Kelebihan & Kelemahan Antivirus Avast (Berdasarkan Pengalaman Penggunanya)

Antivirus Avast merupakan sebuah antivirus yang sudah populer dan memiliki pengguna yang cukup banyak di dunia. Hampir seluruh pengguna komputer atau laptop di dunia sudah mengetahui nama dari antivirus yang dikenal kecil tetapi tangguh ini. 

Avast merupakan sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko. Sebuah negara di Eropa.

Sebagai sebuah antivirus memberikan berbagai macam fitur dan kelebihan, disamping itu avast juga memiliki kelemahan pada beberapa hal. 

Tulisan ini dibuat untuk anda agar dapat mempertimbangkan dalam memilih dalam mengunakan suatu antivirus karena antivirus merupakan sebuah program yang sangat penting di dalam komputer. 

Ada banyak jenis atau merek antivirus populer di dunia seperti antivirus Avast, AVG, Avira, Panda Cloud Antivirus dan beberapa lainnya.

Logo Avast

Kelebihan dan Keunggulan Fitur Antivirus Avast

1. Proses instalasi Antivirus Avast yang tidak memakan waktu lama.

2. Tampilan avast yang sangat baik tidak seperti antivirus lainya, tampilannya sangat elegan, agak mirip seperti dengan salah satu software pemutar media player. Mungkin hal ini yang membuat lebih dari 200 juta pengguna komputer percaya untuk menggunakan Avast.

3. Secara umum, Antivirus Avast ringan, Jika komputer anda memiliki spesifikasi yang rendah maka bisa mengunakan Antivirus Avast.

4. Antivirus Avast dinilai bekerja sangat teliti dalam men-scan atau proteksi.

5. Antivirus avast dinilai cukup aman dan tidak merusak system komputer. Tentang masalah ini ada seseorang yang bercerita bahwa dia pernah menggunakan antivirus AVG tetapi Sytem komputernya lama kelamaan menjadi lebih lambat dan akhirya error.

Setelah AVG diuninstall komputer cepat kembali tetapi error pada komputer masih terjadi yang kemungkian disebabkan oleh system yang corrupt kesalahan penghapusan oleh antivirus AVG.

Akhirnya dia memutuskan untuk menginstal ulang Windows komputernya. Sehingga dalam hal ini antivirus avast cukup baik.

Hanya saja, tetap hindari menginstal program yang tidak jelas, yang bisa menyebarkan virus ke banyak program lainnya, hal ini (seperti banyak laporan) bisa membuat antivirus Avast akan menghapus berbagai file yang terinfeksi virus, bahkan program seperti notepad pun beresiko dihapus Avast.

Sehingga, jangan bermudah-mudahan dalam menginstal software atau program tertentu, apalagi jika program tersebut tidak populer atau pembuatnya tidak jelas, maka lebih baik jangan diinstal.

6. Kelebihan Avast lainya adalah dia memiliki fitur Auto Sandbox, fitur ini sangat berfungsi untuk mengeksekusi suatu file yang mencurigakan, sehingga setelah itu akan diproses Avast sebagai sebuah virus atau tidak.

Jika terdeteksi sebagai virus oleh avast, maka setelah itu avast akan segera mengirimkan (upload) sampel file ke situs lab. Penelitian virus milik Avast, untuk kemudian dianalisa lebih lanjut.

Dengan fitur ini, maka akan sangat membantu Anda untuk mengeksekusi suatu file yang Anda nilai memiliki potensi berbahaya, sehingga nantinya akan diproses itu virus atau bukan.

7. Antivirus Avast memiliki heuristik yang cukup baik. Walaupun tidak istimewa (dalam hal ini) dibanding antivirus lainnya.

8. Fitur lainnya yang cukup penting yaitu fitur scan boot time, dengan fitur ini avast akan melakukan pemindaian runtime saat komputer pertama kali dihidupkan. Avast mampu memindai komputer sebelum komputer masuk windows.

Sehingga virus dan program berbahaya lainnya belum sempat mengaktifkan diri untuk memberikan efek buruk pada windows.

9. Anda dibarikan opsi untuk menyesuaikan level mana pendeteksian virus, anda dapat menggunakan low detection atau level pendeteksian lainnya. Yang perlu diperhatikan Semakin tinggi level pendeteksian semakin banyak memakan resource atau sumber daya system komputer (bisa membuat komputer lemot jika spec rendah).

10. Avast dinilai penggunaannya cukup nyaman atau user friendly, dengan tampilannya yang simple tapi menarik. Avast memiliki fitur silent firewall sehingga pengguna tidak merasa terganggu karena banyaknya pemberitahuan.

11. Setelah munculnya avast! Free 2015, ditambahkan sebuah fitur baru, yang fungsinya seperti browser cleanup. Ini berguna bagi yang sering browsing, seringkali muncul iklan sisipan yang memberikan banyak permintaan extension yang sebenarnya tidak berguna.

Dengan adanya fitur seperti browser cleanup, membuat browsing menjadi lebih bersih dari hal-hal yang mengganggu.

12. Boot-time-scan juga ampuh untuk menghancurkan root-kit yang menempel di file temp, hal ini umumnya cukup jarang diperiksa oleh antivirus.

13. Fitur blok url juga penting, sehingga jika Anda misalnya memiliki anak atau adik yang kecil atau remaja, maka bisa menggunakan fitur ini untuk memblokir situs-situs yang dinilai berbahaya, merusak moral, dan tidak mendidik.

14. Avast cukup tanggap, versi apapun seperti internet security dll akan langung menampilkan pemberitahuan peringatan bahaya ketika ada proses menginstal program yang kurang terpecaya.

15. Avast dinilai ahlinya deep scaning, yaitu melakukan scaning di balik layar (secara background), yaitu proses scanning-nya tidak terlihat, dimana cuma muncul peringatan ketika ada bahaya atau virus.

16. Kemampuan Avast dalam pemblokiran malware dinilai sangat bagus. Lebih lengkapnya baca di Pcmag.com (Bahasa Inggris)

17. Kemampuan dan perlindungan avast dinilai kurang baik dalam mengatasi phishing. Situs phishing membuat replika yang benar-benar mirip, bahkan dapat meniru situs super ‘sensitif’ seperti PayPal dan situs-situs Bank lainnya. Anda harus hati-hati mengenai hal ini, jangan sampai terjebak ke situs phising / palsu / replika.

Setiap pengguna yang login, banyak tidak menyadari itu adalah situs palsu, sehingga Anda memberikan data dan password ke penipu.

Pihak dari Pcmag.com melakukan pengujian antiphishing menggunakan situs phishing yang sangat terbar, hasilnya tidak membanggakan (informasi ini diambil dari review Pcmag teradap Avast di tahun 2017).

18. Manajemen password merupakan fitur yang luar biasa karena diberikan bagi pengguna antivirus Avast versi gratis. Untuk memulai, Anda perlu membuat master password (password utama) yang digunakan untuk login ke program password manager Avast.

Anda nantinya bisa mendapatkan saran untuk pembangunan sandi yang kuat, yang ditandai dengan garis warna yang merupakan kode untuk mewakili kekuatan password.

Avast juga memberikan fsilitas untuk data login untuk masuk situs dengan aman, mudah dan cepat. Ketika Anda ingin login, maka data login Anda akan terisi secara otomatis (sesuai dengan yang Anda masukan sebelumnya).

Kelemahan dan Kekurangan Antivirus Avast
Disamping tampilan dan performanya yang sangat ringan ternyata anti virus ini juga memiliki kekurangan. Diantara kekurangannya antara lain:

1. Kemampuan dinilai kurang maksimal saat memeriksa file yang masuk dari usb, hal ini bisa saja terjadi pada komputer saat Anda mencolokan flashdisk yang terinfeksi oleh virus.

Oleh karena itu, secara umum Kita harus mencegah masuknya virus ke flasdisk, mengingat penyebaran virus melalui flashdisk adalah penyebab penyebaran virus yang utama.

Usahakan agar flasdisk tidak sering dicolokan ke komputer umum / publik seperti warnet, karena kita tidak tahu siapa saja yang sebelumnya menggunakan komputer ini, dan apa yang dilakukannya.

2. Avast sering terlambat mendeteksi virus-virus lokal baru (di Indonesia). Pernah terjadi ketika ada virus lokal terbaru maka avast baru bisa mendeteksiya beberapa bulan kemudian.

Hal ini terjadi kemungkinan disebabkan pengguna avast yang sangat banyak dari berbagai negara di dunia. Sehingga avast tidak dapat fokus meneliti virus-virus di Indonesia dengan maksimal.

loading...

3. False alarm antivirus avast dinilai lumayan banyak. Sehingga ini dapat menjadi pekerjaan untuk Avast kedepannya dalam memperbaiki error false alarm.

4. Avast dinilai tidak memiliki kemampuan dalam men-scan suatu archive yang telah diproteksi password.

5. Dari laman Consumeraffairs.com. Seorang pengguna Avast bernama Arlene dari Selangor menceritakan pengalamannya dalam menggunakan Avast .

"Saya telah menggunakan Avast Free Antivirus, saya sudah mencoba untuk menginstalnya pada PC dan itu bekerja dengan baik. Ini cepat untuk membuka dan memindai. Sekarang versi baru mereka cukup berat pada PC - ukuran besar dan lebih lambat untuk membuka dibandingkan dengan yang versi lamanya. Jadi saya menggunakan antivirus lain di PC saya."

6. Banyak pengguna Avast mengeluhkan akibat munculnya pop-up window yang mengingatkan untuk meng-upgrade, hal ini membuat pengguna Avast jengkel.

7. Dari laman Consumeraffairs.com. Seorang pengguna Avast bernama Karen dari Parkersburg, Virginia Barat menceritakan pengalamannya saat menggunakan Avast:

"Tahun pertama menggunakan Avast gratis. Tahun kedua, saya diminta meng-upgrade! Sepertinya ketika saya tidak meng-upgrade, komputer saya mulai bertingkah aneh. kecepatan menurun, dan perlindungan virus saya temukan tidak baik."

Hal-hal Lainnya
Sebagian pengguna, merasa lebih bagus menggunakan avast yang premier daripada avast internet security. Tetapi, hal ini kembali kepada kebutuhan Anda sendiri.

Avast Premier memang lebih bagus, karena lebih komplit fitur-fitur yang diberikannya.

Namun, jika Anda menggunakan Avast hanya untuk mengutamakan penggunaan fitur sandbox, firewall dan anti-spam, maka yang dipilih adalah yang versi + antivirus.

Jika cuma untuk fitur sandbox, anti virus, dan anti malware maka bisa memilih versi Avast! PRO

Jika cuma ingin memanfaatkan fitur anti-virus dan anti malware maka Anda cukup menggunakan avast! FREE

Penutup
Perlu diketahui juga bahwa setiap antivirus memiliki kelebihan atau kelemahan fitur dibanding antivirus lainnya (tidak ada yang sempurna). Semua tinggal terserah pada anda memilih antivirus yang paling cocok dengan komputer anda. 

Misalnya, jika anda sering mengunakan komputer untuk browsing di internet. Maka gunakanlah Antivirus yang memiliki proteksi internet yang bagus. Jadi memang. dibutuhkan sedikit pengetahuan dan kebijakan untuk memilih antivirus.

Semoga artikel tentang kelebihan dan kelemahan antivirus avast ini bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait: