reputasi mencurigakan

Angka banyaknya penginstall pun dijadikan ciri aplikasi tersebut bahaya atau tidak. Jika anda melihat aplikasi yang sudah didownload oleh lebih dari 1juta orang dan mendapat rating tinggi yaitu 4-5 bintang, itu tandanya aplikasi tersebut kemungkinannya aman dan terpercaya.

Selain itu, Anda harus melihat ulasan dari aplikasi tersebut. Baca sejenak ulasan komentar dari pengguna lain terlebih dahulu.

3. Deskripsi aplikasi tidak jelas & aneh

Deskripsi yang tidak jelas (tidak menjelaskan fitur-fitur aplikasi) patut menimbulkan kecurigaan, ada kemungkinan aplikasi tersebut dibuat oleh developer abal-abal...

...yang belum mengerti marketing atau cara memasarkan produknya, sehingga hanya asal-asalan saja.

Apabila Anda menemui kondisi seperti demikian, maka anda perlu hati-hati dengan aplikasi tersebut, karena ada kemungkinan aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan memasukan program berbahaya tertentu.

Semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait: