20 Manfaat Jogging Setiap Hari untuk Fisik & Mental

Jogging

Apa manfaat jogging? Banyak manfaat jogging yang dapat dirasakan secara langsung maupun jangka panjang. Badan tak hanya perlu asupan makanan memadai, tapi juga butuh olahraga. Gerakan badan agar sehat secara fisik maupun psikis.

Apa itu jogging? Jogging adalah aktivitas olahraga berupa berlari secara santai dengan kecepatan rendah. Walaupun hanya berupa olahraga santai tapi manfaatnya banyak.

Manfaat Jogging Setiap Hari


1. Tubuh dan Jiwa Fresh

Olahraga jogging bisa membuat tubuh fit, pikiran rileks dan ketahanan stamina menguat. Hal ini amat berguna buat keseharian, yang menjadikan kamu lebih mampu untuk menjalankan berbagai aktivitas seharian.

Rasanya sangat tidak enak ketika bangun di pagi hari tapi badan masih loyo dan tak bergairah. Jika kamu mengalami gangguan tersebut berulang-ulang maka mulai sekarang tetapkanlah pola hidup sehat ini.

Rutinitas jogging menjadikan oksigen bisa masuk ke paru-paru secara optimal. Selain itu, merasakan udara segar (dikala pagi) ternyata memunculkan perasaan rileks, semangat dan mood positif.


2. Jiwa Tahan Banting

Manfaat jogging setiap hari yaitu menjadikan jiwa kuat, ulet, gigih dan tangguh. Jadi tak hanya tubuh yang sehat, tapi juga mental menjadi kuat.

Saat ingin melaksanakan jogging biasanya muncul hambatan berat seperti hilangnya rasa semangat. Hal yang umum terjadi yaitu munculnya perasaan kantuk dan mager (malas gerak).

Dengan begitu orang-orang yang terbiasa jogging 5-7 kali dalam seminggu, berarti telah terlatih untuk disiplin dan terlatih melawan hawa nafsu kemalasan.

Tumbuhkan motivasi olahraga, sebab manfaatnya membantu kamu terlatih hidup disiplin dan memperkuat jiwa.

3. Membakar Lemak 

Jogging yang kamu lakukan dapat membakar lemak secara optimal, sehingga sangat diharapkan agar memiliki bentuk tubuh dan IMT ideal. Sangat penting untuk mencegah masalah obesitas, supaya mencegah munculnya resiko penyakit berbahaya seperti stroke, jantung koroner, diabetes, hipertensi dll.

4. Mencegah Mudah Lelah 

Tujuan jogging yaitu mencegah tubuh mudah lelah. Beberapa riset telah membuktikan aktivitas jogging secara rutin (5-7 kali per minggu) dapat meningkatkan level kebugaran hingga 70 persen. Terbiasa olahraga membuat kamu selalu strong.

5. Menyehatkan Jantung

Manfaat jogging di pagi hari yaitu menyehatkan jantung. Olahraga ini nantinya melatih dan meningkatkan fungsi jantung, dimana detak jantung meningkat serta stamina semakin terlatih dan kuat. Ini juga meningkatkan fungsi paru-paru secara optimal.

Jogging memperkuat berbagai otot tubuh. Perlu diketahui, jantung adalah organ tubuh yang terdiri otot-otot, apabila dilatih konsisten (misalnya rutin jogging) maka bakal memacu denyutnya dan bikin fisik semakin kuat untuk menjalankan banyak aktivitas. 

Apalagi jika olahraga pagi, nantinya bakal memperoleh udara fresh yang menyehatkan secara fisik dan psikis. Jogging menjadi cara bagus dan efektif buat menyehatkan dan melatih kerja jantung.

Jogging akan mengoptimalkan proses pembakaran kalori, mengurangi hipertensi dan kolesterol. Hal-hal itu sangat penting dalam upaya pencegahan resiko penyakit berbahaya. 


6. Membuat Gembira

Mereka yang secara berkala olahraga jogging dapat menjadi lebih gembira, selain tubuh menjadi lebih segar. Kedua hal ini sebenarnya saling berhubungan, dimana tubuh yang terasa segar akan berefek positif pada suasana hati.

Jogging yang kamu lakukan bikin jiwa lebih percaya diri dan rileks. Kondisi jiwa yang rileks dan percaya diri sangatlah diperlukan supaya jauh dari yang namanya stres dan depresi.

7. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Olahraga jogging yang kamu lakukan bakal bikin kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Kamu tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk dan lainnya. Secara umum membuat tubuh lebih kuat dalam menghadapi segala serangan penyakit dan virus.

8. Bisa Peka pada Keadaan Tubuh

Bila kamu sudah sering melakukan jogging, kamu bisa lebih peka keadaan tubuh. Dimana saat terdapat area tubuh yang bermasalah, kamu dapat lebih mudah untuk merasakan dan menyadarinya, ini penting supaya penanganan lebih cepat.

9. Tubuh dapat Manfaat Matahari Pagi

Manfaat jogging di pagi hari yaitu tubuh memperoleh manfaat matahari. Jogging pagi amat baik dilakukan, disarankan setelah timbulnya matahari sehingga nantinya badan menikmati matahari pagi.

Momen ini bisa juga digunakan untuk sekalian berjemur di bawah paparan matahari. Usahakan melakukan jogging pagi karena ini momen matahari belum begitu terik, sehingga cocok sekali buat berolahraga.

Matahari pagi yang mengenai kulit bermanfaat untuk menghasilkan vitamin D bagi tubuh, memperkuat imun, memperkuat tulang, meningkatkan fungsi otot dan saraf.

Tubuh sangat membutuhkan keberadaan vitamin D, sehingga penting mendapatkan vitamin D dari melakukan jogging di bawah paparan matahari pagi. Tubuh harus mendapatkan sinar matahari dalam kadar moderat karena ada segudang manfaatnya, tapi ingat jangan terlalu lama menjemur tubuh di bawah matahari.

10. Bersemangat Seharian

Lari jogging bermanfaat untuk bikin kamu semangat seharian. Tentunya kamu mau mengerjakan berbagai kegiatan harian dengan penuh energi, spirit, gairah dan semangat tinggi.

Rasanya sangat tidak enak ketika bangun tidur ternyata kondisi tubuh masih loyo dan rendah motivasi. Jika kamu mengalami masalah tersebut, jogging menjadi pilihan bagus.

Olahraga jogging menjadikan tubuh menghirup oksigen secara optimal, efeknya memicu rasa semangat dan pikiran fresh.


11. Jiwa Lebih Tenang

Manfaat jogging pagi yaitu membuat jiwa lebih tenang. Rutinitas jogging membuat seseorang mudah memiliki pikiran tenang (bisa berpikir jernih) dan memacu tubuh memproduksi hormon anti-stres.

Saat mengalami bad mood, sedih, murung dan semacamnya, seringkali kita mengalami ketidak-semangatan untuk melakukan aktivitas, sehingga cenderung bermalas-malasan.

Ketika perasaan negatif tersebut datang kepada kamu, cobalah melawannya. Perasaan negatif bisa dilawan dengan jogging.

Kebiasaan jogging nantinya 'membinasakan' perasaan-perasaan negatif, sehingga kamu bakal merasa lebih gembira dan badan terasa segar. Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya hubungan antara olahraga dengan produksi hormon endorfin.

Endorfin merupakan hormon di dalam tubuh yang dilepaskan di otak. Manfaat keberadaan hormon ini yaitu memunculkan perasaan nyaman dan bahagia. Endorfin juga berperan sebagai obat penghilang rasa sakit alami bagi tubuh.

Endorfin bisa memunculkan perasaan rileks. Cara meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh adalah dengan berolahraga.

12. Memperbaiki Kualitas Tidur

Fungsi jogging yaitu memperbaiki kualitas tidur dan bikin tidur lebih nyenyak. Susah tidur sangatlah mengganggu, apalagi untuk mereka yang super sibuk atau beraktivitas padat sejak pagi.

Tentunya susah tidur membuat pekerjaan sangat terganggu. Susah tidur bikin badan enggak fit atau terasa loyo di pagi hari.

Cobalah untuk mulai jogging secara rutin karena meningkatkan kualitas tidur, termasuk bikin tidur lebih nyenyak. Pada riset yang berisi peserta yang mengalami insomnia, dalam riset itu peserta dijadwalkan agar menjalani aktivitas jogging dengan teratur.

Peneliti menemukan aktivitas jogging dapat membuat mereka tidur lebih cepat (secara rata-rata) dan tidur lebih lelap saat malam.

13. Mensukseskan Diet

Rutin jogging berkemungkinan dapat mensukseskan upaya diet. Saat jogging, terjadi pembakaran kalori dalam jumlah signifikan. Pembakaran kalori tubuh menjadi kunci mengurangi berat badan berlebih.

Apabila kamu telah melakukan usaha diet tapi tak kunjung mendapatkan hasil yang diharapkan, cobalah mulai jogging. Ini akan meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh, yang utamanya menyingkirkan lemak di perut, paha dan sekitarnya.


14. Lebih Mampu Mengatasi Problem Kehidupan

Terbiasa jogging akan memunculkan perasaan percaya diri dalam jiwa, juga membantu kamu mengenyahkan kekacauan di pikiran, memperbaiki mood dan meredakan emosi negatif.

Manfaat rutin jogging menjadikan jiwa lebih kuat dalam menghadapi problematika keseharian, serta lebih mampu mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

15. Memperkuat Stamina

Manfaat jogging (utamanya saat pagi) berkontribusi untuk kelancaran metabolisme tubuh. Dengan terbiasa jogging, lama-kelamaan stamina menjadi lebih kuat dan gak gampang capek. Jika stamina kuat, akan lebih mudah untuk produktif dan konsentrasi, performa kerja juga meningkat.

Itu karena rutinitas jogging bikin badan terbiasa aktif. Orang yang biasanya sering lesu saat bekerja, jika rutin jogging maka akan merasa bersemangat.

16. Lebih Mudah Bangun Pagi

Dengan rutin jogging, berarti kamu akan secara sukarela maupun terpaksa harus bangun pagi. Hal ini secara tidak langsung membuat kamu terbiasa bangun pagi.

Sehingga disarankan agar para orangtua mengajak anak olahraga, sebab membuatnya lebih gampang bangun pagi secara teratur.

17. Memperkuat Tulang

Jogging di bawah sinar matahari pagi pastinya bakal memperkuat otot tubuh, termasuk melindungi kepadatan tulang agar tetap kuat, baik itu pada tulang kaki, belakang maupun pinggul.

Jogging mencegah hilangnya massa otot dan massa tulang. Ingatlah, kondisi usia yang semakin menua mengakibatkan massa otot dan massa tulang berkurang secara alami, maka rajinlah berolahraga.

18. Menajamkan Daya Pikir

Ternyata jogging mampu melatih dan menajamkan pikiran, sebab ketika jogging biasanya menemukan rintangan-rintangan, alhasil bikin kamu lebih terlatih untuk fokus.

Sehingga, manfaatnya di kehidupan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengambil langkah atau keputusan. Jogging yang dilakukan juga bisa memperkuat ketahanan mental.

19. Mencerdaskan Otak

Saat jogging, selain aktivitas jantung meningkat maka aktivitas otak juga meningkat, dimana asupan oksigen ke otak menjadi lebih banyak.

Hal ini berguna untuk membantu sistem saraf pusat otak agar berfungsi lebih aktif. Sehingga kemampuan daya tangkap, daya ingat dan daya pikir meningkat.

Atribut tersebut memberikan pengaruh terbesar supaya dapat lebih kreatif saat mencari solusi berbagai permasalahan.

20. Bisa Dijadikan Sarana Keharmonisan Keluarga

Aktivitas jogging dapat kamu manfaatkan untuk merekatkan keharmonisan keluarga. Kamu bisa mengajak anggota keluarga jogging bersama, biasanya di minggu pagi.

Yang dimana kondisi udara masih segar serta suasana menyenangkan, selain itu berguna untuk kesehatan anggota keluarga. Saat jogging kamu juga bisa bercanda bersama, sehingga keharmonisan keluarga terbangun.




Baca Juga: