Rabu, 19 Juni 2013

Menyimpan Data Secara Online Di Internet Dengan Dropbox


Dropbox sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data / file secara online. Sehingga dengan menggunakan layanan Dropbox ini kita dapat menyimpan beberapa file yang kita inginkan secara online.

Cara menyimpan data file di Internet / online

Layanan ini dioperasikan oleh perusahaan pengembang teknologi perangkat lunak dan web Dropbox, Inc. Dengan layanan menyimpan data secara online ini maka secara otomatis anda akan dapat berbagi data / file dengan pengguna internet lain di seluruh dunia.

File yang anda upload pada layanan Dropbox akan menghasilkan sebuah alamat link yang secara otomatis diberikan, dengan link yang diberikan tersebut maka seseorang dapat mendownload data file tersebut. Bila anda ingin berbagi, maka anda dapat menyebarkan atau membagikan link tersebut kepada orang lain.

Dropbox gratis tempat penyimpanan data secara online di Internet


Layanan penyimpanan data Dropbox ini menyediakan layanan yang gratis juga disamping layanan yang berbayar. Pada layanan yang gratis, fitur yang diberikan juga cukup baik. Secara umum fasilitas yang diberikan tidak terlalu berbeda, hanya perbedaanya terletak pada hal kapasitas space yang diberikan.

Menyimpan Data Secara Online Di Internet Dengan Menggunakan Dropbox
Logo Dropbox

Layanan Dropbox memberikan layanan gratisnya dengan menyediakan 2 GB penyimpanan data file online dengan gratis. Bahkan pengguna yang mengajak orang lain, maka bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB.

Dropbox memberikan kepada pengguna dengan akun gratis dengan kapasitas data sebesar 2 GB. Dan untuk akun yang berbayar diberikan kapasitas sebesar 50 GB dan 100 GB. Bahkan bagi pengguna akun khusus akan diberikan layanan penyimpanan data dengan menggunakan kapasitas data sebesar 1 TB.

Bagi anda yang pengguna baru, mungkin menggunakan yang versi gratis juga tidak masalah. Jika anda ingin manambah kapasitas, tinggal melakukan upgrade ke layanan berbayar.

Untuk bahasa utama pengunaan aplikasi ini, yaitu bahasa inggris. Dropbox juga support pada bahasa jepang, jerman, spanyol, dan perancis yang sedang dalam tahap beta (pengembangan) bahasa-bahasa tersebut. Sayangnya belum support bahasa Indonesia.

Cara menggunakan Dropbox

Sekarang kita masuk pada cara menggunakan Dropbox dan juga tentunya untuk menggunakan layanan Dropbox secara otomatis kita akan diperintahkan untuk menginstall software Dropbox pada Komputer.

1. Langkah pertama untuk dapat menggunakan layanan ini adalah mendaftar akun Dropbox, kunjungi halaman di bawah ini.
Setelah anda mengunjungi halaman website resmi layanan Dropbox di atas akan ditemui tampilan web seperti di bawah ini.

Tampilan halaman website resmi layanan Dropbox

Untuk membuat akun klik “Sign Up”. Setelah itu akan muncul empat buah kolom, isi kolom yang tersedia di atas, kolom tersebut berisi:
First name: Isi dengan nama depan anda.
Last name: Isi dengan nama belakang anda.
Email: Isi dengan alamat email anda yang masih aktif.
Password: Isi dengan password / kata kunci yang sulit ditebak.
Jika anda sudah selesai mengisi 4 kolom di atas, klik Sign Up dan setelah itu akan muncul perintah-perintah selanjutnya. Ikuti saja perintah tersebut untuk membuat akun Dropbox, cukup mudah kok.

2. Setelah membuat akun selesai, kita diperintahkan untuk menginstall sebuah aplikasi Dropbox di dalam komputer atau gadget kita. Ukuran filenya sekitar 33 MB. Untuk download aplkasi Dropbox kunjungi halaman di bawah ini.
Setelah kita mendownload aplikasi Dropbox, maka selanjutnya install software tersebut. Untuk menginstall-nya, jalankan file Dropbox yang telah di-download sebelumnya (dengan klik 2 kali pada file). Lalu akan muncul sebuah jendela untuk pertama kalinya, seperti gambar di bawah ini.

Proses menginstall aplikasi Dropbox

Disana (gambar di atas) ada kotak dialog yang ada dua pilihan, jika sudah memiliki akun maka pilih bagian “I already have Dropbox account“, Klik next. Lalu kita akan diperintahkan untuk login dengan akun yang telah kita buat sebelumnya, tujuannya untuk menghubungkan aplikasi dengan akun di internet.

3. Setelah itu akan muncul jendela baru, klik Install.  Untuk proses selanjutnya akan muncul jendela yang akan menanyakan tempat untuk hasil install aplikasi, seperti kebanyakan pengguna memilih folder Program files di Local disk C:.

4. Lalu akan juga muncul jendela yang akan menanyakan jenis akun yang anda inginkan, seperti free (gratis) akan mendapatkan 2 GB, atau menggunakan layanan yang berbayar dengan harga $9.99 perbulan dan $19.99 perbulan yang  masing-masing akan mendapatkan kapasitas peyimpanan data yang lebih besar dibanding dengan yang free. Lihat gambar di bawah ini.

Proses menginstall aplikasi Dropbox

Setelah itu anda klik next, dan ikuti perintah selanjutnya hingga nantinya proses install akan dimulai. Proses install akan memakan waktu beberapa lama.

5. Setelah proses install software telah selesai, dan akun Dropbox telah dibuat, sekarang kita masuk ke dalam pembahasan cara menggunakan Dropbox, sebenarnya cara menggunakan Dropbox cukup mudah, kita hanya butuh pembiasaan saja untuk dapat dengan lancer dalam menggunakan Dropbox.

Kita dapat menambahkan folder dan berbagi dengan teman-teman yang menggunakan akun Dropbox juga. File yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman yang kita invite. Dengan syarat juga teman anda memakai Dropbox dan sedang online. Praktis dan Mudah, bukan?.

Untuk berbagi folder caranya, (sebelumnya login ke website Dropbox dahulu). Anda buat sebuah folder di sana (terserah anda nama folder tersebut), maka folder akan otomatis ada di komputer yang sudah tersinkronisasi atau terhubung dengan aplikasi Dropbox. Lihat gambar di bawah.

Tampilan dari layanan Dropbox

Klik kanan pada folder tersebut, maka akan ada beberapa pilihan, pilih Invite to folder options. Setelah itu muncul tampilan jendela, lalu masukan email Dropbox teman kita, jika teman kita menyetujuinya maka kita sudah tersinkronisasi dengan teman kita. Dan ada juga beberapa pilihan lainnya seperti Share Link, Download, Delete dan beberapa opsi pilihan lainnya seperti pada gambar di atas.

Dropbox memiliki fitur undo untuk mengatasi file yang tidak sengaja untuk terhapus. Dan beberapa fitur lainnya terdapat di dalam layanan Dropbox ini.

Semoga Artikel tentang layanan penyimpanan data secara online dengan Dropbox  ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Antivirus & Security