Review Game Age Of Empires 3: The WarChief (Tips & Cara Mainnya)


Age Of Empires adalah game strategi perang realtime yang menggunakan tema kerajaan. Saat mengatur gerakan pasukan perang melawan musuh, disaat bersamaan anda mengatur hal lainnya seperti mengatur ekonomi kerajaan, dll.

Game strategi ini yang dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios dan dikembangkan Ensemble Studios dari Microsoft Corporation.

Logo Age of Empires III

Pada versi game Age of Empires III: WarChiefs menghadirkan berbagai pembaruan. Cerita pada Age of Empires III: WarChiefs yaitu tentang kehidupan peradaban dan sejarah asli Amerika dimulai dari tahun 1500 hingga sekitar tahun 1800.

Selain Age of Empires III: The WarChiefs yang memperkenalkan 3 peradaban pribumi Amerika, juga ada Age of Empires III: The Asian Dynasties yang memperkenalkan 3 peradaban Asia.

Tips & Cara Main Game Age Of Empires 3: The WarChief

Terdapat 4 faktor utama (penting) di dalam permainan yaitu pengaturan ekonomi, pengumpulan sumber daya, produksi unit sipil dan unit militer.

Terdapat 3 mode permainan, yaitu:
  • Campaign, dimana permainan pada mode ini berdasarkan cerita yang sesuai sejarah.
  • Single-Player Skirmish, dimana pada mode ini pemain bebas dalam memilih teman dan musuh, sesuai dengan skenario sendiri.
  • Multi-player Skirmish, mode ini untuk bermain bersama dengan orang lain secara online. 

Untuk permainan single player, pemain akan memakai 1 karakter sebagai utusan kerajaan untuk menjelajah di benua baru Amerika.

Age Of Empires 3

Lokasi awal untuk mendarat adalah di wilayah Amerika Latin. Anda akan memiliki pasukan untuk bisa mendirikan sebuah koloni baru sebagai bangsa baru yang terkuat di benua Amerika.

Hanya saja Anda tidak sendirian di wilayah tersebut, dimana di dalam permainan nantinya Anda berhadapan dengan penjelajah dari negara lain.

Anda akan bersaing dengan bangsa lain, bahkan berperang untuk memperoleh tanah baru. Selain itu, Anda akan menjumpai musuh yang berasal dari penduduk asli Amerika. Anda nantinya bisa bersekutu dengan beberapa pihak dari penduduk asli Amerika.

Seperti game strategi perang pada umumnya, pertama-tama yang Anda lakukan adalah mencari dan memanfaatkan sumber daya alam, seperti daging, kayu, emas, batu dan lainya.

Anda harus mencari semua komponen dari sumber daya alam tersebut, dalam rangka untuk membangun kerajaan atau negara.


Pada versi Age of Empires III: WarChiefs ini, terdapat sumber daya baru di peta yaitu tambang tembaga dan timah, tapi tembaga dan timah tidak terlalu menghasilkan banyak koin, dibandingkan emas dan perak.

Tambang tembaga dapat memproduksi 2000 koin, tetapi tambang emas dapat menghasilkan hingga 5000 koin.

Untuk memiliki banyak stock kayu, daging, emas, batu atau yang lainnya, maka akan diperlukan tenaga kerja yang nantinya ditugaskan oleh Anda.

Tenaga kerja tersebut seperti tukang kayu, petani, pemburu hewan, nelayan, penambang emas, penambang batu, dll.

Stock kayu dapat digunakan untuk membangun rumah untuk masyarakat. Dengan membangun rumah maka populasi di dalam kerajaan bertambah, yang keuntungannya dengan bertambahnya populasi maka akan semakin banyak jumlah tenaga pekerja.

Selain membuat tenaga kerja, anda juga dapat membuat prajurit, tetapi untuk membuat prajurit selain memerlukan populasi juga memerlukan stock daging, emas, kayu yang cukup banyak.

Atur prajurit untuk menginvasi wilayah kekuasaan musuh. Pada versi Age of Empires kali ini, latar atau suasana perang dibuat seperti pada perang dunia ke I, dimana pada masa tersebut, sudah terdapat pistol, meriam, perahu besi, dan yang sejenisnya.

Juga terdapat delapan buah peta baru, seperti wilayah barat laut (Oregon, Washington, dan Columbia Inggris), California, Painted Desert, dll.

Untuk memenangkan permainan, maka kemenangan sangat ditentukan dari kekuatan militer Anda. Sehingga permainan tidak tentang Anda mengumpulkan uang atau koin (ekonomi), tapi kemenangan dipengaruhi dari jumlah dan kekuatan pasukan Anda.

Hanya saja, agar bisa membuat pasukan maka diperlukan biaya, dengan kata lain adalah uang / koin.

Nah, disinilah Anda harus membangun ekonomi kerajaan dengan sangat apik. Jika ekonomi kuat, maka Anda pun akan bisa membuat banyak pasukan elit, sehingga militer menjadi kuat.

Maka di awal permainan, Anda harus sesegera mungkin untuk mendirikan berbagai bangunan penting guna mengembangkan ekonomi.

Setelah memiliki uang yang cukup, maka segera buat pasukan agar wilayah Anda terlindungi dari serangan musuh.

Demikian seterusnya, Anda mengembangkan ekonomi dan juga membuat pasukan. Setelah jumlah pasukan banyak, maka mulailah untuk berencana menyerang wilayah musuh.

Selain single player dalam menyelesaikan misi, juga terdapat fitur multiplayer, sehingga anda dapat beradu strategi perang dengan teman anda. Bermain game ini bersama-sama dengan teman sangat menyenangkan.

loading...

Cheat Codes

Pada game strategi ini terdapat "cheat codes", tekan [ENTER] kemudian ketik cheat codes di bawah ini dengan berbagai fungsinya, yang diantara tanda petik (ketik tanpa tanda petik):

“x marks the spot” yang berfungsi Remove Fog of War

”medium rare please” yang berfungsi menambah 10,000 makanan (Food)

” give me liberty or give me coin” yang berfungsi menambah 10,000 Coin

” nova & orion” yang berfungsi 10,000 XP

”<censored>” yang berfungsi menambah 10,000 kayu atau wood

” speed always wins” yang berfungsi 100X Gather/Build Rates

” this is too hard” yang berfungsi Win Scenario (skenario kemenagan)

” tuck tuck tuck” yang berfungsi Spawn Monster Truck

” ya gotta make do with what ya got” yang berfungsi Spawn Mediocre Bombard

” sooo good” yang berfungsi Musketeer'ed! When Killed by Musketeers

Persyaratan Spesifikasi PC game Strategi Perang Age Of Empires 3: The WarChief :
- Microsoft Windows 98, ME, 2000, XP
- 128 MB RAM dianjurkan kecepatan memori: 512 MB RAM
- Pentium 800 MHz dan dianjurkan 2.0 Ghz CPU
- Memori VGA: 64 MB 3D video card dan dianjurkan VGA: 128 MB 3D video card
- Space free Hardisk: 1,5 GB
- DirectX 8.0 dengan suara yang kompatibel
- 56 kbps koneksi Internet apabila ingin bermain online

Semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

[UPDATE]
Struggle of Indonesia – Mod Keren Age of Empires III Rasa Tanah Air!

Indonesia merupakan negara yang sangat luas, yang lahir dari sejarah yang panjang. Tentu saja, perjalanan ini tidak mudah. Perjuangan selama ratusan tahun di wilayah-wilayah Nusantara, dikemas di dalam pelajaran sejarah di sekolah. Menarik? Belum tentu.

Nah, sala satu cara alternatif yang mengasyikkan untuk memperlajari sejarah Indonesia adalah via video game.

Salah seorang anak Indonesia berusaha membuat sebuah mod dari Age of Empires III, yang berisi cita rasa Nusantara masa lampau di dalam permainannya.

Struggle of Indonesia – Mod Keren Age of Empires III Rasa Tanah Air
Photo credit: Moddb.com

Mod ini tidak hanya tentang memunculkan Indonesia di AOE III, namun disana secara detail memberikan info peradaban, seperti unit khusus dan spesialisasi yang sesuai daerah.

Anda tentunya ingin mengetahui pertemuran Kesultanan Aceh di bawah pimpinan Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien. Atau perjuangan Pangeran Dipenogoro yang luar baisa.

Agar menjadikan mod yang dibuatnya benar-benar terasa otentik, maka sang modder memiliki keinginan untuk menambahkan voice acts ke dalamnya. Bahkan diiklan kepada orang-orang, untuk menjadi relawan yang bisa berbahasa Madura, Sunda, hingga Melayu Riau. Sehingga suasana permainan lebih otentik.

Jika Anda tertarik dengan Mod “Struggle of Indonesia”, download di Moddb.com

Adapun fanspagenya di https://web.facebook.com/StruggleofIndonesia

Catatan: Mod ini untuk game Age of Empires III: The Asian Dynasties


Tulisan Terkait:

loading...
loading...