Kelebihan Dan Kelemahan Antivirus Avast


Kelebihan Dan Kelemahan Antivirus Avast
Antivirus Avast merupakan sebuah antivirus yang sudah populer dan memiliki pengguna komputer yang cukup banyak di dunia. Tentunya memang hampir seluruh pengguna komputer atau laptop di dunia sudah mengetahui nama dari antivirus yang dikenal kecil tetapi tangguh ini. Avast merupakan sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko. Sebuah negara di Eropa.

Sebagai sebuah antivirus memberikan berbagai macam fitur dan kelebihan disamping itu ayast juga memiliki kelemahan pada beberapa hal. Tulisan ini dibuat untuk anda agar dapat mempertimbangkan dalam memilih dalam mengunakan suatu antivirus karena antivirus merupakan sebuah program yang sangat penting di dalam komputer. 

Ada banyak jenis atau merek antivirus populer di dunia seperti antivirus Avast, AVG, Avira, Panda Cloud Antivirus dan beberapa lainnya.

Kelebihan / keunggulan fitur dan kelemahan antivirus avast

Semua antivirus memiliki keunggulan tersendiri dari tiap jenis / mereknya, Adapun Kelebihan antivirus Avast, yaitu
  1. Proses instalasi Antivirus Avast yang tidak memakan waktu lama.
  2. Anda dibarikan opsi untuk menyesuaikan level mana pendeteksian virus, anda dapat menggunakan low detection atau level pendeteksian lainnya. Yang perlu diperhatikan Semakin tinggi level pendeteksian semakin banyak memakan resource atau sumber daya system komputer.
  3. Jika komputer anda memiliki spesifikasi yang rendah. Anda dapat mengunakan Antivirus Avast, karena antivirus ini sangat ringan. Sehingga tidak memberatkan kerja komputer.
  4. Antivirus Avast sangat dinilai bekerja sangat teliti dalam men-scan atau proteksi.
  5. Antivirus avast dinilai cukup aman dan tidak merusak system komputer. Tentang masalah ini ada seseorang yang bercerita bahwa dia pernah menggunakan antivirus AVG tetapi Sytem komputernya lama kelamaan menjadi lebih lambat dan akhirya error. Setelah AVG diuninstall komputer cepat kembali tetapi error pada komputer masih terjadi yang kemungkian disebabkan oleh system yang corrupt kesalahan penghapusan oleh antivirus AVG. Akhirnya dia memutuskan untuk menginstal ulang Windows komputernya. Sehingga dalam hal ini antivirus avast cukup baik.
  6. Kelebihan Avast lainya adalah dia memiliki fitur Auto Sandbox, fitur ini sangat berfungsi untuk mengeksekusi suatu file yang mencurigakan, sehingga setelah itu akan diproses Avast sebagai sebuah virus atau tidak. Jika terdeteksi sebagai virus oleh avast, maka setelah itu avast akan segera mengirimkan (upload) sampel file ke situs (lab. Penelitian) virus avast untuk kemudian dianalisa lebih lanjut.
  7. Antivirus Avast memiliki heuristik yang cukup baik. Walaupun tidak istimewa (dalam hal ini) dibanding antivirus lainnya.
  8. Tampilan avast yang sangat baik tidak seperti antivirus lainya, tampilannya sangat elegan mirip seperti dengan salah satu software pemutar media player.
  9. Fitur lainnya yang sangat penting yaitu fitur scan boot time, dengan fitur ini avast akan melakukan pemindaian runtime saat komputer pertamakali dihidupkan. Avast mampu memindai komputer sebelum komputer masuk windows, sehingga virus dan program berbahaya lainnya belum sempat mengaktifkan diri yang dapat memberikan efek buruk pada windows.

Kelemahan / kekurangan antivirus Avast

Disamping tampilan dan performanya yang sangat ringan ternyata anti virus ini juga memiliki kekurangan. Diantara kekurangannya antara lain
  1. Kurang teliti saat memeriksa file yang masuk dari usb, hal ini bisa saja terjadi pada komputer kamu saat kamu mencolokan flashdisk kemungkinan terinfeksi oleh virus.
  2. Avast sering terlambat mendeteksi virus-virus lokal baru (di Indonesia). Pernah terjadi ketika ada virus lokal terbaru maka avast baru bisa mendeteksiya beberapa bulan kemudian, hal ini terjadi kemungkinana disebabkan pengguna avast sangat banyak di dunia sehingga avast tidak dapat fokus meneliti virus-virus di Indonesia dengan maksimal.
  3. False alarm antivirus avast dinilai lumayan banyak. Sehingga ini dapat menjadi pekerjaan untuk Avast kedepannya dalam memperbaiki error false alarm.

Perlu diketahui juga bahwa setiap antivirus memiliki kelebihan atau kelemahan fitur dibanding antivirus lainnya (tidak ada yang sempurna). Semua tinggal terserah pada anda memilih antivirus yang paling cocok dengan komputer anda. Misalnya, jika anda sering mengunakan komputer untuk browsing di internet. Maka gunakanlah Antivirus yang memiliki proteksi internet yang bagus. Jadi dibutuhkan sedikit pengetahuan dan kebijakan untuk memilih antivirus.

Semoga artikel tentang kelebihan dan kelemahan antivirus avast ini bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Baca juga: 4 Antivirus Terbaik Proteksi USB / Flashdisk Saat Dicolokan


Penting Untuk Kamu Yang Download Software Atau Game
Ketahui cara menginstal software yang Kamu download di internet dengan benar dan aman, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan Klik disini

Antivirus & Security