12 Software Mempercepat Download Selain IDM

Software downloader merupakan software yang berfungsi untuk mengoptimalkan, mempercepat dan mempermudah dalam proses download file dari internet.

Sofware downloader yang paling terkenal adalah IDM (Internet Download Manager), selain itu sebenarnya masih banyak software downloader loader lainnya.

Berikut di bawah ini berbagai software downloader selain IDM.

1. Software FlashGet 

Software FlashGet

FlashGet sebuah software download manager buatan pengembang software Trend Media Corporation Limited.

Software ini berfungsi mempermudah dan mempercepat download file-file dari internet. FlashGet mendukung browser-browser yang populer digunakan oleh banyak pengguna serta berbagai jenis aplikasi.

Software download manager ini memiliki teknologi Helping Hand yang dapat membantu pengguna yang memiliki koneksi internet yang lambat dan tidak stabil. Selain itu FlashGet Terintegrasi dengan browser sehingga dapat secara otomatis menjadi downloader.

FlashGet dapat membantu mendownload dengan lebih cepat berbagai jenis file seperti audio, video, game, software atau yang lainya.

FlashGet juga memiliki Addons yang dapat anda pasang dengan berbagai fungsi, dan memiliki banyak skins yang dapat di costumize, sehingga menjadikan tampilannya selalu fresh dan menarik.

Kekurangan dari FlashGet yaitu tidak dapat mendeteksi video youtube, sehingga anda tidak dapat mendownload langsung video youtube dengan mengunakan software ini.

FlashGet memberikan support untuk berbagai protokol pengunduhan seperti HTTP, FTP, BT dan eMule.

Software FlashGet adalah salah satu dari aplikasi sejenis sebagai downloader tetapi sudah cukup terkenal dan efisien. Software downloader ini cukup ringan sehingga tidak memberatkan kerja komputer.

Situs Resmi Software FlashGet
http://www.flashget.com/index_en.html

2. Software FDM (Free Download Manager)

Software FDM (Free Download Manager)

Software Free Download Manager sering disebut FDM yang memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan memiliki seperangkat fitur yang hebat. Software FDM menjadi alternatif yang bagus untuk IDM (Internet Download Manager).

Terjadi peningkatan kecepatan download ketika menggunakan software FDM, dan terdapat fitur untuk pause download, untuk kemudian melanjutkan download kapan pun.

Selain support pada HTTP dan FTP, FDM juga support untuk download torrent, yang juga cepat jika dibandingkan dengan berbagai tool.

FDM bisa diintegrasikan dengan semua browser populer yang sudah Kita kenal selama ini, seperti Chrome, Firefox dan Internet Explorer.

Dalam mendownload, Anda bisa membuat kategori secara bebas dengan nama yang diinginkan, kemudian pada jenis kategori tersebut bisa Anda setting agar disimpan secara otomatis pada lokasi tertentu (klik kanan pada kategori untuk mengubah propertinya).

Kemampuan FDM mampu membagi setiap file menjadi beberapa bagian, dan akan mendownloadnya dalam waktu bersamaan. Sehingga dengan cara ini maka Anda bisa mendownload lebih cepat. Selain juga Anda bisa melakukan pause, untuk kemudian melanjutkan download kembali.

FDM juga bekerja dengan torrents. FDM memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mendownload file dari link torrents.

Terdapat fitur untuk melakukan download secara terjadwal. Dengannya Anda bisa menambahkan unduhan dalam daftar antrian (untuk didownload), Anda juga bisa mengatur kapan untuk memulai downloadnya.

Fitur lainnya Anda bisa mengimpor seluruh daftar link download dari file TXT atau XML. Kemampuan FDM dapat melakukan download dalam jumlah besar, dan dalam waktu bersamaan (batch processing).

Situs Resmi Software FDM (Free Download Manager)
http://www.freedownloadmanager.org


3. Software (DAP) Download Accelerator Plus

Software (DAP) Download Accelerator Plus

Software DAP (Download Accelerator Plus) dapat membantu untuk mempercepat kecepatan download. Dibuat dengan mesin download dinamis, DAP membantu Anda agar bisa memiliki kecepatan download terbaik, yang mampu menemukan banyak sumber untuk mendownload satu file.

Software tentang DAP tersedia dalam versi gratis, selain itu ada versi premium yang memiliki kemampuan lebih canggih.

Fitur tambahan lainnya dari DAP berupa support download video dari beberapa situs penyedia video seperti YouTube dan lainnya. Fitur lainnya yaitu mengonversi file video dari YouTube menjadi bentuk MP3.

Fitur-fitur lainnya yaitu memutar video yang belum selesai didownload, Browser FTP, in- Built video converter dan lainnya. Pada versi premium software DAP, Anda akan memperoleh fitur yang lebih banyak, yaitu fitur File Shredder, ZIP Preview, pengunduhan aman dan Trace Cleaner.

Versi gratisnya sudah cukup bagus, tapi jika Anda ingin fitur yang lebih banyak maka harga lisensi software DAP yaitu $ 24,95.

Situs Resmi Software DAP
http://www.speedbit.com/dap

4. Software JDownloader

Software JDownloader
Software JDownloader | Sumber gambar: Afterdawn.com

JDownloader dapat Anda gunakan agar bisam memperoleh pengalaman download yang lebih baik daripada mendownload file menggunakan browser web, dimana browser tidak selalu menjadi alat terbaik untuk mendownload dengan maksimal.

JDownloader menghadirkan fitur standar dalam penggunaan yang sangat mudah. Beberapa fitur mengesankan seperti terdapat opsi untuk pengaturan jika download beberapa file, support pada situs video streaming populer seperti YouTube dan Vimeo.

JDownloader tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Software JDownloader memiliki kemampuan agar Anda bisa memperoleh alamat IP baru ketika ada layanan tertentu yang memblokir IP Anda.

Selain itu, tersedia 300 plugin yang membantu Anda menangani layanan-layanan seperti UCMS dan WordPress.

Untuk bisa menggunakan software Jdownloader, maka Anda harus memiliki program Java Runtime Environment. Kemudian dalam proses instal software JDownloader maka Anda perlu berhati-hati, karena software ini berisi adware.

Review dari laman Pcadvisor.co.uk menyebutkan bahwa proses instalasi software JDownloader mengerikan secara default. Dalam proses menginstal, ketika installer bertanya apakah pengguna ingin proses "cepat" atau "biasa".

Jika diperhatikan secara seksama pada bacaan perjanjian instal software, diketahui bahwa jika memilih opsi instalasi "cepat" maka hal ini akibatnya akan membajak homepage browser Anda, halaman tab baru, dan mesin pencari default, yang nantinya akan merujuk ke sebuah situs bernama Facemoods.com.

JDownloader support pada puluhan host file seperti RapidShare dan lainnya. Juga dapat memantau clipboard dan mengurai URL yang Anda salin ke dalamnya, membuat Anda bisa tahu apakah URL tersebut berisi file yang dapat diunduh.

Pcadvisor.co.uk menyebutkan bahwa JDownloader adalah salah satu software download manager terbaik yang ada saat ini.

Situs Resmi Software JDownloader
http://jdownloader.org

5. DownThemAll (Add-on Mozilla Firefox)
DownThemAll merupakan ekstensi (add-on) untuk browser Mozilla Firefox, kemampuannya yaitu memberikan fasilitas untuk pengguna dalam melakukan pengelolaan download yang lebih mudah, cepat dan rapih.

DownThemAll dapat dijadikan solusi yang sangat bagus untuk Anda yang ingin mengoptimalkan kecepatan download dan juga ingin melakukan penyesuaian download berdasarkan tingkat prioritas yang Anda inginkan.

DownThemAll bisa mendeteksi adanya konten yang bisa di download pada halaman apapun. Anda tinggal memilih pada menu tentang hal-hal yang ingin Anda download, dengan mencentang pada kotak centang. Nantinya Anda bisa melihat langsung mana yang gambar, video, file suara dll pada suatu laman web.

Anda bisa memperbaiki setting unduhan Anda dengan kriteria yang bisa disesuaikan untuk keinginan Anda. Kekuatan download DownThemAll lebih baik daripada pengelola unduhan default milik Firefox yang kurang imajinasi.

Bahkan pengembang DownThemAll mengklaim bahwa programnya mampu mengoptimalkan kecepatan download hingga 400% lebih cepat. DownThemAll adalah plug-in yang brilian yang seharusnya hadir secara default di Firefox.

Kelebohan DownThemAll adalah bahwa pengguna bisa mendownload semua file di halaman web menjadi satu, dan secara umum penggunaannya sangat memudahkan dalam mendownload. Adapun kekurangannya adalah tampilan antarmuka download yang berantakan.

Kunjungi Laman Add-on Mozilla Firefox DownThemAll
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/downthemall


6. Software Orbit Downloader
Orbit Downloader adalah program download manager lengkap untuk Windows, di dalamnya terdapat opsi untuk mengunduh semuanya dan pengaturannya, bisa seting tingkat kecepatan, dan kinerja semakin disempurnakan.

Pengembang software Orbit Downloader menyebut program buatannya sebagai Revolusi Download Manager, hal itu diklaimnya karena programmnya mempunyai opsi terintegrasi untuk mendownload dari situr yang menyediakan konten untuk didownload seperti Pandora, Dailymotion, YouTube, dll.

Orbit Downloader support pada berbagai protokol seperti HTTP, FTP, MMS, RTSP dll. Disamping itu juga tersedia fasilitas bagi pengguna agar bisa mengatur server proxy, memberikan dukungan pada situs RapidShare, dan secara umum memberikan fasilitas agar Anda bisa mendownload file dengan cepat dari banyak situs hosting file.

Tampilan software dibuat dengan tampilan dan sederhana, serta penggunaan sumber daya relatif kecil sehingga tidak memberatkan kerja sistem.

Orbit Downloader merupakan program yang minimalis tetapi hebat untuk Windows Anda. Orbit Downloader dapat Anda andalkan untuk mengoptimalkan aktivitas download Anda di internet.

Fitur dan kemampuan lainnya yaitu  bisa mendownload WebM Video dan lainnya, support video HTML5 dari youtube.com, download protokol RTMP video (versi pro), download e-mail dan lampiran forum dengan kecepatan optimal, download audio dan video dari situs sosial termasuk Myspace, Youtube, Pandora dengan mudah, dan support browser populer termasuk Firefox.

Berdasarkan review Orbit Downloader di laman Malwaretips.com, menyebutkan bahwa meskipun software Orbit Downloader gratis, tapi di dalamnya didesain dengan iklan yang mungkin bisa mengganggu pengguna, seperti bisa mengubah beranda browser web Anda akibat menginstal Orbit Downloader.

Ketika melakukan proses instal, Anda akan ditawarkan untuk menginstal perangkat lunak yang sebenarnya tidak penting untuk pengoperasiannya. Masalah lainnya, yaitu Orbit Downloader menyebabkan munculnya iklan bawaan di dalam jendela utama program.

Selanjutnya, telah terbukti bahwa sejak versi 4.1.1.15, Orbit Downloader menyertakan modul seperti botnet yang melakukan serangan DDoS tanpa sepengetahuan atau izin pengguna.

Karena perilaku ini, virus tersebut terdeteksi sebagai virus oleh beberapa program keamanan dan program untuk menghapus instalasi yang direkomendasikan.

Bahkan laman Malwaretips.com memberikan peringatan bahwa software ini melakukan fungsi berbahaya seperti halaman muka web secara paksa, yang dipaksakan untuk berubah, dan melakukan fungsi seperti DDoS / Botnet.

Situs berbagi file bereputasi baik seperti Softpedia telah menghapus Orbit Downloader dari daftarnya, sehinga laman Malwaretips.com memberikan himbauan bagi pengguna agar berhati-hati jika ingin menggunakannya.

ESET juga menemukan pada Orbit Downloader versi 4.1.1.15 memiliki fitur untuk komunikasi ke server orbitdownloader.com. Dimana diam-diam akan mengambil aplikasi DLL dan menarik konfigurasi data.

File yang diambil adalah DLL yang mempunyai fungsi memanggil SendHTTP. Data yang diambil Orbit Downloader tersebut bisa menyerang dengan Syn flood, atau mengirim menggunakan TCP.

Program orbitDM.exe yang berbahaya ditemukan di versi 4.1.1.14 pada Desember 2012 dan 4.1.1.15 pada Januari 2013.

ESET masih belum memberikan konfirmasi tentang penyebab komponen tersebut dibuat dan fungsinya untuk apa, namun yang pasti komponen tersebut dapat mengaktifkan DDoS.

Situs DownloadCrew.com pernah mencabut software Orbit Downloader dari daftar file download mereka, setelah memperoleh laporan dari ESET. Namun setelah itu Orbit Downloader masuk kembali dalam daftar software di Downloadcrew.com pada bulan Agustus 2013.

Situs Resmi Software Orbit Downloader
http://www.orbitdownloader.com

7. Ninja Internet Download Manager (Ekstensi Chrome)
Fasilitas Google Chrome sama sekali tidak memuaskan dalam mengelola unduhan. Program Ninja Internet Download Manager adalah pilihan yang bagus agar Anda bisa memperoleh fitur-fitur canggih dalam mendownload.

Perlu diketahui bahwa program Ninja Internet Download Manager adalah ekstensi dari browser Chrome. Kemampuannya yaitu memudahkan Anda dalam mendownload file, dimana Anda bisa menambahkan file download ke program hanya dalam satu klik.

Fitur lainnya yaitu bisa melakukan pause dan melanjutkan unduhan tanpa khawatir terputus, fitur pembatasan kecepatan dan penggeledahan file.

Ninja Internet Download Manager mampu mengoptimalkan kecepatan download, dengannya Anda juga bisa melanjutkan dan restart unduhan yang terhenti / rusak.

Kemampuan program Ninja dalam mempercepat download yaitu memiliki teknologi untuk membagi setiap file menjadi potongan, dan mendownload setiap potongan menggunakan koneksi yang berbeda ke server, sehingga hasil download menjadi jauh lebih optimal, cepat dan dapat diandalkan.

Kemampaunnya yang sangat bagus yaitu bisa melanjutkan unduhan setelah berhenti tanpa harus memulai ulang proses download dari awal

Laman Ekstensi Ninja Internet Download Manager (Browser Chrome)
https://chrome.google.com/webstore/detail/download-ninja/gklhnpfkcfpkjcihhjbgmhgkcajamlmd?hl=en

8. Software IDA (Internet Download Accelerator)
Software Download Akselerator Internet didesain dengan antarmuka pengguna yang sederhana, dengan penggunaan yang mudah dalam manajemen download. Kemampuan IDA yaitu memiliki fitur seperti ZIP Preview, FTP Explorer, dan fitur yang membuat Anda bisa menonton video ketika download masih dalam proses setengah jalan.

Fitur-fiturnya:
  • Mudah memulai proses download, pause, resume, dan stop download.
  • Memudahkan Anda dalam mendownload banyak file sekaligus.
  • Bisa mengatur kecepatan download.
  • Support untuk FTP melalui SSL / TSL.
  • Terintegrasi dengan banyak browser populer seperti Chrome, Firefox, Mozilla, Opera, Internet Explorer, Nescape, Safari dan Yandex.
  • Bisa menjadwalkan download.

IDA menawarkan beberapa fitur penggunanya yang membuat Anda bisa mengelola unduhan secara efisien. IDA memungkinkan Anda bisa mendownload video dari layanan populer seperti MetaCafe, YouTube dan Google Video.

Pada laman review software Internet Download Accelerator (IDA) di Snapfiles.com, beberapa pengguna memberikan pengalamannya dalam menggunakan softwae IDA. Software IDA terintegrasi dengan banyak browser populer yang juga bisa mengambil video dari sebagian besar situs web.

IDA memiliki penjelajah FTP untuk mencari URL. Selama menggunakan IDA, seorang user dengan nama Realbull yang memberikan bintang 5 (maksimal) untuk software IDA, mengungkapkan dirinya tidak pernah memiliki masalah saat menjalankan IDA.

Adapun pengguna lainnya mengaku bahwa support dari software IDA kurang baik.

Situs Resmi Software IDA (Internet Download Accelerator)
http://www.westbyte.com/ida/index.phtml


9. MDM (Microsoft Download Manager)
Untuk mengoptimalkan proses download Anda juga bisa memanfaatkan software Microsoft Download Manager. Ini adalah software gratis yang ditawarkan oleh Microsoft, yang membantu penggunanya untuk mendownload berbagai macam file di internet dengan mudah dancepat.

MDM (Microsoft Download Manager) didesain dengan tampillan simple dan agar penggunaannya bisa semudah mungkin, dengan tampilan jendela sederhana berupa tombol utama program dan tombol konfigurasi kecil padanya.

Dengannya, Anda bisa mengatur penuh pada proses download yang sedang berlangsung. Anda bisa dengan mudah untuk melakukan jeda (pause) dan melanjutkan unduhan secara terpisah. Anda juga bisa mengatur tombol tindakan untuk membuka file saat unduhan selesai.

Selain itu, terdapat fasilitas kontrol untuk keseluruhan pada daftar download. Selama proses download, Anda dapat mengetahui secara realtime ukuran file yang didownload, serta terdapat perkiraan waktu penyelesaian.

Namun, waktu perkiraan download ini merupakan nilai yang tidak bisa diandalkan karena selalui berubah secara konstan. Hal negatif yaitu fakta bahwa progress bar tidak menunjukkan persentase penyelesaian download.

Anda hanya memperoleh informasi berupa bar yang terus mengisi, dengan estimasi waktu untuk selesai download yang tidak bisa diandalkan.

Microsoft Download Manager bisa bekerja hingga 16 koneksi sekaligus. Anda bisa mengatur opsi yang membuat Anda bisa menentukan jumlahnya.

Tim penguji dari Softpedia.com melakukan perbadingan antara Microsoft Download Manager, pengelola default Google Chrome dan Internet Explorer. Dua file yang dipilih untuk pengujian, yaitu file yang berukuran 76,9MB dan 388,2MB.

Hasilnya, pada pengujian download pada file berukuram 76.9MB, MDM memerlukan waktu 26 detik untuk selesai mendownload, Google Chrome memerlukan waktu 19,7 'detik, dan Internet Explorer 9 memerlukan waktu 17,9 'detik.

Microsoft Download Manager memiliki kecepatan download yang terlambat dari ketiganya berdasarkan pengujian pada download file berukuran 76,9MB

Untuk pengujian download pada file berukuran 388,2MB maka Internet Explorer 9 memerlukan waktu 1 menit 56 detik (belum termasuk menghitung waktu pemindaian hampir 5), MDM memerlukan waktu 2 menit 7 detik, dan Google Chrome memerlukan waktu 2 menit 16 detik.

Dengan begitu, Tim penguji dari Softpedia.com menyimpullkan bahwa MDM telah terbukti menjadi program download manager yang bahkan tidak bisa digunakan sebagai solusi untuk mengganti download manager default di browser utama.

Disampign itu, untuk bisa memulai mendownload maka Anda harus menambahkannya secara manual ke daftar. Beberapa fungsi otomatis mungkin disertakan oleh aplikasi, namun kompatibilitasnya hanya terbatas pada beberapa situs web Microsoft.

Dengan penggunaan MDM, berguna untuk memudahkan Anda dalam mengatur tugas download secara massal. MDM memiliki kemampuan untuk melanjutkan tugas download walaupun proses download mengalami pemberhentian secara mendadak.

Sistem MDM mampu melanjutkan tugas download kembali pada peluncuran berikutnya tanpa kesulitan.

Hal krang baik pada MDM adalah kurangnya integrasi di web browser, selain itu kecepatan downloadnya terkadang lebih buruk dibandingkan yang ditawarkan oleh peramban modern.

Situs Resmi Software Microsoft Download Manager
https://www.microsoft.com/en-in/download/details.aspx?id=27960

10. Software EagleGet 
EagleGet adalah software downloader dengan lisensi gratis. Ketika membuka software EagleGet, maka akan terlihat tampilan antarmuka pengguna yang indah, dengan skema warna biru dan putih, serta ditata dengan baik dan mudah untuk dinavigasi.

Unduhan bisa diatur dalam beberapa kategori yang dapat Anda dapat pilih (letaknya di bagian sidebar kiri). Adapun fungsi utama program terlihat pada tab di sepanjang bagian atas.

Terdapat fitur Video Sniffer yang membuat Anda bisa mendownload video dari situs video online populer, seperti Daily Motion, YouTube dan Facebook. Adapun fitur Task Cleaner, membuat Anda agar bisa melakukan setting untuk menghapus tugas download yang selesai, gagal atau kedua-duanya.

EagleGet terintegrasi dengan Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Opera. Anda bisa melakukan setting agar EagleGet menangani semua unduhan Anda secara otomatis.

Beberapa opsi konfigurasi dan fitur dari software EagleGet yaitu mengaktifkan monitoring clipboard, mengaktifkan pemantauan browser, jeda pemantauan browser, otomatis mulai mendownload pada daftar tipe file yang ditentukan, dan mendownload video hanya dengan copy-paste URL video.

Situs Resmi Software EagleGet
http://www.eagleget.com/download

11. Software DAM (Download Accelerator Manager)
Download Accelerator Manager mempunyai tampilan antarmuka yang mudah untuk dinavigasi dan bisa untuk diandalkan untuk mendownload file internet, menyimpan video dan audio dari situs web populer seperti Youtube dan lainnya, serta membantu untuk mengoptimalkan download.

Setelah menambahkan link unduhan dengan opsi Add, setelah itu tunggu sampai proses download selesai. Selama proses download tersedia opsi untuk menjeda (pause) unduhan, kemudian melanjutkannya kembali.

Anda juga bisa memindahkan unduhan ke atas dan ke bawah dalam daftar antrian yang Anda buat. Selain itu pengguna bisa menghapus unduhan dan juga menjadwalkan unduhan.

Kemudian terdapat fasilitas agar pengguna bisa mengatur PC untuk melakukan shutdown otomatis setelah semua unduhan Anda telah selesai diunduh.

Download Accelerator Manager terintegrasi dengan banyak jenis browser, seperti Mozilla Fifefox, Google Chrome, Safari, Opera dan Internet Explorer. Anda bisa melakukan unduhan dengan menggunakan menu konteks klik kanan pada browser yang mendapat support.

Di dalam software Download Accelerator Manager terdapat bloatware, dimana ketika Anda akan memulai proses instal, maka Anda akan ditawari untuk mencoba sebuah program lain, selain itu Anda juga akan ditanyakan apakah Anda ingin membuat pencarian DAM di beranda dan pencarian default Anda.

Situs Resmi Software DAM (Download Accelerator Manager)
http://www.tensons.com/products

12. Software iGetter
IGetter adalah download manager yang telah ada sejak lama, program shareware yang telah teruji waktu, support pada semua fitur dasar yang diharapkan, mulai dari melakukan unduhan ke beberapa segmen, support beberapa protokol (HTTP dan FTP serta HTTPS dan FTP melalui SSL secara implisit dan eksplisit).

Software ini dibuat untuk Mac. Terdapat fitur antrian download dan riwayat download yang menawarkan sistem subdirektori, dimana Anda bisa mengurutkan unduhan berdasarkan lokasi tempat download, jenis file dan juga statusnya.

Menu kontekstual bersifat fungsional, Anda bisa menyimpan file tertentu (video, audio, dll) atau memproses keseluruhan halaman pada sebuah link.

Terdapat fitur untuk membuat antrian download, membatasi kecepatan download dan bisa mengatur download otomatis dimana unduhan dijadwalkan.

IGetter memiliki kemampuan unutk mendeteksi status koneksi Internet Anda, selain itu memiliki kemampuan untuk menghubungkan komputer ke internet untuk memulai download, memutuskan sambungan, dan bahkan bisa otomatis mematikan koneksi setelah selesai mendownload.

FileAvenue.net adalah layanan web yang terintegrasi penuh dengan software iGetter. Padanya, Anda bisa mencari atau menelusuri file yang paling populer dari perpustakaan unduh web yang pernah dilakukan para pengguna iGetter.

Anda dapat ikur berpartisipasi dalam Mirror Search, dimana ketika Anda mendownload file maka rincian file dan URL akan dikirim secara anonim ke server FileAvenue, yang nantinya agar bisa dibagi dengan pengguna iGetter lainnya.

Kelemahan dari iGetter adalah kemampuannnya yang buruk dalam mendeteksi keberadaan jenis file tertentu, sistem tidak mampu mendeteksi apa yang tersembunyi di balik skrip PHP.

Situs Resmi Software iGetter
http://www.igetter.net/index.html


Tulisan Terkait: