39 Game Strategi Perang Kerajaan Gratis Android & Windows (Online & Offline)


Banyak dari game strategi perang kerajaan yang dibuat berdasarkan kisah nyata (sejarah), hal ini memng bisa meningkatkan wawasan tentang sejarah. Disamping juga terdapat game strategi perang kerajaan yang menggunakan cerita fktif, tetap tetap seru dimainkan.

Kali ini akan saya sebutkan berbagai game perang kerajaan berlisensi gratis yang support sistem operasi Windows dan Android. Langsung saja, berikut di bawah ini:

1. Game Widelands (Windows)
Jenis game: Offline

Game Widelands
Photo credit: Widelands.org

Widelands adalah game strategi perang real-time yang berlisensi gratis dan open source. Menyediakan permainan dengan mode singleplayer dan mode multiplayer.

Pada websie resminnya, dijelaskan bahwa game Widelands ini terinspirasi oleh game Settlers II ™ (© Bluebyte), namun dengan adanya modifikasi secara signifikan, dengan permainan lebih beragam dan mendalam.

Untuk memulai permainan, maka Anda bisa menjalani dengan mudah karena terdapat tutorial yang bisa memandu Anda untuk mengenal fitur-fitur game.

Game ini memiliki situs resmi https://wl.widelands.org/ yang menjadi rumah komunitas bagi pemain game Widelands. Pemain diundang untuk mengunjungi forum untuk mendiskusikan strategi permainan, menyuarakan pendapat tentang grafis, menemukan mitra untuk bermain dalam mode multiplayer, dan masih banyak lagi.

Widelands saat ini (dan akan selalu) dikembangkan dari waktu ke waktu, Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat changelog.

Semua orang juga diundang untuk membantu, dalam pengembangan game dibutuhkan seniman 2D dan 3D, pembuat peta, pembuat efek suara, komposer, pemain uji, penerjemah, pemrogram web dan coder C ++.

Pada awal permainan Widelands, Anda awalnya hanya seorang pemimpin di sebuah klan kecil. Yang kemudian Anda akan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di sekitar Anda.

Dengan berjalannya waktu di dalam permainan, Anda akan membangun pemukiman yang terus berkembang. Nah, agar klan (kerajaan) Anda bisa berkembang dengan cepat maka manfaatkan sebaik mungkin sumber daya yang ada, seperti kayu, makanan, besi, emas dan banyak lagi.

Karena Anda tidak sendirian di dalam permainan, nantinya Anda akan bertemu dengan kerajaan lain (cepat atau lambat).

Nah, beberapa dari kerajaan lain mungkin ramah dengan Anda dan akan melakukan hubungan perdagangan yang saling menguntungkan. Namun, Anda juga wajib waspada dengan klan-klan lain yang mungkin akan mengobarkan permusuhan.

Dalam permainan, Anda memiliki misi untuk menguasai dunia, sehingga Anda harus melatih tentara dan melakukan peperangan dengan kerajaan lain. Selain itu, Anda juga harus mengatur ekonomi dengan sangat baik.

Selain bermain sendiri (single player), Anda bisa bermain bersama teman dalam membangun kerajaan, dengan bantuan jaringan Internet atau LAN.

Anda dan teman Anda bisa bekerja sama untuk membangun kerajaan baru, atau bisa juga untuk saling menghancurkan dalam debu peperangan.

Game Widelands ini support Windows Mac OS X, dan Linux. Ukuran game ini cukup besar, mencapai ratusan MB.

Download: https://wl.widelands.org/wiki/Download

2. Total War Battles: KINGDOM (Windows, Android)
Jenis game: Online

Total War Battles: KINGDOM
Photo credit: Rockpapershotgun.com

Total War Battles: KINGDOM
Photo credit: Wiki.totalwar.com

Game Total War Battles: KINGDOM dikembangkan oleh developer Creative Assembly dan dipublikasikan oleh SEGA.  Di dalam permainan, Anda akan mengatur pembangunan pada sebuah tanah daerah, bangunlah kota-kota yang luas dan rekrutlah tentara lalu latih agar menjadi kuat.

Anda juga akan menaklukkan wilayah baru untuk memperluas wilayah Anda, serta akan berperang melawan penguasa lainnya, dengan pertempuran yang bersifat real-time.

Berikut fitur-fitur game seperti yang disebutkan oleh situs resminya:
  • Bangun dan kembangkan Kerajaan Anda, beberapa hal yang perlu Anda bangun dan manage yaitu peternakan, pertambangan, pandai besi dan banyak lainnya.
  • Anda bisa mengubah tanah untuk dijadikan apapun sesuai dengan kebutuhan.
  • Anda akan menjadi komando tertinggi bagi tentara Anda dalam pertempuran berskala besar.

Game Total War Battles: KINGDOM ini bisa Anda mainkan secara gratis, mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Andorid.

Total War Battles: KINGDOM akan membuat Anda membangun dan memperluas kerajaan melintasi lansekap yang berbasis hex, membangun bangunan, membangun jembatan, membangun pertanian, dan sumber daya.

Bagi Anda pengguna Windows, minimal harus menggunakan versi Windows Vista 32 bit Service Pack 2, disarankan menggunakan versi Windows 7 32 bit atau lebih tinggi.

Syarat memory adalah 2 GB RAM, DirectX: Version 9.0 (disarankan Version 11), dan ketersediaan space harddisk: 2GB.

Adapun pengguna Mac OS, minimal menggunakan versi X 10.6 (disarankan versi Mac OS X 10.6 keatas).

Bagi pengguna Android, minimal menggunakan versi Android 4.2. lalu sediakan space sebesar 2GB RAM.

Link download untuk pengguna Windows dan Mac:
http://store.steampowered.com/app/300080/Total_War_Battles_KINGDOM/

Link download untuk pengguna Android:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sega.twbkingdom


3. Forge of Empires (Windows)
Jenis game: Online

Forge of Empires
Photo credit: Mmos.com

Forge of Empires
Photo credit: Innogames.com

Game Forge of Empires ini bergenre MMORTS dengan tipe browser, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh InnoGames. Dengannya Anda bisa mengatur ulang perencanaan kota.

Anda akan memerintah kerajaan Anda melalui tahap awal peradaban manusia. Mulai dari zaman batu, lalu maju ke abad pertengahan. Perhatikan perkembangan kekaisaran Anda selama berabad-abad, mengelola dan menghasilkan sumber daya, hingga membangun tentara yang kuat.

Persyaratan sistem game Forge of Empires
  • OS: Windows 7 / Vista / XP
  • Prosesor: 2.33GHz atau lebih cepat x86-compatible
  • RAM Memori: 1GB
  • Ruang Hard Disk: 100 MB

Bagi penggemar game strategi online dan reeal time, maka game Forge of Empires ini disarankan untuk Anda mainkan. Game forge of Empires ini bersifat web based, yang dimainkan melalui browser.

Sebelum bermain, Anda perlu melakukan pendaftaran di situs resminya. Di awal permainan, Anda akan memulai membangun dari mulai jaman batu, sembari mengelola sumber daya dan teknologi dengan sebaik-baiknya, guna mengembangkan peradaban kerajaan Anda.

Beberapa pengguna Kaskus di komentar forum, mengatakan bahwa game Forge of Empires tampaknya lebih menarik dibandingkan game Settler, soalnya ada fitur perkembangan teknologinya.

Pengguna lainnya mengatakan bahwa mendingan game Forge of Empires, soalnya ada age2 dan perkembangan teknologinya, adapun game settler cenderung membosankan.

Pengguna lainnya mengatakan bahwa game Forge of Empires menyenangkan karena ada technology treenya, jadi agenya berkembang sesuai dengan teknologi yang dipilih, ini seperti versi simple-nya game Civilization.

Mainkan di situs resminya: https://us.forgeofempires.com

4. Warzone 2100 (Windows)
Jenis game: Offline

Warzone 2100
Photo credit | Warzone 2100 - Playing as New Paradigm (Custom map): Youtube.com

Game Warzone 2100 adalah game strategi perang gratis dan bersifat open source. Menu-menu yang bisa Anda terlusuri dan mainkan pada game ini yaitu campaign, online multi-player dan single-player skirmish modes.

Cerita game Warzone 2100 yaitu mengkomando tentara pada pertempuran untuk membangun kembali dunia, setelah umat manusia nyaris binasa akibat penggunaan bahan nuklir sebagai senjata di dalam peperangan. Cerita game ini juga tentang peperangan di tahun 2100.

Hal yang bagus bahwa terdapat teknologi yang luas yaitu lebih dari 400 cabang dengan teknologi bermacam-macam. Game Warzone 2100 dikembangkan oleh Pumpkin Studios, dan diterbitkan oleh Eidos Interactive.

Game ini berjalan secara real-time (game RTS) dengan tampilan 3 dimensi. Beberapa fiturnya yang cukup bagus dan menarik yaitu:
  • Pasukan manusia digantikan oleh Cyborg yang bergerak lebih lincah dan tentunya lebih kuat.
  • Untuk membuat bangunan, yang digunakan adalah laser dan udara. Bukan menggunakan batu sebagai bahannya.
  • Kendaraan perang dapat didesain sendiri. Anda bisa mengatur rodanya, senjatanya, bodinya, turet, pondasinya, dll.
  • Terdapat sistem research agar Anda bisa menggunakan teknologi baru yang lebih canggih.
  • Anda harus memiliki supply/power yang diperoleh dari pengeboran minyak. Apabila musuh berhasil menghancurkan tempat pengeboran minyak Anda, dampaknya Anda akan kesulitan dalam membuat bangunan dan kendaraan (termasuk cyborg).

Download: https://sourceforge.net/projects/warzone2100

5. The Settlers (Windows)
Jenis game: Offline

Pada game The Settlers Online, Anda akan memimpin pemukiman di wilayah Anda, mengelola sumber daya, membangun rumah, hingga memperluas kekuasaan kerajaan Anda. Anda akan bermain untuk merebut banyak wilayah dan membangun kota Anda menuju kemakmuran.

Siapkan strategi yang baik agar Anda bisa membangun kota yang hebat, dan Anda harus mengoptimalkan proses produksi Anda dan mengatur infrastruktur dengan baik.

Untuk memainkan The Settlers Online disarankan Anda memiliki sistem RAM sebesar 4GB (minimum 2 GB). Serta sediakan ruang harddisk sebesar 200MB. Untuk sistem operasi, mendukung Windows dan Mac.

Game ini cocok dimainkan bagi Anda yang suka dengan game perang kerajaan. Anda akan membangun dari sebuah desa kecil, hingga akhirnya menjadi penguasa.

Dalam mengatur kerajaan, Anda juga harus menyeimbangkan pasokan bahan baku dan menjalankan perdagangan. Atur sumber daya dengan tepat dan sebaik-baiknya.

Untuk memainkannya kunjungi Steampowered.com atau Thesettlersonline.com

6. The Battle for Wesnoth (Windows)
Jenis game: Offline

The Battle for Wesnoth

The Battle for Wesnoth
Photo credit: Wesnoth.org

The Battle for Wesnoth adalah game strategi perang kerajaan berbasis giliran (turn-based strategy) dengan pemberian fitur atau konten fantasi di dalamnya (yang bisa disetting), game ini dikembangkan oleh David White.

Anda nantinya akan bermmain untuk membentuk pasukan yang kuat, kemudian menguasai desa-desa dan juga mengalahkan musuh. Setiap kali Anda mengalahkan musuh maka Anda akan memperoleh experience point.

Permainan yang berbasis giliran ini akan dimainkan pada peta heksagonal. Strategi perang yang dijalani seperti melakukan pertarungan di wilayah yang menguntungkan. Tujuan menguasai desa untuk bisa menghasilkan emas, kegunaan emas ini nantinya sangat penting guna merekrut pasukan.

Tujuan lainnya dari menguasai desa adalah sebagai strategi untuk menghalangi pergerakan musuh. Game ini hadir dalam mode single-player dan multi-player.

Terdapat banyak unit pasukan, dimana masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya. Ukuran game ini lumayan besar, yaitu lebih dari 300MB.

Download: https://www.wesnoth.org

7. Unknown Horizons (Windows)
Jenis game: Offline

Unknown Horizons
Photo credit: Sourceforge.net

Unknown Horizons adalah game membangun kota atau kerajaan ala abad medieval, dengan genre real time strategy. Hal yang sangat seru adalah Anda akan melakukan simulasi ekonomi dan city building dengan fitur-fitur yang cukup bagus.

Pada awal permainan, Anda akan mendirikan pemukiman di sebuah pulau. Seiring berjalannya waktu, pemukiman yang Anda bangun nantinya akan semakin luas. Manage dengan baik berbagai kebutuhan yang diperlukan pada wilayah kekuasaan Anda.

Permainan bisa semakin seru saat musuh menyeranng, Anda harus mempertahankan wilayah dengan baik. Peperangan terjadi di darat maupun lautan.

Agar Anda bisa sukses di dalam permainan maka dirikan dan kelola dengan baik berupa wilayah pemukiman, kawasan industri, sumber daya dan lainnya.

Lalu lakukan diplomasi dengan kerajaan lainnya, buat perjanjian perdagangan hingga perjanjian damai dengan musuh apabila kondisi tidak memungkinkan untuk berperang.

Anda juga perlu menyimpan cadangan bahan-bahan penting ketika mengalami waktu-waktu sulit. Game ini sebagai simulasi strategi realtime dengan tampilan 2D.

Hal yang ditekankan adalah pembangunan ekonomi. Kumpulkan pajak, lakukan perdagangan strategis dan diplomasi.

Download: http://unknown-horizons.org/downloads

loading...

8. Stronghold Crusader II (Windows)
Jenis game: Offline

Stronghold Crusader II
Photo credit: Softonic.com

Pada game Stronghold Crusader II nantinya Anda akan mengembangkan benteng kerajaan sendiri, dengan berbagai elemen taktis yang perlu Anda terapkan. Hal penting lainnya yaitu Anda harus mengelola ekonomi dengan sangat baik.

Pembangunan ekonomi sangat penting agar Anda bisa memperoleh banyak gold, yang nantinya sangat diperlukan dalam perekrutan tentara. Bangun benteng dan pasukan yang nantinya akan sulit ditembus oleh pasukan lawan.

Peperangan pada game Stronghold Crusader ini bersifat rumit, berkat banyaknya unit yang tersedia. Di awal permainan, Anda dan musuh-musuh Anda akan cepat-cepatan untuk membangun benteng dan ekonomi, demikian juga merekrut tentara.

Permainan yang bersifat real time membuat Anda harus secepat mungkin dalam melakukan pembangunan, serta harus sigap dalam memobilisasi pasukan untuk menjaga keamanan kerajaan.

Ada banyak jenis bangunan beserta fungsi-fungsinya, seperti untuk merekrut tentara, membuat produksi senjata, untuk produksi tambang, perkebunan/pertanian, dll.

Download: https://stronghold-crusader-2.en.softonic.com

Sebagian pengguna forum Kaskus membahas tentang game Stronghold Crusader 2, disana Anda akan melihat beberapa video trailernya, dan juga dipaparkan link downloadnya dengan beberapa sumber (Anda bisa melihatnya di bagian komentar).

[TAMBAHAN] Jika Anda pengguna Android, Anda bisa memainkan game Stronghold Kingdoms: Feudal Warfare yang mirip dengan game Stronghold Crusader, hanya saja terdapat beberapa perbedaan. Link downloadnya di bawah ini (gratis):
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fireflystudios.strongholdkingdoms

9. Game 13 Kerajaan (Windows)
Jenis game: Offline

Game 13 Kerajaan

Ini adalah game sederhana dengan tampilan 2D, walaupun permainannya sederhana tapi lumayan seru juga. Dimana Anda akan bersaing dengan 12 kerajaan lainnya untuk memperluas wilayah kerajaan.

Game 13 Kerajaan bergenre turn-based strategi 2D, hal ini seperti halnya game Civilization. Pada permainan, Anda akan menjadi pemimpin salah satu dari 13 kerajaan. Misi Anda adalah menyatukan 13 kerajaan dengan cara melakukan ekspansi ke kerajaan musuh.

Game ini support multiplayer, yaitu bisa dimainkan secara LAN dengan 13 pemain sekaligus. Hanya saja karena ini adalah game buatan dalam negeri, dimana kebanyakan game hasil buatan dalam negeri kurang mendapat dukungan secara finansial dan teknologi, sehingga game ini kurang apik dari segala sisi permainan.

Game ini terlalu sederhana, tapi seperti dijelaskan diawal bahwa misi game ini adalah untuk menguasai 12 kerajaan lainnya, menjadikan game ini lumayan seru untuk dimainkan.

Download: http://www.divinekids.com/game/strategy/13-kerajaan-13-kingdom

Kalau berbicara tentang game strategi perang kerajaan yang berlisensi berbayar, maka umumnya memiliki fitur permainan yang lebih banyak. Beberapa game strategi perang berbayar yaitu:

Total War: Shogun => Dalam game ini, pemain mengatur wilayah, pembangunan dan pasukan. Permainan dalam mode turn-based, adapun pertempuran bisa berlangsung secara real time. Pemain dituntut untuk efektif dalam pembangunan, pemungutan pajak, pembentukan pasukan, peningkatan teknologi, dll.

Age of Empires => Permainan ini sudah cukup populer, model permainannya seperti game Stronghold Crusader. Dan sampai saat ini terdapat beberapa versi dari game Age of Empires.

Warcraft III => Juga termasuk satu game terbaik dan melegenda. Ini merupakan game perang kerajaan yang menggunakan cerita fantasi. Anda akan mngendalikan berbagai ras khayalan, seperti orc, demon, elf, dll.

Civilization V => Awal permainan dimulai dari tahun 4000 sebelum masehi, dan seiring berjalannya masa pemain akan mencapai zaman selanjutnya, hingga akhirnya mencapai masa depan. Ada banyak fitur di dalamnya, seperti diplomasi, membangun kota baru, membangun ekonomi, pasukan, dll.

Rise of Nations => Permainannya akan lebih mementingkan pertempuran daripada mengumpulkan sumber daya. Permainannya akan menembus sampai zaman canggih yaitu pertempuran dengan misil nuklir dan pesawat bombardir. Adapun awal mula permainan adalah dari zaman purbakala.

10. Command and Conquer (Windows)

Command and Conquer
Photo credit: Mmoga.com

Command & Conquer adalah game strategi real time dimana dua kekuatan global berperang. Dalam permainan, Anda diharuskan untuk membangun sebuah markas dan juga mencari sumber daya, yang akan digunakan untuk mendanai produksi dalam peperangan.

Unit dapat diklasifikasikan menjadi infantry, kendaraan dan pesawat, yang terbagi lagi dalam subdivisi masing-masing. Game ini memiliki dua alur cerita pemain tunggal yang terdapat dua faksi di dalam permainan, yaitu Global Defense Initiative (GDI) atau Brotherhood of Nod.

Kumpulkan sumber daya, yang kemudian digunakan untuk membangun bangunan, meneliti teknologi baru, hingga membentuk unit militer.

Versi gratis dari Command & Conquer ini mencakup komponen single player dan mode multiplayer. Ini juga dilengkapi dengan dukungan grafis beresolusi tinggi hingga editor peta.

Command & Conquer Download Links:
CnCNet.org (versi pemain tunggal & multiplayer)
BestOldGames (Versi Gold C & C)

11. Anno Online (Windows)
Jenis game: Online

Anno Online
Photo credit: Ubisoft.com

Anno Online bergenre MMORTS yang bisa langsung dimainkan di browser Anda secara online. Game ini cocok bagi mereka yang merupakan penggemar game-game strategi.

Pada game ini, Anda akan membangun wilayah dan mengembangkannya sehingga menjadi kota terbesar dan paling makmur. Terdapat lebih dari 120 tipe bangunan dan kombinasi lebih dari 800 bangunan dalam setiap kota.

Pada awalnya misi pemain hanya membangun perumahan, lalu mulai mengembangkan ekonomi secara perlahan, hingga akhirnya mulai membangun proyek besar.

Pemain akan mengatur segala aspek, berupa perekonomian, infrastruktur, supply, dll. Nantinya pemain bisa berinteraksi dengan pemain lainnya, serta mengadakan berbagai macam transaksi perdagangan dengan mereka.

Mainkan di situs resminya di https://us.anno-online.com/en-US

12.  Dragons of Atlantis (Windows)
Jenis game: Online

Dragons of Atlantis merupakan game strategi online yang dimainkan secara gratis. Seperti namanya, "Dragon", terdapat unsur naga di dalam permainannya. Pada game Dragon of Atlantis nantinya pemain akan dituntut untuk membangun kerajaan yang kuat. Terdapat fitur untuk mengembangbiakkan naga pribadi agar semakin memperkuat kerajaan.

Mainkan di https://www.wonderhill.com/games/dragons-of-atlantis


13. Evony (Windows)
Jenis game: Online

Evony merupakan game online kerajaan dengan peradaban disetting dari abad pertengahan. Pemain akan dituntut untuk bisa membangun kota mereka sendiri beserta infrastrukturnya, serta mengembangkan teknologi.

Di dalam permainan, Anda juga harus membentuk pasukan yang kuat. Anda harus cermat dan hati-hati dalam membangun benteng pertahanan, sehinga kerajaan bisa tetap kokoh walaupun memperoleh serangan musuh.

Mainkan di https://www.evony.com

14. Clash of Clans (Android)
Jenis game: Online

Game Clash of Clans (COC)
Photo credit: Play.google.com

Clash of Clans (COC) merupakan game strategi perang kerajaan untuk Android yang terpopuler di dunia. Pemain game COC dikabarkan ada lebih dari 21 juta orang di seluruh dunia.

COC bercerita mengenai pertempuran masing-masig klan di masa lalu. Game terbilang cukup sulit dan rumit untuk mereka yang memang tidak terbiasa bermain game strategi.

Inti dari permainan adalah membangun benteng kerajaan dan berbagai bangunan penting, serta membentuk tentara yang bertujuan untuk memproteksi kerajaan Anda, tentara juga digunakan untuk menyerang kerajaan musuh.

Apabila pasukan Anda telah banyak, maka segera serang kerajaan lain, dengan menyerang kerajaan lain maka membuat Anda akan memperoleh berbagai item penting di dalam game seperti Gold, Elixr dari Gold Mine, atau Elixr Collector.

Berbagai item tersebut sangat diperlukan dalam melancaran proses pembangunan kerajaan Anda. Anda juga bisa bergabung dengan klan lain, yang Anda dan mereka nantinya bisa saling membantu.

Berbagi troop dan mendapatkan troop menjadi metode penting supaya Anda dapat berkembang dengan pesat. Inilah kegunaan bergabung dengan klan lain. Pemain-pemain di klan Anda akan membagikan troop yang kuat.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.supercell.clashofclans

15. Boom Beach (Android)
Jenis game: Online

Game Boom Beach
Photo credit: Play.google.com

Game Android ini dibuat oleh Supercell. Konsep permainannya agak mirip seperti yang ada pada game COC. Saat bermain, nantinya Anda akan memiliki tugas berat untuk melakukan pembangunan pada sebuah wilayah.

Terutama pada pembungunan sistem pertahanan, dengan membentuk pasukan yang kuat dan tepat, sehingga musuh tidak bisa menembus pertahanan kerajaan Anda.

Selain bertahan, Anda juga perlu membentuk pasukan untuk operasi penyerangan pada kerajaan musuh.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.supercell.boombeach

16. Conquest 3 Kingdoms (Android)
Jenis game: Online

Conquest 3 Kingdoms merupakan game strategi yang menggunakan tema Romansa Tiga Kerajaan. Dalam permainan Anda harus mengelola kerajaan Anda sendiri, beberapa hal seperti tingkat kesejahteraan rakyat dan membangun pertahanan, sangat penting untuk Anda perhatikan.

Pertempuran tiada akhir, musuh-musuh bisa menyerang selama 24/7. Hal lainnya yang penting yaitu kumpulkan equipment unik. Terdapat fitur voice chat untuk mengatur strategi Anda dengan pemain lain.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.maingames.android.c3k

17. DomiNations (Android)

Game DomiNations
Photo credit: Play.google.com

Game DomiNations ini dikembangkan oleh pembuat game legendaris Brian Reynolds (orang yang mengembangkan game Civilization II, Rise of Nations. DomiNations merupakan game strategi perang yang penuh dengan aksi eksplorasi, pengembangan teknologi, dan penaklukan-penaklukan wilayah lain.

Pemain akan menjadi penguasa pada sebuah bangsa sepanjang sejarah manusia (dari zaman batu hingga luar angkasa). Anda akan bermain dengan memilih bangsa tertentu dari peradaban terhebat di dunia.

Di awal permainan anda akan memimpin sebuah desa, lalu akan semakin memperluas wilayah kekuasaan, hingga akhirnya menuju ke era modern. Merancang sebuah kota kecil dan tumbuh menjadi metropolis.

Anda juga berkesempatan untuk membangun keajaiban bersejarah dunia, seperti Piramida Mesir dan Colosseum Roma.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nexonm.dominations.adk

18. Clash of Lords 2 (Android)
Jenis game: Online

Clash of Clans yang sering disebut sebagai game fenomenal, karena kesuksesannya sebagai game terpopuler di dunia. Hal ini menyebabkan  banyak pihak akhirnya ingin juga membuat game dengan permainan yang hampir mirip dengan game COC tersebut.

Clash of Lords 2 memiliki gameplay yang mirip dengan COC, hanya saja Clash of Lords 2 tampaknya memunculkan bermacam-macam karakter lucu yang tidak seperti di COC.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.igg.clashoflords2

19. Castle Clash (Android)
Jenis game: Online

Game Castle Clash
Photo credit: Play.google.com

Castle Clash game strategi yang juga lumayan seru, dengan tampilan grafisnya yang keren, dan juga terdapat banyak karakter. Pada permainan ini Anda akan diharuskan untuk menyusun strategi yang apik agar tidak tertembus oleh musuh.

Anda bisa memilih berbagai unit yang bermacam-macam, tentunya setiap pasukan memiliki karakteristiknya masing-masing. Game ini memiliki co-op dan PvP mode.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.igg.castleclash

20. Siegefall (Android)
Jenis game: Online

Siegefall merupakan game strategi perang kerajaan online yang dibuat oleh salah satu developer terbesar di dunia yaitu Gameloft. Pemainannya juga mirip COC dengan tampilan grafis yang keren dan efek yang memukau.

Dalam permainan nantinya Anda akan bersaing dengan pemain lainnya dalam pertempuran PvP secara langsung, pilihlah strategi yang jitu agar bisa memenangkan pertempuran.

Anda juga bisa berperanglah bersama tim Anda untuk menghancurkan kastil klan musuh. Perluas kerajaan Anda dengan strategi terbaik, bangunlah tambang, penggergajian, dan ladang di dalam kastil Anda.

Bangunlah menara Pertahanan, tong peledak, pasukan, dan tembok untuk menangkal serangan-serangan musuh.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftTHHM

21. Dawn of Steel (Android)
Jenis game: Online

Game Dawn of Steel
Photo credit: Play.google.com

Dawn of Steel dibuat oleh Flaregames, permainannya agak mirip seperti game Command and Conquer yang sudah dijelaskan diatas. Pada game Dawn of Steel mempunyai banyak fitur menarik dan seru. Tampilan grafis 3D-nya juga terlihat nyata, disamping itu gameplay permainan sangat menarik.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.flaregames.projectmacro

22. Tower Defense: Geometry War (Android)
Jenis game: Offline

Tower Defense: Geometry War merupakan game strategi dengan tema pertahanan tower. Di dalam permainan ini, Anda nantinya akan berjuang untuk mempertahankan tower dari musuh yang menyerang.

Dalam mempertahankan tower ini, Anda akan menggunakan berbagai macam senjata terbaik agar musuh bisa dihancurkan dengan cepat. Terdapat enam jenis menara, dan nantinya Anda bisa meng-upgrade kekuatan menara Anda agar lebih susah ditembus.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MegaFox.towerdefense.geometry

23. Game Maritime Kingdom (Android)
Jenis game: Offline

Game Maritime Kingdom
Photo credit: Play.google.com

Maritime Kingdon adalah game perang kerajaan, permainan berfokus pada kekuatan militer di atas laut. Game buatan Game Insight Classic ini akan membuat Anda melakukan strategi perang diatas air.

Bangunlah armada Anda, membangun pertahanan melawan musuh seperti perampok di laut. Selain itu Anda juga akan bermain untuk mengembangkan rute perdagangan, mengumpulkan sumber daya berharga, melakukan hubungan diplomatik yang baik dengan negara-negara lain, dan menemukan lahan baru.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameinsight.maritimekingdomandrnew

24. Kingdom Conquest II (Android)
Jenis game: Online

Kingdom Conquest II adalah game strategi dengan grafis 3D yang lumayan bagus, permainannya bertema tentang perang kerajaan. Game ini dibuat oleh developer game yang sudah sangat terkenal yaitu Sega Corporation.

Game ini memadukan unsur-unsur permainan seperti strategi real time, MMORPG, dan pertempuran 3D, yang menampilkan pertempuran fantasi yang besar. Di dalam permainan, Anda akan membuat bangunan-bangunan, selain itu terdapat banyak karakter pasukan yang bisa Anda buat.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sega.kingdomconquestii

25. Disney Magic Kingdom (Android)
Jenis game: Offline

Game kerajaan berjudul Disney Magic Kingdom ini agak berbeda dengan umumnya game kerajaan, dimana pada game ini menggunakan cerita yang bersifat fantasy.

Game buatan Disney ini berisi karakter-karakter terkenal berupa franchise animasi kartun. Anda akan mengembangkan kerajaan Anda bersama dengan Mickey Mouse. Di dalam game ini dipenuhi berbagai karakter Disney.

Hanya saja, permainan bertema kerajaan ini memiliki gameplay permainan yang sangat sederhana, sehingga kurang menantang.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftDYHM

26. Empire: Four Kingdoms (Android)
Jenis game: Online

Game Empire Four Kingdoms
Photo credit: Play.google.com

Pada game Empire: Four Kingdoms Anda dapat membuat suatu aliansi untuk bertempur melawan aliansi lainnya. Perkuat kerajaan Anda dengan cara menambah pasukan perang, yang nantinya di dalam permainan Anda akan menjalani banyak pertempuran.

Selain itu, lakukan perdagangan agar bisa membangun ekonomi secara pesat dan meningkatkan kesejahteraan negeri Anda. Apabila kerajaan Anda kuat, maka Anda memiliki kesempatan besar untuk memperluas kerajaan.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah upgrade pasukan dan juga senjata sehingga kekuatan militer Anda akan semakin meningkat.

Di dalam permainan, Anda akan berperan layaknya seorang kaisar perkasa, yang akan memainkan strategi MMO berlatar dari abad pertengahan. Anda harus melatih kemampuan di dalam pertarungan PvP taktis, sembari melakukan pengelolaan sumber daya.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=air.com.goodgamestudios.empirefourkingdoms

27. Game of War - Fire Age (Android)
Jenis game: Online

Ini merupakan game strategi perang MMO yang cukup interaktif dan adiktif. Agar bisa menjadi seorang raja, Anda perlu menyerang kerajaan musuh. Di dalam permainan Anda juga bisa membentuk aliansi perang.

Dengan beraliansi, Anda bisa menolong, bertukar, berteman dan bekerja sama dengan sesama anggota aliansi. Disamping itu jalankan riset agar kerajaan Anda semakin kuat.

Buatlah senjata yang kuat, dan latih pasukan besar Anda untuk menuju medan pertempuran. Anda bisa bermain sembari mengobrol dengan jutaan pemain lainnya di seluruh Dunia. Anda bisa membicarakan strategi dengan teman di obrolan.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.machinezone.gow

28. King’s Empire (Android)

King’s Empire adalah game strategi yang dikembangkan oleh developer top4fun. Nantinya di dalam permainan Anda akan memiliki tugas untuk membangun wilayah sembari juga melatih pasukan. Anda akan menjalani banyak pertempuran nantinya.

Pertahankan kota dengan cara meningkatkan defend panah menara, membuat perangkap dan dinding, dan hal-hal lainnya.

Hal lainnya yang sangat penting adalah memanfaatkan seoptimal mungkin sumber daya yang ada agar kerajaan Anda semakin maju dan kuat. King’s Empire memiliki nilai genre RPG di dalamnya.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tap4fun.kings_empire&hl=en

29.  Warcraft III (Android)
Jenis game: Online

Game Warcraft III menampilkan gameplay strategi perang secara realtime, dengan tema fantasi yang ada di dalamnya. Game yang sudah sangat populer ini memiliki mode campaign dan multiplayer.

Pada game Warcraft III terdapat 4 ras yang berbeda, terdapat campaign mode pada masing-masing ras yang bisa Anda mainkan. Ras tersebut adalah Human, Orc, Undead dan Night Elf.

Setiap ras dan unitnya memiliki skill berperang berbeda-beda. Terdapat banyak item yang bisa Anda buka dan gunakan.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.blizzard.wow

30.  Anno: Build an Empire (Android)
Jenis game: Online

Game Anno Build an Empire
Photo credit: Play.google.com

Permainan pada game Anno dibaut dengan perpaduan unsur simulasi membangun kota dan juga RTS. Permainan akan mempunyai fokus besar terhadap pembangunan ekonomi, disamping ada sedikit unsur peperangan.

Pada game ini Anda akan membuat negeri dengan kondisi perekonomian yang stabil dan kuat, sehingga akan membuat banyak populasi lain tertarik untuk tinggal di negeri yang Anda pimpin.

Anda akan diberikan sejumlah tanah untuk dikelola, serta perluas batas wilayah negeri Anda. Pertahankan dari serangan musuh.

Anda akan mengelola lebih dari 60 sumber daya dan 150 bangunan yang berbeda. Game Anno ini memelukan koneksi internet untuk membangun Kekaisaran.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ubisoft.strategy.annobae

31. World Conquer 3 (Android)
Jenis game: Offline

World Conquer 3 adalah game strategi perang yang dibut oleh EASYTECH. Di dalam permainan, Anda akan memimpin pasukan dan merencanakan strategi perang yang hebat dalam menghadapi pertempuran melawan musuh.

Di dalam permainan terdapat bayak map campaign yang bisa Anda telusuri. Anda bisa meningkatkan skill pasukan hingga menjadi pasukan elit. Terdapat ratusan unit militer tersedia.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.easytech.wc3

32. Kingdoms And Lords (Android) 
Jenis game: Offline

Game Kingdoms & Lords
Photo credit: Play.google.com

Game Kingdoms And Lords adalah salah satu game strategi perang kerajaan offline terbaik untuk Android. Cerita di dalam game ini adalah tentang sebuah desa yang awalnya damai dan aman, namun setelah itu terkobar api peperangan sehingga para ksatria memiliki misi penting untuk mempertahankan keamanan kerajaan.

Kerajaan Anda mengalami serangan dari pasukan barbar. Nantinya Anda di dalam permainan akan membangun kerajaan sembari melatih pasukan militer.

Game ini menggunakan simulasi abad pertengahan, dimana Anda nantinya akan memperluas lahan, menanam tanaman, hingga juga memelihara hewan. Selain memperhatikan aspek militer, Anda juga harus memperhatikan aspek ekonomi.

Hal lainnya, penting agar Anda melakukan upgrade bangunan sehingga Anda akan memperoleh manfaat lebih besar dari bangunan yang diupgrade tersebut.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftDKHM&hl=in

33. Art of War 3: PvP RTS strategy (Android)
Jenis game: Offline dan Online

Art OF War adalah game perang kerajaan Android yang bisa dimainkan secara offline dan online utamanya. Gameplay permainannya adalah Anda nantinya akan membangun kerajaan dengan bangunan-bangunan di dalamnya.

Selain itu, Anda juga perlu menata pasukan untuk menyerang musuh. Hal yang penting di dalam game Art of War 3 ini adalah mengatur strategi yang jitu dalam menyerang dan bertahan. Perbanyak jumlah pasukan agar semakin kuat, lalu buat taktik bertarung yang baik.

Biasanya game ini dimainkan secara multi pemain online sehingga memerlukan koneksi internet yang stabil. Adapun pertempuran pada game ini menggunakan teknologi di masa sekarang, sehingga Anda bisa membuat infanteri, tank dan lainnya.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.geargames.aow&hl=in

34. Throne Rush (Android)
Jenis game: Online

Game Throne Rush
Photo credit: Play.google.com

Throne Rush telah diunduh lebih dari  10 juta kali. Pada game ini Anda akan membentuk pasukan dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Anda bisa bergabung bahkan juga membentuk klan baru. Berikut fitur-fitur game:
  • Buat pasukan yang unik dan meningkatkan kemampuan pasukan.
  • Terdapat berbagai hero dengan kemampuan khusus: pemanah, ahli pedang, dll.
  • Terdapat misi-misi yang seru setiap hari.
  • Lakukan peperangan dengan kerajaan musuh.
  • Terdapat banyak klan dan aliansi strategi;
  • Terdapat petualangan epik — hancurkan semua raksasa.
  • Berjuang bersama teman-teman Anda untuk melawan musuh.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.progrestar.bft

35. Brothers in Arms 3 (Android)
Jenis game: Offline

Brothers in Arms 3 adalah game perang offline untuk android yang memberikan gambaran nyata tentang kondisi perang modern. Permainannya mengusung cerita perang dunia ke II.

Anda akan bermain untuk berperang melawan tentara dari seluruh dunia. Terdapat mode Campaign dan RAID, lalu mode lainnya akan terbuka setelah Anda berhasil menyelesaikan suatu peperangan.

Game ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali, dengan tampilannya yang berupa grafis 3D secara detail. Game ini memiliki rating konten 16+, dimana permainannya dengan tingkat kekerasan yang kuat. Sehingga game ini tidak boleh dimainkan oleh anak-anak.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftA3HM&hl=en

36. Tiny Troopers 2: Special Ops (Android)
Jenis game: Offline

Game Tiny Troopers 2 Special Ops
Photo credit: Play.google.com

Game Tiny Troopers 2: Special Ops akan membuat pemainnya melakukan permainan peperangan yang unik. Game ini telah didownload lebih dari 10 juta kali. Di dalam permainan Anda bisa merekrut spesialis mulai dari petugas medis, pasukan dengan senapan mesin, penyembur api, hingga Delta Force elit.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.chillingo.tinytroopers2.android.rowgplay

37. Respawnables (Android)
Jenis game: Offline & Online

Game Respawnables yang dibuat oleh Digital Legends Entertainment SL merupakan game perang offline untuk Android dengan tampilan animasi 3D yang menarik. Selain bisa memainkannya secara offline, Anda juga bisa memainkannya secara online.

Game ini telah didownload lebih dari 10 juta kali. Rating konten pada game Respawnables adalah 12+, yaitu terdapat konten kekerasan tingkat menengah sehingga tidak boleh dimainkan anak-anak. Ini merupakan game dengan genre third person shooter.

Pada misi mode offline, terdapat lebih dari 185 misi tunggal dengan pertempuran-pertempuran yang menyenangkan.

Pada mode multiplayer online, terdapat dua mode permainan. Di dalam permainan, Anda bisa membuat sendiri 60+ item kustomisasi dengan atributnya, 30+ senjata pembunuh, keterampilan progresif, dan berbagai peta

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dle.respawnables

38. European War 4: Napoleon (Android)
Jenis game: Offline

Game European War 4 Napoleon
Photo credit: Play.google.com

Game European War 4: Napoleon dibuat oleh EASYTECH, yang bertema tentang strategi perang kerajaan di abad ke-18. Masa itu merupakan masa kejayaan Napoleon Bonaparte, seorang jendral perang terkenal dari Perancis.

Pada game ini terdapat pemimpin-pemimpin terkenal yang bisa Anda gunakan, seperti Napoleon, Wellington, Kutusov, Murat, Nelson dan Washington. Anda dapat memilih salah satunya, dan di dalam permainan sering-seringlah melakukan upgrade skill agar meningkatkan kekuatan serangan.

Pada game European War 4: Napoleon terdapat 42 negara atau kerajaan, dengan 200 jenderal terkenal. Adapun peperangan akan berlangsung di seluruh Eropa, Amerika dan Asia. Untuk unit pasukan terdapat lebih dari 130 jenis unit.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.easytech.ew4

39. Assassin’s Creed Pirates (Android)
Jenis game: Offline

Game Assassin’s Creed Pirates
Photo credit: Play.google.com

Game Assassin’s Creed Pirates menggunakan tema pertempuran di lautan, sehingga di dalam permainan ada kesan bajak laut gitu. Game perang offline android ini akan membuat Anda melakukan simulasi untuk menjelajahi laut Karibia yang sangat luas.

Di dalam permainan, Anda akan membuat kapal, mempersiapkan kru-nya, dll. Anda akan melawan musuh di lautan. Game ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Adapun rating konten adalah 7+, yaitu permainan di dalamnya terddapat tingkat kekerasan yang rendah sehingga dapat dimainkan oleh anak-anak dengan pengawasan orang tua.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ubisoft.assassin.pirates

Berikut Judul dari Game-Game yang Telah Disebutkan Diatas:
  1. Game Widelands (Windows,)
  2. Total War Battles: KINGDOM (Windows, Android)
  3. Forge of Empires (Windows)
  4. Warzone 2100 (Windows)
  5. The Settlers (Windows)
  6. The Battle for Wesnoth (Windows)
  7. Unknown Horizons (Windows)
  8. Stronghold Crusader II (Windows)
  9. Game 13 Kerajaan (Windows)
  10. Command and Conquer (Windows)
  11. Anno Online (Windows)
  12. Dragons of Atlantis (Windows)
  13. Evony (Windows)
  14. Clash of Clans (Android)
  15. Boom Beach (Android)
  16. Conquest 3 Kingdoms (Android)
  17. DomiNations (Android)
  18. Clash of Lords 2 (Android)
  19. Castle Clash (Android)
  20. Siegefall (Android)
  21. Dawn of Steel (Android)
  22. Tower Defense: Geometry War (Android)
  23. Maritime Kingdom (Android)
  24. Kingdom Conquest II (Android)
  25. Disney Magic Kingdom
  26. Empire: Four Kingdoms (Android)
  27. Game of War - Fire Age (Android)
  28. King’s Empire (Android)
  29. Warcraft III (Android)
  30. Anno: Build an Empire (Android)
  31. World Conquer 3 (Android)
  32. Kingdoms And Lords (Android)
  33. Art of War 3: PvP RTS strategy (Android)
  34. Throne Rush (Android)
  35. Brothers in Arms 3 (Android)
  36. Tiny Troopers 2: Special Ops (Android)
  37. Respawnables (Android)
  38. Assassin’s Creed Pirates (Android)
  39. European War 4: Napoleon (Android)


Tulisan Terkait:

loading...
loading...