Lavasoft Ad-Aware Free: Melindungi PC dari Spyware, Virus, Malware, dll

Lavasoft telah berkecimpung dalam dunia persaingan program pengamanan sistem PC sejak 1999, dengan menyediakan produk premium. Namun, juga tersedia program gratis yang sering disebut Ad-Aware.

Ad-Aware Free ini merupakan sebuah program antispyware yang dibuat oleh perusahaan Lavasoft. Ad-Aware berfungsi menjaga keamanan komputer dari berbagai serangan berbahaya malware maupun spyware.

Aplikasi ini makin lengkap dengan adanya fitur Antivirus yang merupakan salah satu aplikasi yang paling penting di dalam komputer.

Lavasoft Ad-Aware Free sebagai program pembasmi spyware, malware, dan virus ini memiliki tampilan yang cukup rapi dan professional, navigasi tombol fitur dan lainnya yang mudah dijalankan.

Sehingga walaupun anda mengunakan software ini untuk pertama kalinya, anda akan dengan cepat bisa menjalankan (mengunakan) program ini.

Lavasoft Ad-Aware Free

Rincian Software
Nama: Ad-Aware Free Antivirus+
Fungsi: Menjaga keamanan komputer dari serangan malware, spyware.
Bahasa: English, French, German, Italian, Spanish, Simplified Chinese
Lisensi: Gratis
Website: www.lavasoft.com

Download Ad-Aware Free Antivirus
http://www.lavasoft.com/products/ad_aware_free.php

Fitur dan Kelebihan Lavasoft Ad-Aware Free
Walaupun anda mengunakan Ad-adware dengan lisensi gratis, tetapi fitur-fitur dan kelebihan yang diberikan Ad-Aware Free Antivirus+ cukup banyak:

1. Ad-Aware Free memiliki kemampuan untuk mejaga komputer dari serangan spyware, virus, dan malware. Hal ini terbukti dengan aplikasi ini telah didownload sebanyak 450 juta kali (akan terus bertambah) berdasarkan informasi dari situs resminya.

2. Program ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi email yang berbahaya, sehingga dengan fitur keamanan ini Anda akan merasa aman dan nyaman ketika membuka sebuah email (terutama yang belum dikenal)


3. Ad-Adware memiliki fitur customize untuk men-scan, selain itu anda juga dapat men-scan dengan cara terjadwal (teratur).

4. Ad-Aware Free termasuk aplikasi yang cukup ringan sehingga tidak akan memberatkan kerja PC Anda.

5. Saat Virus, Malware atau spyware terdeteksi, Anda dapat dengan bebas memilih untuk mengeksekusi, membasminya, mengabaikan, menaruhnya di karantina program jahat tersebut.
Ad-Adware memberikan perlindungan secara real-time.

6. Ad-adware memberikan keamanan untuk anda ketika anda sedang browsing, selain itu anda akan mendapatkan perlindungan identitas atau privasi anda.Sehingga kita dapat merasa aman dan nyaman ketika melakukan browsing di internet.

7. Anda dapat melakukan update secara otomatis bahkan hingga beberapa kali dalam sehari. Sehingga PC bisa aman dari segala virus, malware, dan spyware yang baru muncul.

8. Ad-adware free dapat men-scan file yang didownload sehingga mencegah file-file tersebut untuk merusak atau membahayakan komputer Anda.

9. Proteksi yang dilakukan Ad-Aware tidak memberikan efek (buruk) terhadap komputer sehingga anda dapat bermain game dan menonton video tanpa anda terganggu karena aplikasi ini tidak memakan banyak memori CPU.

10. Ad-Aware Free Antivirus dapat melindungi komputer dari berbagai malware terbaru yang disebarkan melalui URL atau website yang berbahaya untuk komputer (PC)

11. Anda dapat men-scan dengan mudah file atau folder yang Anda inginkan secara langsung dari lokasi aslinya, jadi tidak perlu membuka jendela utama dahulu yang merepotkan.

12. Fitur Emulation teknologi, yaitu melindungi komputer dari jenis program berbahaya yang baru atau tidak dikenal.

13. Perlindungan real-time yang memungkinkan untuk memantau Windows Registry.

14. Ketika Anda mengunduh sebuah file atau program jahat (berbahaya) maka Lavasoft Ad-Aware Free mampu mengetahuinya dengan cepat, untuk kemudian melakukan blokir mereka file / program berbahaya tersebut menginfeksi sistem operasi.

15. Terdapat tool “Sandbox Virtual” yang fungsinya bisa meniru hard drive. Ini berguna agar Anda bisa melakukan analisa secara real-time pada file yang berpotensi berbahaya, dimana Anda tidak perlu takut terkena infeksi virus.

16. Jika Anda memilih modus yang kompatibel saat set up, Ad-Aware Free dapat digunakan dengan perangkat lunak antivirus lainnya.

17. Terdapat fitur “mode diam” ketika Anda ingin bermain game atau menonton film, sehingga menghindari dampak memberatkan pada resource sistem. Sehingga bermain game bisa tetap lancar.


Kekurangan Lavasoft Ad-Aware Free

1. Tidak memiliki kemampuan perlindungan terhadap deteksi URL berbahaya atau penipuan phising.

2. Tidak mampu memindai keamanan pesan email yang masuk atau keluar.
Meskipun gratis, tetapi diperlukan update setahun sekali untuk mencegah kedaluwarsa

3. Beberapa fitur hanya bisa bekerja jika Anda membeli versi premium (berbayar).

Penutup
Pcmag.com memberikan kesimpulan bahwa Lavasoft AdAware Free 12 memiliki kemampuan dan fitur yang lumayan lengkap, yang disertai dengan tampilan baru yang lebih menarik di versi terbarunya.

Walaupun hasil tes peforma dalam mengamankan sistem, Lavasoft AdAware bukanlah yang terbaik dibanding dengan semua merek antivirus, tetapi fitur yang ditawarkan lebih banyak dibanding pesaingnya.

Persyaratan mengunakan Ad-Aware Free Antivirus+yang dipaparkan di situs aslinya
  • Processor: P733 MHz or better
  • RAM minimum: 512 MB (1GB recommended)
  • Hard Disk tersesia 300 MB (recommended)
  • Operasi Sistem: Windows 8 (32- & 64-bit), Windows 7, Windows Vista (32 and 64-bit), Windows XP (SP2+,32-bit)

Semoga Artikel tentang Ad-Adware free antivirus ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Tulisan Terkait: