Bagaimana Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca / Terdeteksi?


Bagaimana Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca / Terdeteksi?
Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca - merupakan sebuah alat elektronik, yang sudah kita ketahui barang elektronik tentunya memiliki jangkan waktu tertentu sehingga akhirnya akan rusak. Seperti halnya flashdik bila sudah dipakai cukup lama dalam jangka waktu tertentu tentunya akan rusak juga. Sehingga bagaimana cara memperbaiki flashdisk atau lebih tepatnya bagaimana sikap kita ketika flashdisk tidak terbaca / muncul pada komputer, laptop, notebook, atau lainnya.

Ketika flashdisk tidak terdeteksi / terbaca pada komputer, sedangkan data-data yang ada di dalam flashdisk yang sangat diperlukan, apabila hal ini terjadi tentunya hal ini sangat menjengkelkan. Tetapi jangan putus asa dahulu, mungkin saja kita masih dapat memperbaiki atau mengatasi flashdisk yang tidak terbaca tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dari mulai hal sederhana.

Tips cara mengatasi flashdisk tidak terbaca / terdeteksi

1. Jika flashdisk tersebut mempunyai riwayat seperti sering sekali terjatuh, pernah terendam air bahkan terbakar, sehingga apabila flashdisk tersebut ketika tidak terbaca bahkan tidak terdeteksi di dalam komputer maka kemungkinan besar flashdisk tersebut rusak. Tetapi tetap usahakan dicoba dahulu tips dibawah, mungkin saja flashdisk tersebut masih dapat terbaca di komputer atau laptop.

2. Apabila setelah flashdisk dicolokan, lalu timbul tulisan format flashdisk, maka anda diperintahkan memformat ulang data di dalam flashdisk, sehingga resiko dari memformat ulang flashdisk adalah data-data di dalam flashdisk akan terhapus. Cara memformat flashdisk adalah klik format untuk memformat flashdisk tersebut.

3. Apabila Flashdisk tidak terbaca / terdeteksi sama sekali pada suatu USB komputer, masih ada kemungkinan bahwa USB komputer tersebut yang bermasalah, bukan flashdisk-nya. Cobalah colokan flashdisk tersebut ke komputer atau Laptop yang lain. Setelah itu coba lihat hasilnya.

4. Flashdsik yang tidak terbaca kemungkinan juga karena sistem komputer yang sedang dalam keadaan kurang baik, yaitu terjadinya konflik pada system komputer sehingga komputer tidak dapat membaca keberadaan flashdisk di explore Windows. Hal ini terjadi biasanya flashdisk tersebut terdeteksi pada komputer tetapi tidak dapat terbaca. Jika hal ini terjadi coba restart komputer, lau setelah komputer hidup kembali, colokan kembali Flashdisk tersebut pada USB.

Jika setelah restart komputer, tetapi flashdisk masih tetap tidak terbaca. Coba Klik Control Panel, lalu uninstall USB Drive. Setelah itu klik My Computer, lalu klik Control Panel, lalu muncul sebuah jendela, pilih tab hardware, klik device manager, lalu cari Universal Serial Bus Controller, lalu cari hardware-nya yang bertanda kuning, bila sudah ketemu klik hardware-nya, lalu klik uninstall, lalu restart kembali komputer. Caranya sangat panjang, Mudah-mudahan hal ini dapat berhasil.

5. Penyebab lain dari flahsdisk yang tidak terbaca di dalam komputer atau Laptop adalah ganguan dari virus yang menyerang sistem dari komputer anda, jika hal ini terjadi tentunya yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan Antivirus yang bagus dalam melindungi komputer, ada banyak antivirus gratis yang dapat digunakan seperti AVG, Avira, Avast, atau yang lainnya.

Sebagai penutup, bijaknya kita menyadari bahwa flashdisk merupakan sebuah alat elektronik yang akan rusak cepat atau lambat sehingga kita perlu memperhatikan bagaimana cara merawat flahdisk dengan baik agar flashdisk tersebut dapat awet atau tahan lama. Perhatikan setiap tempat untuk menaruh flashdisk tersebut, apakah tempat tersebut berpotensi besar flashdisk dapat terjatuh, atau tempat tersebut sangat panas.

Saya menyadari tips-tips yang saya paparkan di atas masih jauh dari sempurna, kami mohon maaf. Semoga Artikel tentang bagaimana cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Penting Untuk Kamu Yang Download Software Atau Game
Ketahui cara menginstal software yang Kamu download di internet dengan benar dan aman, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan Klik disini

Antivirus & Security